8 Makanan untuk meringankan morning sickness

Trimester pertama selama kehamilan bisa menjadi waktu yang paling menggembirakan bagi ibu hamil, tetapi di sisi lain pada tahap ini seorang ibu hamil akan dihadapkan pada beberapa masalah seperti halnya morning sickness (mual saat hamil). Kondisi ini sebenarnya hal yang sangat wajar, sehingga kebanyakan ibu hamil tidak akan terpengaruh. Meskipun demikian, morning sickness yang parah dapat membahayakan janin jika sanga ibu sampai terlalu banyak kehilangan cairan akibat muntah, terlebih jika mereka juga kehilangan nafsu makan. Dengan menerapkan pola hidup sehat anda bisa meringankan morning sickness termasuk memilih makanan yang tepat selama trimester pertama. Beberapa makanan yang bisa anda coba diantaranya:
Makanan untuk meringankan morning sickness
soup untuk meringankan morning sickness

1. Telur. Kebanyakan ibu hamil akan mengurangi makanan berlemak seperti halnya telur. Padahal telur menyediakan tinggi nutrisi penting bagi mereka.  Lemak di dalam telur tidak selamanya buruk bagi kesehatan, selama tidak berlebihan. Hati menggunakan kolesterol bukan hanya untuk empedu yang diperlukan mencerna lemak, tetapi juga menggunakan kolesterol untuk membantu tubuh membuat hormon yang diperlukan selama kehamilan, termasuk meringankan morning sickness. Tetapi pelru diingat jika kandungan kolesterol berlebih dalam tubuh ibu hamil dapat memberikan efek kurang baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

2. Buah apel. Buah ini selain mengandung tinggi vitamin juga sangat tinggi serat sehingga menjadi makanan sehat bagi ibu hamil. untuk membantu meringankan morning sickness tampaknya anda harus mengambil makanan tinggi serat seperti halnya buah apel. Serat di dalam apel dapat membersihkan saluran pencernaan anda dari bahan kimia yang menjadi penyebab mual saat hamil.

3. Jahe. Jahe adalah rempah dengan aroma khas yang memiliki efek rileksasi. Minum wedang jahe dapat membantu meringankan mual saat hamil sehingga jahe sering digunakan sebagai ramuan alami penghilang morning sickness. Anda juga bisa mengkreasikannya menjadi berbagai macam makanan seperti kue untuk menikmati jahe.

4. Kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat baik karena mereka juga rendah lemak. Kekurangan protein sering kali memperparah kondisi morning sickness anda, oleh karena itu beberpa jenis kacang bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Limun. Beberapa wanita menemukan bahwa limun dapat membantu menyelesaikan masalah perut mereka, termasuk mual. Sebagai bonus tambahan, limun dikemas dengan vitamin C. Vitamin C dikenal karena sifat antioksidan sehingga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan nabati. Tidak hanya itu, vitamin C juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang ibu dalam melawan serangan penyakit.

6. Semangka. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil sudah dikenal sejak lama. Buah ini sering digunakan sebagai camilan sehat untuk menghilangkan morning sickness pada ibu hamil. Semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga berguna meringankan dehidrasi yang diakibatkan oleh mual.

7. Air kelapa. Air kelapa sering disebut-sebut sebagai rajanya mitos bagi ibu hamil, seperti halnya kalau seorang ibu hamil minum air kelapa warna kulit bayi akan lebih bersih. Tetapi air kelapa tetap sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena membantu mereka meringankan morning sickness. Air kelapa secara alami mengandung lima elektrolit yang dibutuhkan tubuh termasuk kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan kalsium.

8. Buah pisang. Kondisi mual saat hamil dapat menguras cairan tubuh seorang ibu hamil, sehingga mereka membutuhkan makanan yang bisa dengan cepat mengembalikan cairan tubuh. Selain air kelapa buah pisang juga bisa menjadi pilihan yang bagus karena buah ini menyediakan kalium yang bermanfaat menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, untuk mengatasi morning sickness ibu hamil sebaiknya makan sedikit tetapi dengan frekuensi yang sering. Perut /gula darah rendah dapat memicu atau memperburuk rasa mual, yang sering terjadi saat bangun tidur.
loading...