Sunday, February 7, 2016

12 Makanan pantangan penderita asam urat

Asam urat adalah jenis arthritis yang ditandai dengan nyeri, kaku, dan peradangan pada sendi. Pada dasarnya pria lebih mungkin mengalami asam urat dibandingkan wanita karena pria biasanya memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dalam darah mereka dibandingkan wanita. Tapi ini bukan berarti perempuan tidak memiliki risiko menderita asam urat, terutama bagi mereka yang sudah mengalami menopause. Setelah seorang wanita mencapai menopause, tubuhnya secara drastis akan mengurangi produksi hormon estrogen, yang membantu ginjal mengekskresikan asam urat. Tanpa estrogen yang cukup, tingkat asam urat wanita mulai meningkat.
Makanan pantangan penderita asam urat
Gambar makanan pantangan penderita asam urat

Untuk mencegah penyakit asam urat semakin parah, maka kita dituntut lebih jeli dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, terlebih menghindari segala macam makanan dengan kandungan purin. Senyawa purin, baik yang diproduksi di dalam tubuh atau dari makanan tinggi purin, dapat meningkatkan kadar asam urat. Kelebihan asam urat dapat menghasilkan kristal asam urat, yang kemudian menumpuk di dalam jaringan lunak dan sendi, sehingga menyebabkan penyakit asam urat. Untuk mengurangi masalah asam urat ini kita bisa menerapkan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, plus menghindari makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi para penderita asam urat:

1. Alkohol. Jika anda tidak ingin menderita asam urat atau penyakit asam urat anda menjadi lebih parah, maka jangan pernah mengkonsumsi minuman beralkohol. Ada banyak efek merugikan mengkonsumsi minuman yang satu ini termasuk perlemakan hati yang berujung pada sirosis.

2. Daging merah. Sesekali mengganti sumber protein hewani dengan nabati dapat memberikan bantuan kepada asam urat anda. Jika anda sudah mulai merasakan gejala asam urat sebaiknya kurangi mengkonsumsi daging merah, sebagai gantinya pilihlah daging putih seperti ayam dan kalkun. Daging merah mengandung tinggi purin yang bisa meningkatkan nyeri asam urat.

3. Seafood. Jika anda pecinta seafood seperti kerang dan kepiting sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Makanan tersebut sebenarnya boleh saja dikonsumsi tetapi dalam jumlah yang moderat (tidak berlebih). Apa lagi bagi penderita asam urat, makanan ini tampaknya harus dijauhi karena menjadi salah satu pantangan makanan bagi mereka.

4. Ragi. Untuk mencegah asam urat, sebaiknya kurangi segala bentuk makanan yang mengandung ragi seperti tape, dan kue yang berbahan ragi termasuk donat dan beberapa jenis martabak.

5. Minuman manis. Studi menunjukkan bahwa pria dan wanita yang mengkonsumsi terlalu banyak fruktosa dari minuman seperti sirup memiliki risiko lebih tinggi terkena asam urat. Untuk itu sebaiknya bagi penderita asam urat menjauhi minuman manis terutama yang mengandung pemanis buatan seperti softdrink.

6. Oat. Oatmeal dan makanan lain yang berbasis gandum memiliki kandungan purin, walaupun beberapa orang menganggap kandungan purin dalam gandum masih relatif aman. Kebanyakan dokter menyarankan kepada orang yang memiliki asam urat tinggi harus membatasi asupan oatmeal dan makanan berbasis gandum lainnya.

7. Kacang polong. Kacang polong merupakan makanan sehat dengan segudang manfaat. Tetapi sayangnya sayuran ini harus dikurangi oleh penderita asam urat, pasalnya  buncis dan kacang polong lainnya merupakan sumber purin, yang membuat mereka menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat. Namun, bila dimakan dalam bentuk mentah, kacang polong dan buncis memiliki tingkat purin lebih ringan dibandigkan saat dimasak.

8. Jeroan. Bagian tubuh hewan yang satu ini memang sering dihindari banyak orang karena dianggap mengandung tinggi lemak sehingga tidak baik bagi kesehatan. Benar saja, selain tinggi lemak, jeroan juga menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat karena mengandung tinggi purin.

9. Jamur. Sedikit mengejutkan jika jamur menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat. Tetapi seperti itulah adanya, jamur diketahui memiliki kandungan purin yang bisa meningkatkan asam urat sehingga harus dihindari oleh mereka dengan asam urat tinggi.

10. Asparagus dan bayam. Produk hewani bukan satu-satunya makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Sayuran tertentu, seperti asparagus dan bayam, juga dapat memicu peningkatan asam urat, tetapi mereka memiliki efek yang tidak seburuk produk hewani. Karena purin dari sayuran dikeluarkan dari tubuh lebih mudah dibandingkan purin yang berasal dari daging dan makanan laut. Terlebih lagi, sayuran juga mengandung tinggi serat yang dapat meringankan gejala asam urat. Jadi anda tidak perlu menghindari kedua sayuran tersebut secara mutlak.

11. Ikan herring. Seperti halnya makanan laut lainnya, ikan hering juga harus mendapatkan perhatian tersendiri bagi para penderita asam urat. Ikan ini memang memiliki kandungan purin yang harus diwaspadai oleh orang dengan asam urat tinggi. Selain herring semua jenis ikan laut juga harus dikurangi oleh penderita asam urat.

12. Karbohidrat sederhana. Jika anda sedang menjalani diet asam urat sebaiknya kurangi asupan karboohidrat sederhana seperti makanan manis dengan rendah nutrisi termasuk permen, donat, dan produk cokelat. Sebagai gantinya pilihlah jenis karbohidrat kompleks seperti bijian termasuk jagung.
loading...