7 Manfaat buah semangka bagi ibu hamil

Kehamilan adalah momen bagi seorang wanita untuk ekstra menjaga kesehatan mereka karena kesehatan sang bayi sangat tergantung pada apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai macam kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dapat ditemukan dalam beberapa jenis produk makanan termasuk buah, sayur dan kacang-kacangan. Semangka adalah salah satu buah yang menyediakan berbagai macam gizi bagi ibu hamil. Semua jenis vitamin dan mineral yang tersedia dalam semangka bisa membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Beberapa manfaat buah semangka bagi ibu hamil diantaranya:
buah semangka
image by pexels.com buah semangka

1. Meringankan kram. Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita hamil sehingga menyebabkan beberapa masalah, seperti kram. Untungnya semangkan memberikan manfaat untuk membantu tubuh mengurangi kram otot saat hamil. Jadi bagi ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah ini.

2. Mencegah dehidrasi. Buah semangka diperkaya dengan air, dimana sekitar 90% buah semangka terdiri dari air. Saat hamil wanita tidak boleh mengalami dehidrasi karena dapat membahayakan kehamilan mereka. Pasalnya dehidrasi parah bisa menjadi salah satu penyebab kelahiran prematur . Untuk mencegah dehidrasi ibu hamil diharuskan banyak mengkonsumsi air putih dan buah ber air termasuk semangka.

3. Meringankan morning sickness. Morning sickness atau mual saat hamil adalah kondisi umum yang dialami oleh banyaki ibu hamil terutama pada kehamilan trimester pertama. Masalah ini bisa semakin mengganggu dikala sang ibu menjadi kehilangan selera makan, sehingga nutrisi bagi ibu hamil tidak bisa tercukupi dengan baik. Buah semangka diketahui dapat meringankan morning sickness sehingga bisa menjadi pilihan yang baik bagi ibu hamil.

4. Menjaga kesehatan pencernaan. Ibu hamil sering mengalami berbagai masalah kesehatan terkait perubahan hormon mereka seperti pencernaan yang mulai terganggu. Buah semangka mengandung tinggi air sehingg dapat membantu mengatasi masalah kesehatan pencernaan yang dialami oleh ibu hamil.

5. Sumber vitamin dan mineral. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya, beberapa diantaranya adalah vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang ada dalam buah semangka adalah kalium. Mineral ini berfungsi mengurangi tekanan darah tinggi yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Sedangkan vitamin A dalam buah semangka bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Antioksidan. Saat hamil seorang wanita akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, sehingga anda membutuhkan makanan tinggi antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit. Studi terbaru menunjukkan bahwa semangka mengandung tinggi likopen yang bisa mencegah kanker. Likopen adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam beberapa makanan termasuk tomat.

7. Energi bagi ibu hamil. Selama hamil, seorang wanita akan membutuhkan banyak energi untuk bisa beraktivitas, sehingga membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan biasanya. Semangka bisa menjadi pilihan yang baik karena buah ini merupakan sumber vitamin B6 yang bisa meningkatkan energi bagi ibu hamil.

Efek samping buah semangka bagi ibu hamil: Semangka tidak dianjurkan bagi orang yang menderita kelebihan kadar kalium (hiperkalemia), termasuk ibu hamil. Karena konsumsi semangka pada orang dengan penyakit tersebut dapat memicu detak jantung tidak teratur dan bahkan serangan jantung. Pada orang dengan hiperkalemia, semangka juga dapat mempengaruhi otot, saraf dan ginjal. Tetapi jika tidak memiliki masalah kesehatan di atas maka buah ini sangat baik bagi ibu hamil selama dikonsumsi dalam jumlah moderat (tidak berlebih).
loading...