10 Manfaat ikan tuna dan kandungan nutrisinya

Tidak diragukan lagi jika ikan tuna merupakan salah satu produk laut yang memiliki banyak nutrisi. Tuna adalah makanan super yang menyediakan  berbagai macam gizi seperti protein, vitamin B, kalium, dan asam lemak omega-3.

Kandungan nutrisnya yang melimpah mendorong para peneliti untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat ikan tuna bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang menjadi fokus utama penelitian adalah Omega-3 yang pada banyak penelitian telah dikaitkan dengan pencegahan berbagai macam penyakit termasuk jantung dan storke. Bahkan American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan sumber omega-3 seperti halnya ikan salmon dan tuna setidaknya 2 kali seminggu. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat ikan tuna, mari simak ulasan berikut ini:
Manfaat ikan tuna
Image by pixabay.com ikan tuna

1. Mendukung Kesehatan Jantung. Asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 3 daging tuna  segar mengandung sekitar 89 miligram asam docosahexaenoic, atau DHA, dan 13 miligram asam eicosapentaenoic, atau EPA. Menurut Linus Pauling Institute Micronutrient Information Center Keduanya berfungsi menurunkan trigliserida darah sekaligus memperlambat pembentukan plak yang menjadi penyebab penyakit jantung.

2. Menurunkan kolesterol. Penyakit jantung sangat erat kaitannya dengan kadar kolesterol tinggi. Oleh sebab itu dengan mengontrol kadar kolesterol darah kita akan berupaya mengurangi risiko penyakit mematikan ini. Omega-3 di dalam ikan tuna sangat membantu dalam mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Mengkonsumsi ikan berminyak seperti halnya salmon, tuna, herring dan sarden sering dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke.

3. Mengontrol berat badan. Ikan tuna mengandung tinggi protein dan sangat rendah kalori sehingga bisa dijadikan sebagai menu diet sehat. Mencukupi kebutuhan protein harian terutama dari makanan rendah lemak sangat baik untuk membantu program diet anda. Pasalnya, protein akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan mengontrol nafsu makan anda.

4. Mencegah kanker. Manfaat ikan tuna yang sangat luar biasa hadir dari kandungan lemak sehat di dalamnya. Studi menemukan jika mengkonsumsi ikan berminyak seperti halnya tuna, sarden dan salmon bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker. Ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang berkualitas sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti daging merah. Konsumsi daging merah berlebih telah dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit kanker.

5. Meningkatkan energi. Vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang sangat berguna meningkatkan metabolisme.  Vitamin B dalam ikan tuna bisa membantu anda mendapatkan banyak energi untuk mendukung aktivitas harian anda.

6. Meningkatkan fungsi kognitif. Ikan tuna diperkaya dengan asam lemak Omega-3 yang sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi kognitif otak. Omega-3 dapat membantu fungsi otak dengan cara meningkatkan suplay darah ke otak sekaligus mendorong transmisi sinyal listrik di otak. Karena alsan tersebut mengkonsumsi makanan tinggi omega-3 seperti ikan tuna dipercaya dapat mencegah penyakit alzheimer (penurunan kognitif otak).

7. Menurunkan tekanan darah. Ada banyak mineral yang ditemukan dalam ikan tuna, salah satunya adalah kalium. Mineral ini berfungsi mengendalikan tekanan darah secara alami dengan cara mengatur irama detak jantung. Para ahli menyarankan bagi orang dewasa untuk mendapatkan setidaknya 4.600 miligram kalium. Sayangnya ikan tuna kalengan biasanya ditambahkan garam sehingga menambah tinggi kandungan natriumnya. Untuk itu sebaiknya anda memasak ikan tuna anda sendiri agar manfaatnya lebih optimal.

8. Menjaga kesehatan mata. Manfaat ikan tuna didapat dari kandungan omega-3 di dalamnya. Asam lemak esensial ini selain berguna menjaga kesehatan jantung juga mampu mencegah degenerasi makula (penyakit menurunnya fungsi penglihatan). Penyakit ini biasanya dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun dan telah mempengaruhi banyak lansia di seluruh dunia.

9. Tinggi vitamin D. Vitamin D adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk penyerapan kalsium. Mencukupi kebutuhan keduanya sangat penting untuk mempertahankan kekuatan tulang. Sumber vitamin D yang utama adalah sinar matahari pagi, tetapi anda juga diharuskan mendapatkan vitamin D dari makanan seperti telur, ikan tuna, dan herring.

10. Menjaga kesehatan mental. Tidak jauh berbeda dengan manfaat ikan sarden, ikan tuna juga dapat membantu meningkatkan suasana hati berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Makanan yang mengandung Omega-3 memiliki sifat tryptophan yang dapat memicu neurotransmiter yang pada gilirannya akan melepaskan lebih banyak serotonin (hormon bahagia). Serotonin adalah hormon yang bermanfaat meningkatkan suasana hati, mencegah stres, dan depresi.

Penting untuk diketahui: Kebanyakan ikan di laut tercemar dengan merkuri bahan kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi otak. Untuk itu sebaiknya anda berhati-hati dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi berbagai macam produk laut termasuk ikan tuna. Mengkonsumsi ikan ini 2 kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat ikan tuna.
loading...