12 makanan penyubur kandungan yang kaya nutrisi

Kehamilan adalah salah satu keinginan yang diidam-idamkan perempuan yang baru menikah. Sebagian perempuan beruntung mengandung dalam hitungan minggu atau bulan setelah pernikahannya. Namun, ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun demi mendapatkan momongan. Jika Anda adalah salah satu wanita yang ingin segera hamil atau cenderung sulit mengandung, ada baiknya untuk menyantap makanan penunjang kesuburan kandungan.
makanan penyubur kandungan
Gambar makanan penyubur kandungan

Beberapa pakar dalam bidang kesehatan masih sangsi akan kaitan kehamilan serta makanan. Sebab, masih banyak wanita yang bisa mengandung meski tidak melakukan metode ini. Sementara itu, kalau Anda kesulitan untuk memperoleh momongan kendati sudah lama menikah, pola hidup sehat ini bisa menjadi jalan alternatif untuk dicoba. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menyuburkan kandungan meliputi:

1. Daging Rendah Lemak

Daging ayam dan sapi dengan kandungan lemak rendah adalah jenis daging yang dapat Anda makan untuk menunjang kesuburan. Sebab, di dalam jenis daging ini terdapat kandungan protein serta zat besi yang cukup tinggi. Agar memperoleh hasil optimal, jangan konsumsi daging rendah lemak ini lebih dari tiga porsi per hari. Protein hewani berlebih dipercaya dapat menurunkan tingkat kesuburan Anda.

2. Ikan yang Mengandung Omega-3

Jika Anda kurang menyukai ayam atau sapi, ikan bisa menjadi pilihan alternatif untuk daging. Ikan seperti salmon, lele, dan sarden dipercaya dapat menyuburkan kandungan Anda. Sebab, ikan-ikan tadi memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat memaksimalkan performa reproduksi Anda. Sementara itu, untuk menghindari kandungan merkuri dalam ikan yang dapat membahayakan tubuh, jangan konsumsi lebih dari 12 ons per satu minggu. Anda bisa menyelinginya dengan sumber omega-3 yang lain seperti kenari, telur, atau almond.

3. Kacang-kacangan 

Selain protein hewain, protein nabati juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan kandungan. Kacang tanah dan kacang kedelai adalah salah dua jenis kacang-kacangan yang bisa Anda jadikan camilan untuk program ini. Tauge yang merupakan kecambah dari kacang hijau atau kedelai juga menjadi salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan kinerja reproduksi. Produk olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe pun sanggup menyuburkan kandungan Anda. Kandungan lemak dan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan daging pun menjadikan kacang-kacangan cocok dikonsumsi saat diet.

4. Sumber Karbohidrat Kompleks

Selama ini, kita sudah terbiasa menyantap sumber karbohidrat olahan seperti nasi atau roti tawar biasa. Padahal, jenis karbohidrat tersebut dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah dalam tubuh. Dalam jumlah yang berlebihan, kedua hal tadi bisa mengganggu siklus menstruasi hingga kinerja sistem reproduksi Anda. Sehingga, kemungkinan Anda untuk hamil dalam waktu cepat pun semakin kecil. Maka dari itu, ganti jenisnya ke karbohidrat kompleks. Beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda santap adalah gandum, nasi merah, hingga biji-bijian yang masih utuh. Antioksidan, vitamin B, dan zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesuburan dan terdapat pada karbohidrat kompleks. Sedangkan dalam sumber karbohidrat olahan, nutrisi tadi sudah nyaris lenyap.

5. Ubi dan Produk Olahan Susu

Siapa sangka kalau salah satu jenis umbi-umbian ini bisa meningkatkan kesuburan? Beberapa studi telah menyatakan bahwa ubi mengandung zat tertentu yang dapat menstimulasi proses ovulasi. Ubi juga dapat Anda konsumsi sebagai sumber energi alternatif. Sementara itu, produk olahan susu seperti keju serta yoghurt juga bisa menjadi salah satu penunjang kesuburan. Anda bisa memilih produk susu rendah lemak kalau tidak mau menambah berat badan.

6. Makanan Sumber Zinc

Zinc merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan dalam kehamilan. Selain dapat melancarkan siklus menstruasi, produksi sel telur berkualitas juga akan meningkat berkat zinc. Tiram dikenal sebagai salah satu sumber zinc terbaik. Jika Anda kurang menyukai olahan laut, telur, biji-bijian, daging, serta produk susu bisa menjadi alternatif untuk sumber zinc. Dengan konsumsi yang tepat, makanan yang mengandung zinc tersebut dapat menyuburkan kandungan dalam waktu cepat.

Selain makanan, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Dengan syarat, buah tersebut harus mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, beta karoten, asam folat, serta nutrisi dan gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Empat buah yang bisa Anda konsumsi meliputi:

7. Alpukat

Buah berdaging hijau kekuningan ini mengandung lemak sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Selain bisa menekan kadar kolesterol jahat, lemak tersebut dapat meningkatkan performa reproduksi wanita. Alpukat juga mengandung senyawa kimia alami, yaitu flavonoid, alkaloid, saponin, serta polifenol. Buah ini bisa Anda konsumsi langsung dagingnya atau dijadikan jus. Karena rasanya cenderung hambar, Anda juga bisa menjadikan alpukat sebagai salah satu komponen salad.

8. Semangka

Buah kaya air ini selalu cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Namun, tahukan Anda kalau semangka dapat meningkatkan kesuburan kandungan juga? Senyawa bernama situlin dalam buah ini dipercaya sanggup memicu gairah seksual bagi pasangan suami-istri. Produksi nitrat oksida yang berperan untuk menambah kualitas dari reproduksi pria juga akan meningkat berkat situlin. Senyawa ini juga dikenal sebagai salah satu bagian dari asam amino.

9. Kurma

Buah yang identik dengan menu buka puasa ini mempunyai banyak manfaat, termasuk untuk kesuburan kandungan wanita. Kurma mengandung vitamin B kompleks, kalsium, fiber, kalium, magnesim, zat besi, dan karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan reproduksi Anda. Kurma yang umumnya dikonsumsi untuk menyuburkan kandungan adalah kurma yang masih muda. Anda tidak perlu cemas, karena kurma muda tersebut sudah beredar luas di pasaran.

10. Jambu Biji Merah

Jenis jambu ini dikenal dengan kandungan likopen yang amat tinggi. Likopen pada jambu biji merah berperan sebagai zat antioksidan. Di sisi lain, senyawa ini ternyata dapat menyuburkan kandungan wanita. Buah yang mempunyai banyak manfaat dalam bidang kesehatan ini dapat Anda olah dengan beragam cara. Di antarnya dengan dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Konsumsi secara rutin agar Anda segera mendapat momongan.

11. Bayam.

Bayam mungkin bukan makanan yang mengandung tinggi zinc, karena hanya memiliki 0.53 miligram dalam 100 gramnya. Tetapi sayur bayam menyediakan banyak vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik bagi kesehatan reproduksi.

12. Udang. 

Udang adalah salah satu makanan sumber zinc yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita. Selain itu, udang juga mengandung tinggi protein sekaligus rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan sumber makanan penyubur kandungan.

Selain makanan dan buah, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan olahraga dan suplemen. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi dari kesuburan Anda.
loading...