8 Manfaat ikan herring dan kandungan nutrisinya

Ikan herring dianggap sebagai produk laut yang menyediakan banyak manfaat dari nutrisi yang dimilikinya. Ikan ini menjadi salah satu bagian penting dari banyak masakan di Eropa, termasuk Jerman, Skandinavia, orang Baltik dan Timur Slavia. Tidak hanya di Eropa, negara Jepang juga mengagumi kandungan nutrisi dari ikan herring sehingga banyak restoran di jepang yang menyediakan ikan jenis ini.
Manfaat ikan herring dan kandungan nutrisinya
image by commons.wikimedia.org Ikan herring

Selain kaya nutrisi ikan Herring juga terkenal karena kelezatannya dengan daging lembut yang bisa dijadikan sebagai bahan utama berbagai macam olahan makanan. Ikan herring juga sering dijadikan ikan pilihan karena Menurut Department of Health and Mental Hygiene New York ikan ini relatif rendah merkuri. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat ikan herring, mari simak ulasan berikut ini:

1. Menjaga kesehatan tulang. Ikan herring hadir dengan mineral penting yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang anda. Ikan Ini menyediakan beberapa jenis mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Dimana ketiga nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk membuat hidroksiapatit (mineral kompleks yang membentuk gigi dan tulang). Selain itu, kandungan protein dalam ikan Herring juga menyediakan nutrisi bagi tulang Anda dengan membantu membuat kolagen yang juga berkontribusi terhadap kekuatan tulang. Satu porsi ikan herring dengan berat 6 ons mengandung sekitar 141 miligram kalsium, 388 miligram fosfor, dan memenuhi hingga 14 persen kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan. Jadi ikan herring bisa anda masukkan ke dalam makanan sumber kalsium harian.

2. Menjaga kesehatan jantung. Kebanyakan jenis ikan yang berasal dari laut seperti tuna, salmon dan herring merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Manfaat omega-3 sangat banyak sekali bagi kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol jahat. Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Asam lemak omega-3 dalam ikan herring dapat menurunkan trigliserida, tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, menurunkan risiko stroke dan gagal jantung, Jadi ikan herring benar-benar bermanfaat untuk kesehatan sistem kardiovaskular anda. Makan setidaknya satu atau dua porsi ikan herring dalam seminggu tampaknya akan mengurangi risiko penyakit jantung, terutama jantung koroner.

3. Meningkatkan kesehatan sistem saraf. Mengkonsumsi ikan herring  dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf Anda. Setiap porsi ikan herring menawarkan 2,8 gram DHA dan EPA, belum lagi ikan ini juga mengandung dua jenis asam lemak omega-3. Tubuh manusia menggunakan omega-3 untuk meningkatkan fungsi otak yang sehat, sedangkan orang yang memiliki kadar omega-3 yang rendah dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, kalium yang ditemukan dalam ikan herring sangat berguna untuk memberikan bantuan kepada sel-sel saraf dalam mengirim sinyal ke sebuah proses sentral di otak.

4. Kesehatan kulit. Ada bayak manfaat yang akan anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan herring, terutama dari kandungan omega-3 nya. Ikan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit jika dikonsumsi secara teratur, omega-3 dalam ikan herring selain dapat melindungi kulit dari sengatan sinar UV ternyata juga dapat membantu meringankan beberapa masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Penting untuk diketahui jika ikan seperti herring tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebih. Karena ikan seperti herring juga mengandung beberapa lemak sehingga jika dikonsumsi secara berlebih justru akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Mengkonsumsi ikan herring dua kali seminggu tampaknya sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari ikan ini.

5. Kaya nutrisi. Makanan laut sering dianggap sebagai sumber nutrisi yang sangat mumpuni, terutama mineral. Ikan herring adalah salah satu contohnya, ikan ini memberikan tubuh dengan banyak nutrisi penting yang dibutuhan tubuh, termasuk yodium, selenium, seng dan kalium. Yodium sangat penting untuk kelenjar tiroid, dan selenium berfungsi membuat enzim yang dapat membantu melindungi kita dari kanker. Belum lagi, Ikan dan kerang umumnya juga merupakan sumber vitamin, termasuk vitamin A dan D.

6. Mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi defisit sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini sering dipicu rendahnya asupan mineral seperti zat besi dan vitamin B12. Meskipun anemia sering dianggap sebagai penyakit ringan tetapi dalam beberapa kondisi seperti hamil, bisa membahayakan jika masuk tahap kronis, untuk itu sangat penting bagi kita memenuhi kebutuhan kedua nutrisi tersebut terutama bagi ibu hamil. Ikan herring bisa dijadikan salah satu solusi untuk mencegah anemia karena ikan ini mengandung protein yang berfungsi sebagai sumber asam amino, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Setiap bagian 6-ons ikan herring menawarkan hingga 28 gram protein serta 1,9 miligram zat besi dan 17 mikrogram vitamin B-12. Jadi dengan mengkonsumsi ikan ini, anda akan sangat terbantu dalam mencegah anemia.

7. Meningkatkan fungsi otak. Otak manusia terdiri hampir 60% lemak, sedangkan ikan herring adalah sumber lemak baik (omega-3). Fakta inilah yang  mungkin melatar belakangi banyak penelitian untuk melihat manfaat ikan herring bagi kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi ikan laut memiliki risiko lebih kecil untuk menderita demensia dan masalah memori di kemudian hari. Selain itu omega-3 yang ditemukan dalam makanan laut, juga diketahui dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berfikir,  berkonsentrasi dan keterampilan membaca.

8. Menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi ikan yang kaya minyak seperti herring secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Sebuah penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memberikan perlindungan mata anda dari penyakit menurunnya penglihatan seperti degenerasi makula (AMD), suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan sel-sel khusus dalam makula retina sehingga penglihatan menjadi kabur. Ikan dan makanan laut umumnya juga mengandung retinol, bentuk lain dari vitamin A yang bermanfaat meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Demikian tadi 8 manfaat ikan herring, dimana apakah anda tertarik untuk memasukkan ikan herring ke dalam menu sehat harian anda? Pastikan memilih ikan herring yang masih segar untuk memastikan kandungan nutrisinya terjaga dengan baik., 
loading...