Saturday, February 13, 2016

7 cara membersihkan usus secara alami

Ada banyak gangguan kesehatan pencernaan yang dialami oleh orang termasuk refluks atau mulas, iritasi usus, kembung, sembelit, diare, dan radang usus. Bahkan, masalah pencernaan ini  tercatat lebih dari 200 juta kunjungan ke dokter dan sudah miliaran rupiah yang dikeluarkan orang dalam perawatan setiap tahunnya. Masalah usus menjadi salah satu faktor penting bukan hanya untuk pencernaan itu sendiri, tetapi mempengaruhi beberapa kondisi kesehatan tertentu. Misalnya pasien dengan gagal hati bisa disembuhkan dari delirium dengan mengambil antibiotik yang membunuh bakteri penghasil racun dalam usus mereka.
membersihkan usus
image by wikimedia.org, usus manusia

Ketika keseimbangan bakteri dalam usus optimal, maka kesehatan pencernaan pun akan terjaga dengan baik. Sebagai contoh, beberapa bakteri baik akan menghasilkan asam lemak rantai pendek. Lemak sehat ini membantu mengurangi peradangan dan memodulasi sistem kekebalan tubuh Anda. Sebaliknya bakteri buruk, justru menghasilkan lemak yang menyebabkan alergi, asma, eksim, dan peradangan di seluruh tubuh Anda. Hal ini tentunya menjadi acuan penting bagi kita untuk menjaga sistem pencernaan dengan cara mulai membersihkan usus dari kotoran.

Manfaat membersihkan usus bagi kesehatan

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa bakteri flora di usus pada anak autis berbeda secara dramatis dibandingkan anak-anak normal. Hal ini bisa diketahui  dengan melihat bakteri usus mereka (yang diekskresikan dalam urine-tes yang dilakukan secara teratur yang disebut sebagai organik pengujian asam), peneliti bisa membedakan antara anak-anak autis dan normal.

Apakah bakteri di usus dapat mempengaruhi otak? Jawabannya adalah bisa. Racun, metabolisme dan molekul inflamasi yang dihasilkan oleh bakteri dapat berakibat buruk pada otak kita.

Penyakit autoimun juga terkait dengan perubahan bakteri usus. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan antibiotik untuk jerawat dapat mengubah bakteri normal, dan ini pada gilirannya dapat memicu perubahan yang menyebabkan penyakit autoimun seperti penyakit radang usus atau kolitis.

Hubungan antara bakteri usus dan seluruh sistem kesehatan tidak berhenti di situ. Sebuah penelitian terbaru di New England Journal of Medicine menemukan bahwa Anda bisa menyembuhkan atau mencegah delirium dan kabut otak pada pasien dengan gagal hati dengan memberi mereka antibiotik disebut Xifaxan untuk membersihkan bakteri yang menghasilkan racun hati mereka.

Penelitian serupa juga menemukan bahwa dengan mengurangi pertumbuhan bakteri merugikan di usus dengan bantuan antibiotik dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk sindrom kaki dan fibromyalgia.

Bahkan, obesitas juga dikaitkan dengan perubahan ekosistem usus kita yang merupakan hasil dari tingginya kadar lemak di dalam tubuh. Bakteri buruk di dalam usus juga bisa menghasilkan racun yang disebut lipopolysaccardies (LPS) yang memicu peradangan dan resistensi insulin atau pra-diabetes sehingga memicu berat badan berlebih atau obesitas.

Cara membersihkan usus secara alami

1. Banyak minum air putih. Di saat kita kesulitan mencari obat untuk menyembuhkan penyakit yang kita alami, kadang jawabannya sangat mudah dan berada di sekitar kita salah satunya adalah air putih. Air putih memiliki banyak peran penting untuk mendukung kesehatan kita termasuk membersihkan usus dari limbah. Minum air putih setidaknya 8 gelas perhari bisa dijadikan cara efektif untuk menghilangkan tumpukan limbah di dalam usus kita.

2. Konsumsi makanan tinggi serat. Jika berbicara masalah pencernaan pasti kita akan menyinggung mengenai makanan sumber serat. Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan mengingat serat menjadi faktor penting bagi kesehatan usus kita. Serat (khususnya serat tidak larut) mampu membersihkan usus dengan cara membawanya keluar melalui sistem pembuangan. Beberapa makanan pembersih usus yang mengandung tinggi serat diantaranya:

  • Buah alpukat: Buah ini sangat baik bagi kesehatan usus anda karena mengandung serat dan lemak baik. Mengkonsumsi buah alpukat akan membuat pergerakan usus menjadi lebih teratur sehingga proses pembuangan bisa berjalan dengan lancar.

  • Buah apel: Apel adalah buah dengan kaya manfaat karena mengandung pektin. Pektin merupakan substansi yang memberikan tekstur gel pada jeli. Pektin ini sangat bermanfaat untuk membersihkan usus anda dari kotoran dan limbah yang tidak diinginkan. Untuk itu, cobalah rutin mengkonsumsi buah apel agar kesehatan pencernaan anda terjaga dengan baik.

  • Sayuran berdaun hijau: Ada banyak keuntungan jika anda rutin mengkonsumsi sayuran hijau. Selain tinggi antioksidan, mereka juga diperkaya dengan serat yang membantu membersihkan usus anda. Belum lagi, sayuran juga merupakan sumber vitamin yang sangat diperlukan tubuh.

  • Kacang-kacangan: Kebanyakan jenis kacang merupakan sumber lemak baik yang sangat menguntungkan bagi kesehatan jantung dan usus anda. Kacang juga menyediakan serat yang bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara menyingkirkan bakteri di dalam usus.

3. Konsumsi makanan dengan probiotik alami. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan usus adalah yang mengandung probiotik alami seperti halnya yoghurt, tempe dan susu kedelai. Makanan seperti ini berguna meningkatkan pertumbuhan bakteri baik sekaligus mengurangi produksi bakteri merugikn di usus.

4. Hindari makanan berpengawet. Makanan yang diawetkan seperti ikan kalengan dapat membunuh bakteri baik di dalam usus yang berfungsi menghilangkan racun dari makanan sekaligus membantu memecah makanan yang kita makan. Untuk itu lah, sebaiknya kurangi konsumsi makanan semacam ini, sebagai pengganti anda bisa memilih makanan sehat buatan anda sendiri.

5. Rutin berolahraga. Sebenarnya tidak ada hubungan secara pasti antara olahraga dengan pembersihan usus. Akan tetapi, olahraga dapat membantu melancarkan buang air besar dengan cara mempermudah metabolisme tubuh, dengan asumsi saat proses pencernaan lancar maka racun dan limbah di alam usus bisa dikeluarkan.

6. Ramuan lemon. Buah ini bisa dijadikan sebagai ramuan untuk membersihkan usus dari kotoran karena memiliki sifat antioksidan. Cara pembutannya cukup campurkan jus lemon segar dengan sedikit garam dan madu. Kemudian minum pada pagi hari ketika perut kosong. Perhatian: Bagi penderita maag atau tukak lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi ramuan ini karena dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi penyakit mereka.

7. Jus apel dan jahe. Selain lemon, apel juga bisa digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan usus anda. Caranya: Jus buah apel dengan ukuran sekitar 8 ons. Kemudian tambahkan  1 sdt jahe yang sudah dihaluskan. Aduk kedua campuran tersebut hingg merata. Jahe berguna menghilangkan racun di dalam usus besar sedangkan apel berguna membantu proses tersebut karena menyediakan serat.
loading...