Tuesday, February 16, 2016

Makanan sumber prebiotik alami

Prebiotik adalah makanan bakteri baik (probiotik) yang sering ditemukan dalam makanan yang mengandung tinggi serat. Orang sering menganggap probiotik dan prebiotik adalah sama, padahal mereka adalah dua istilah yang berbeda,  tetapi masih memiliki hubungan yang sangat erat.
Makanan sumber prebiotik
image by wikimedia.org makanan sumber prebiotik

Serat makanan adalah karbohidrat yang disediakan oleh makanan nabati. Salah satu jenis serat yang memiliki banyak manfaat adalah serat larut. Serat jenis ini akan  larut dalam air untuk membentuk suatu gel. Makanan seperti ini lah yang sangat baik untuk memberik makan bakteri baik (probiotik) untuk berkembang. Serat larut umumnya kaya akan prebiotik yang disebut fructooligosaccharides, yang memiliki senyawa disebut inulin dan oligofructose. Senyawa ini tidak dipecah oleh asam lambung atau enzim pencernaan tetapi difermentasi dan digunakan oleh bakteri menguntungkan dalam usus besar, terutama dua jenis bakteri yang disebut lactobacillus dan Bifidobacterium.

Pada awalnya, prebiotik tidak dikelompokkan sebagai senyawa serat, tetapi penelitian terbaru melihat adanya kemiripan perilaku antara prebiotik dan bentuk lain dari serat. Sekarang ini, karbohidrat prebiotik yang telah dievaluasi pada manusia sebagian besar terdiri dari fruktans atau galaktan, baik yang difermentasi oleh bakteri anaerob dalam usus besar.

Makanan sumber prebiotik

Susu tinggi prebiotik

Tipe lain dari senyawa prebiotik disebut sebagai galactooligosaccharide, atau GOS. Ini adalah komponen alami dari Air Susu Ibu (ASI) yang membantu saluran pencernaan bayi yang baru lahir dengan cara memberikan nutrisi untuk bakteri usus yang menguntungkan. Prebiotik dalam ASI ini juga bermanfaat mencegah bakteri patogen bersarang di saluran pencernaan bayi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition pada edisi Maret 2007 menunjukkan bahwa GOS juga bisa ditemukan dalam susu sapi, meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang terkandungan pada ASI.

Makanan yang diperkaya prebiotik

Selain yang terkandung secara alami dalam makanan, serat larut biasanya juga ditambahkan selama pengolahan beberapa makanan, untuk membuat makanan menjadi sumber prebiotik.  Misalnya, inulin kadang-kadang ditambahkan ke minuman dan beberapa makanan ringan sehingga makanan tersebut menjadi sumber prebiotik. Cara seperti ini ditempuh untuk membantu orang yang ingin  mencukupi kebutuhan prebiotik dengan mudah.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian merupakan sumber prebiotik alami yang bisa anda coba. Umumnya bijian mengandung tinggi serat yang berguna memberikan makanan bakteri menguntungkan untuk berkembang di saluran pencernaan. Pastikan untuk selalu memilih bijian yang masih utuh seperti gandum, beras merah, atau kacang almond agar kandungan serat di dalamnya masih terjaga dengan baik. Baca juga 13 makanan yang mengandung tinggi probiotik

Buah dan sayur

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan asupan makanan sumber prebiotik adalah dengan memilih buah dan sayur sebagai menu sehat harian anda. Buah dan sayur selain mengandung tinggi serat juga sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan anda. Belum lagi, keduanya juga sangat rendah lemak sehingga aman dikonsumsi.
loading...