Friday, February 26, 2016

Cara mengobati penyakit lupus dengan bahan alami

Lupus adalah salah satu penyakit autoimun yang paling misterius. Penyakit ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat dan sel-sel tubuh. Penyakit lupus diderita oleh sekitar 5 juta orang di seluruh dunia, dan belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya secara pasti, Kebanyakan penderita penyakit ini hanya menjalani perawatan yang terdiri dari obat penekan kekebalan untuk menjaga tubuh dari serangan sistem imun. Melakukan cara seperti ini bukannya tanpa efek samping, pasalnya dengan melemahnya sistem imun maka yang terjadi justru penyakit lain akan lebih mudah untuk menyerang.
penyakit lupus
image by wikimedia.org penyakit lupus

Penyebab penyakit lupus masih didominasi oleh faktor gen, dan puluhan telah dikaitkan dengan penyakit dalam satu atau lain cara. Genetika tampaknya memainkan peran besar, seperti halnya keturunan. Penduduk Afrika, Asia, dan penduduk asli Amerika tampaknya lebih rentan terhadap penyakit ini.

Cara alami mengobati penyakit lupus

1. Minyak zaitun: Minyak zaitun adalah bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ataupun pengobatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang sangat melimpah. Salah satu nutrisi yang paling menguntungkan adalah omega-3.  Asam lemak ini berguna meringankan peradangan sehingga bisa membantu mengurangi efek dari penyakit lupus. Selain itu, untuk mencegah penyakit lupus anda juga dituntut untuk mengontrol kadar gula darah, dan minyak zaitun dapat membantu anda melakukannya.

2. Probiotik: Menjaga kesehatan pencernaan merupakan kunci untuk mencegah penyakit lupus. Pasien penyakit lupus biasanya akan mengalami kekurangan nutrisi, sehingga memilih makanan sehat menjadi keharusan. Makanan yang mengandung probiotik bisa menadi pilihan, karena makanan seperti ini akan membantu pertumbuhan bakteri sehat dalam usus sehingga akan mencegah sitokin inflamasi tambahan untuk menyebar ke seluruh tubuh.

3. Minyak kelapa: Manfaat minyak kelapa sangat banyak sekali bagi kesehatan, termasuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mencegah reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh seperti yang terjadi pada pasien lupus. Jadi jelas, selain bermanfaat untuk kecantikan seperti rambut, kulit dan tubuh, minyak kelapa adalah obat yang sangat efektif untuk penyakit lupus.

4. Kunyit: Kunyit terkanal sebagai salah satu dari obat tradisional. Ada banyak zat menguntungkan yang terkandungan dalam kunyit seperti halnya antioksidan. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit lupus. Selain itu, kunyit juga mampu menenangkan respon negatif sistem imun terhadap tubuh yang disebabkan oleh penyakit lupus.

5. Jahe: Jahe adalah obat tradisional untuk penderita arthritis dan nyeri sendi (serta puluhan kondisi kesehatan lainnya), oleh sebab itu jahe dapat digunakan sebagai salah satu obat alami untuk penyakit lupus karena salah satu gejala pertama dari penyakit ini adalah bengkak dan sakit sendi. Dengan mengambil jahe sebagai obat tradisional penyakit lupus maka akan  mengurangi beberapa gejala penyakit ini.

6. Vitamin D: Sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kadar vitamin D rendah dan terjadinya penyakit autoimun, termasuk lupus. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin D atau mendapatkan vitamin D dari matahari merupakan langkah yang sangat baik untuk mencegah dan mungkin juga mengobati penyakit lupus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penderita penyakit lupus

1. Olahraga teratur. Olahraga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan, terutama bagi pasien lupus. olahraga ringan secara teratur membantu mencegah kelelahan dan kekakuan sendi. Sebuah studi skala kecil yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam Journal Arthritis Care and Research menemukan bahwa senam aerobik dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan kardiovaskular pada orang yang menderita lupus tanpa memburuknya kondisi mereka. Olahraga juga membantu mengurangi efek negatif dari steroid dan obat lain yang diresepkan untuk mengobati lupus.

2. Rutin cek ke dokter. Jika anda mengalami penyakit lupus sangat penting untuk rutin pergi ke dokter dalam rangka mengatasi masalah kesehatan termasuk stres, diet dan olahraga yang dapat membantu dalam mencegah komplikasi lupus. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai gejala penyakit lupus tersebut, jika semakin memburuk.

3. Istirahat yang cukup. Penderita penyakit lupus sering mengalami kelelahan yang berbeda dari kelelahan normal yang belum tentu hilang dengan istirahat. Untuk alasan itu, akan sulit dalam menilai apakah anda benar-benar capek atau tidak. Meskipun demikian, mendapatkan cukup waktu istirahat akan membantu meringankan penyakit anda terutama tidur malam.

4. Berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan dapat memperburuk efek lupus pada jantung dan pembuluh darah Anda, jadi jagan pernah melakukan kebiasaan ini.

5. Makan makanan yang sehat. Diet seimbang dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan, termasuk saat anda mengalami penyakit lupus.

Artikel ini bukan ditujukan untuk mengobati penyakit lupus secara keseluruhan, melainkan hanya membantu anda menemukan solusi untuk meringankan atau menyembuhkan penyakit lupus tanpa mengesampingkan saran dari dokter.
loading...