9 Makanan pantangan penderita darah tinggi

Mengubah gaya hidup dengan menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi. DASH Dietary Approaches to Stop Hypertension menganjurkan bagi penderita hipertensi untuk mengatur pola makan termasuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta kolesterol.
Makanan pantangan penderita darah tinggi
Gambar makanan pantangan penderita darah tinggi

Dengan cara tersebut diharapkan para penderita hipertensi dapat mengntrol tekanan darah tinggi mereka sehingga dapat mengurangi kondisi yang lebih buruk akibat penyakit ini. Perlu diketahui jika darah tinggi sangat erat kaitannya dengan berat badan berlebih atau obesitas, sehingga anda harus mengurangi makanan yang mengandung tinggi lemak plus rendah nutrisi. Beberapa makanan pantangan penderita hipertensi diantaranya:

1. Makanan tinggi garam. Penderita darah tinggi harus menjaga pola makan mereka dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu seperti yang mengandung banyak garam. Menurut Tammy dan Lyssie Lakatos, penulis The Secret to Skinny: garam dapat memicu tekanan darah tinggi dan kegemukan. Dimana kelebihan berat badan juga menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi.

2. Daging olahan. Banyak dari beberapa jenis daging olahan sangat tidak sehat bagi kesehatan karena sudah melalui proses pengawetan dan penambahan natrium seperti halnya sosis, hotdog, atau humberger. Makanan tersebut sangat tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi, dan menjadi makanan pantangan bagi mereka. Bahkan, daging yang tidak melalui proses pengolahan pun tidak boleh dikonsumsi secara berlebih oleh penderita hipertensi.

3. Kafein. Minuman berkafein adalah salah satu pantangan bagi penderita hipertensi karena dapat memicu kenaikan tekanan darah mereka. Studi menunjukkan orang yang minum lebih dari dua cangkir kopi berkafein lebih mungkin untuk menderita tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

4. Pizza. Segala bentuk makanan junk food seperti pizza memang tidak baik bagi kesehatan, apalagi untuk penderita hipertensi. Pizza mengandung tinggi garam dan sudah mendapat campuran keju, daging, dan juga saus tomat yang tentunya harus dihindari oleh penderita hipertensi. Sebagai gantinya merea dengan darah tinggi harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar yang mengandung tinggi mineral dan vitamin.

5. Saus tomat. Jika anda merupakan penggemar makanan denga saus tomat, sebaiknya mulai berhati-hati, terutam jika menderita hipertensi. Saus tomat mengandung tinggi natrium yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi, karena dapat memperparah penyakit mereka.

6. Bakso. Makanan ini menjadi salah satu jajanan paling populer di Indonesia. Hampir semua orang kenal dengan makanan ini karena sangat merakyat. Sayangnya, bakso menjadi salah satu makanan pantangan bagi penderita darah tinggi karena mengandugn tinggi natrium. Belum lagi saus tomat dan daging olahan di dalam bakso juga membuat bakso harus benar-benar dihindari penderita hipertensi.

7. Mie instan. Cara paling mudah untuk menghilangkan lapar adalah dengan mie instan. Apalagi harganya yang cukup terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri makanan ini. Tetapi, bagi anda dengan darah tinggi, sebaiknya menghindari mie instan karena mengandung tinggi natrium. Selain itu, mie instan juga sangat tinggi lemak trans sehingga dapat memperburuk penyakit hipertensi.

8. Alkohol. Jika anda ingin hidup lebih lama sebaiknya hindari minuman ini. Alkohol selain diharamkan oleh Islam juga memberikan banyak efek buruk bagi kesehatan. Konsumsi alkohol secara terus menerus menyebabkan tekanan darah tinggi. Alkohol dapat merusak dinding pembuluh darah sekaligus meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut, sehingga menjadikannya pilihan yang mengerikan untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

9. Kue donat. Donat menjadi makanan yang sangat populer terlebih karena rasanya yang lezat. Tetapi, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena satu donat bisa mengandung hingga 300 kalori dengan lemak 42% dan 54% karbohidrat yang pastinya sangat tidak baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Dengan menghindari beberapa dari makanan di atas mungkin dapat membantu mereka dengan darah tinggi. Tentunya selain menjaga pola makan pasien dengan hipertensi juga harus menerapkan pola hidup sehat termasuk memperbanyak aktivitas fisik dan mencukupi kebutuhan istirahat. 
loading...