Kehamilan trimester pertama

Kehamilan pada trimester pertama adalah salah satu momen paling rawan selama masa kehamilan. Pada masa ini pula lah sang ibu akan merasakan morning sickness atau mual di pagi dan malam hari. Di trimester pertama seorang ibu hamil juga sangat sensitif terutama dengan bau seperti parfum atau asap rokok. Trimester pertama berlangsung dari hari pertama anda selesai haid sampai akhir minggu ke 12 masa kehamilan. Ini berarti pada saat anda tahu bahwa anda sedang hamil, mungkin kehamilan anda sudah berusia sekitar 5-6 minggu. Jika anda tidak bisa mengetahui usia kehamilan anda, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menghitung terakhir kali anda menstruasi. Perlu diingat bahwa perhitungan tersebut tidak 100 pasti (terutama jika Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur.
Kehamilan trimester pertama
Gambar ibu hamil

Banyak yang akan terjadi selama trimester pertama ini. Dimana pada masa ini telur akan dibuahi dengan cepat terbagi menjadi lapisan sel dan implan di dinding rahim Anda di mana sel tersebut akan tumbuh. Lapisan sel ini akan berkembang menjadi embrio.
Selama trimester pertama bayi juga akan mengalami pertumbuhan dengan cepat, dibandingkan trimester selanjutnya. Pada titik ini, beberapa organ penting bayi akan mulai 
terbentuk sehingga  sudah tampak seperti manusia.

Perkembangan bayi pada trimester pertama

1. Tulang bayi: Sekitar minggu 6 pada trimester pertama, bayi akan mulai tumbuh lengan, kaki, tangan dan dan jari tangan.

2. Rambut dan kuku: Pada minggu ke 5 sampai ke 8 kulit bayi mulai membentuk dengan folikel rambut dan kuku.

3. Sistem pencernaan: Sekitar minggu ke 8, usus bayi akan mulai terbentuk

4. Sentuhan: Pada minggu ke 8 bayi Anda akan memiliki reseptor sentuhan di wajahnya (kebanyakan terjadi di bibir dan hidung). Sedangkan memiliki reseptor pada alat kelamin, telapak tangan dan telapak kakinya terjadi di minggu ke 12.

5. Penglihatan: Saraf optik (info dari mata ke otak dan sebaliknya) serta lensa mata akan mulai terbentuk pada minggu 4, dengan retina mulai terbentuk sekitar minggu 8.

6. Jantung: Pada minggu 5, tabung yang akan menjadi jantung bayi dalam kandungan akan mulai memukul secara spontan. Hal ini akan semakin kuat dan lebih teratur, bahkan, anda akan dapat mendengarnya (tergantung pada posisi bayi anda dalam rahim).

7. Indera perasa: Bayi Anda akan mengembangkan rasa yang terhubung ke otaknya sekitar minggu ke 8 trimester pertama.

8. Otak: Pada mminggu ke 5 otak dan beberapa organ lainnya juga akan terbentuk termasuk sum-sum tulang belakang.

9. Otot dan sel darah putih. Sedangkan beberapa organ lainnya yang terbentuk pada trimester pertama adalah otot dan sel darah putih.

Makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama

Trimester pertama adalah masa paling menentukan sehingga pada masa ini pula lah sang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang paling utama adalah asam folat. Mengkonsumsi makanan tinggi asam folat pada trimester pertama dapat mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf.  Selain folat, nutrisi yang tidak kalah penting adalah zat besi. Zat besi adalah komponen utama pembentuk hemoglobin yang merupakan protein yang bertugas mengikat oksigen dan membawanya ke seleuruh organ di dalam tubuh. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bayi mengalami keterlambatan dalam berkembang, terutama otak.
loading...