Manfaat mengagumkan teh putih bagi kesehatan

Teh putih berasal dari Cina yaitu dari tanaman Camellia Sinensis. Tunas dan daun untuk menghasilkan teh putih dipetik sebelum layu dan terkena sinar matahari. Mereka dipanen sebelum waktunya sehingga tunas halus dan daun yang diproses belum mengalami oksidasi. Beberapa orang mengatakan tehnik pemetikan daun teh seperti ini akan mempertahankan rasa dan manfaat dari teh itu sendiri.
teh putih
image by wikimedia.org teh putih

Daftar manfaat teh putih

1. Anti aging. Teh putih memiliki manfaat memerangi penuaan dini yang ditandai dengan keriput dan kehilangan elastisitas kulit. Tanda-tanda penuaan tersebut sering didapat dari paparan sinar matahari, stres, dan pola makan yang buruk sehingga menyebabkan seseorang tua sebelum waktunya.

2. Mencegah kanker. Tidak berbeda jauh dengan green tea, teh putih juga memberikan perlindungan tubuh dari serangan kanker karena memiliki efek antioksidan kuat. Bahkan, kemampuan teh putih ini dipercaya jauh lebih kuat dibandingkan teh hijau dalam hal memerangi bahaya radikal bebas.

3. Mencegah diabetes. Penelitian menunjukkan jika teh putih dapat mencegah penyakit diabetes dengan cara menurunkan kadar glukosa plasma sekaligus meningkatkan sekresi insulin. Untuk mendapatkan manfaat dai teh putih sebaiknya jangan menambahkan gula ke dalamnya.

4. Antibakterial. Manfaat teh putih yang mengagumkan adalah karena kemampuannya dalam memerangi bakteri dan virus yang dapat menyerang sistem imun tubuh. Dengan kata lain, rutin mengkonsumsi teh putih tanpa gula akan membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah Osteoporosis. Manfaat minum teh putih dapat memperpanjang kesehatan tulang dengan cara meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatannya, sehingga memberikan bantuan dari gejala osteoporosis.

6. Meningkatkan kesehatan mata. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa komponen dalam teh (terutama teh hijau dan putih) secara positif dapat mempengaruhi jaringan mata, terutama jaringan yang berkaitan dengan retina. Dengan demikian, teh putih berguna untuk mencegah mata dari kerusakan termasuk degenerasi makula.

7. Mencegah stres. Satu studi menemukan bahwa teh putih berguna membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada seseorang. Teh putih mengandung tinggi antioksidan yang diketahui dapat menghalangi efek merugikan radikal bebas yang menjadi penyebab stres oksidatif.

8. Menjaga kesehatan jantung. Teh putih memiliki kandungan yang dikenal sebagai Katekin, kelompok antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah, memperbaiki jaringan pembuluh darah, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan. Kesemuanya sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Mengurangi risiko stroke. Penelitian telah membuktikan bahwa teh putih dapat mengencerkan darah dan secara drastis meningkatkan fungsi arteri. Minum teh putih secara rutin sehari secara konsisten benar-benar dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh terhadap salah satu penyakit paling mematikan seperti stroke.
loading...