Sunday, February 28, 2016

12 Makanan yang membuat awet muda

Setiap harinya dalam tubuh kita  setidaknya ada sekitar 432 miliar sel yang mati dan digantikan dengan sel-sel baru. Hal ini yang membuat tubuh kita tetap bisa terlihat awet muda. Jumlah 432 miliar ini hanya perkiraan ilmiah saja. Sel berukuran sangat kecil dan sangat banyak dalam tubuh kita sehingga sangat sulit untuk menghitungnya secara pasti. Intinya proses penuaan sangat erat kaitannya dengan kerusakan sel yang terjadi di dalam tubuh kita, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penuaan sebelum kita mencari makanan yang dapat membuat awet muda.

Penyebab penuaan

Stres: Stres adalah kondisi yang dapat menempatkan seseorang pada banyak masalah kesehatan. Stres umumnya dihasilkan oleh tekanan dari dalam si penderita dan bisa juga didapat melalui lingkungan seperti polusi. Stres selain dapat mengakibatkan penyakit berbahaya juga bisa memicu penuaan. Jadi menjaga stres tetap terkontrol adalah kunci penting bagi anda untuk terlihat awet muda.
Makanan yang membuat awet muda
Gambar: Makanan untuk awet muda

Radikal bebas: Bahaya radikal bebas memang tidak bisa diremehkan, karena produk lingkungan ini bisa memicu banyak penyakit berbahaya termasuk kanker dan serangan jantung. Radikal bebas dapat mempengaruhi sel-sel sehat sehingga membuatnya tidak stabil. Makanan kaya antioksidan sangat penting sekali untuk mencegah efek merugikan radikal bebas.

Makanan tidak sehat: Makanan bisa dikatakan sebagai bahan bakar utama tubuh, sehingga akan sangat mempengaruhi kesehatan kita. Memilih makanan sehat sekaligus mengurangi makanan tertentu bisa menjadi cara efektif untuk membuat kulit menjadi awet muda. Salah satu makanan yang perlu anda kurangi adalah makanan olahan. Makanan jenis umumnya memiliki tinggi kalori tapi sangat rendah nutrisi. Penelitian oleh tim London University College, menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi makanan olahan dapat meningkatkan risiko depresi yang menjadi penyebab penuaan.

Makanan yang dapat membuat awet muda

1. Blueberry. Buah ini merupakan rajanya makanan yang mengandung tinggi antioksidan penting, dimana antioksidan adalah senyawa yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan. Radikal bebas didapat dari makanan dan polusi udara yang kita hirup termasuk asap kendaraan dan rokok. Jadi degan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin akan membantu anda terlihat awet muda.

2. Green tea. Bersama dengan blueberry green tea menduduki peringkat teratas daftar makanan sumber antioksidan. Jadi tidak mengherankan jika green tea juga bisa mencegah penuaan.

3. Buah anggur. Kulit buah anggur merah mengandung resveratrol, senyawa anti-inflamasi yang membantu menjaga kulit Anda terlihat sehat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dalam buah anggur dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan radiasi sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit.

4. Buah apel. Apel memiliki rasa lezat dan tekstur renyah, buah ini menjadi semakin terkenal seiring manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Apel menyediakan vitamin C yang menjadi salah satu komponen kunci untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diingat jika vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang  berguna mengurangi efek penuaan.

5. Bijian utuh. Biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang sangat baik, dimana serat sangat dibutuhkan dalam mengontrol berat badan. Sebuah studi Tufts University menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan kaya biji-bijian utuh memiliki lemak perut 10% lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi bijian olahan. Lemak berlebih di dalam tubuh dapat memicu peradangan yang menjadi salah satu faktor penyebab penuaan.

6. Yoghurt. Jika anda ingin terlihat awet muda, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik alami sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. Selain itu, yoghurt juga bisa membantu anda mempertahankan kecantikan kulit secara alami dengan cara mengurangi kerutan di wajah.

7. Brokoli. Sayuran ini sudah tidak diragukan lagi mengenai manfaatnya bagi kesehatan. Brokoli memang terkenal karena kandungan antioksidannya yang bermanfaat memperlambat penuaan. Antioksidan juga sangat penting untuk mencegah stres yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi, tunggu apa lagi untuk membuat anda awet muda sayuran ini jangan sampai ketinggalan.

8. Buah semangka. Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap penuaan, sehingga pada bagian ini selalu mendapat perhatian khusus oleh banyak wanita. Untuk menjaga kesehatan kulit agar tampak lebih awet muda anda perlu menjaga kelembabannya dengan mengkonsumsi buah tinggi air seperti halnya semangka. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa membantu anda mencegah penuaan pada kulit wajah.

9. Tomat. Sejak lama tomat memang dikenal sebagai sumber antioksidan seperti likopen. Senyawa ini mampu memberikan bantuan kepada tubuh dalam melawan beberapa jenis kanker dan penyakit lain. Tidak hanya itu, antioksidan dalam tomat juga bisa bertindak sebagai anti-aging sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini secara rutin akan membuat anda tampak lebih muda.

10. Buah jeruk. Hampir semua orang menyukai jeruk, bahkan ketika mereka tidak mengetahui manfaat buah yang satu ini. Jeruk memang terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan penting yang berguna mencegah oksidasi. Belum lagi, buah ini juga menyediakan air yang bisa membuat kulit anda tetap terhidrasi.

Baca juga: Penyebab dan Cara mencegah penuaan

11. Buah delima. Delima telah mendapatkan banyak perhatian, khususnya sebagai makanan anti-penuaan. Bahkan, buah ini juga sering  digunakan dalam produk kecantikan seperti krim, lotion, dan bahkan shampoo dan kondisioner.

12. Buah alpukat. Alpukat adalah buah lezat yang menyediakan tubuh dengan aneka nutrisi yang dibutuhkan dalam melawan proses penuaan salah satunya adalah asam oleat. Senyawa ini merupakan antioksidan yang sangat efektif mengurangi penuaan dan juga mencegah kanker. Jadi, bisa dikatakan dengan mengkonsumsi buah alpukat akan membuat anda lebih muda.  
loading...