Saturday, February 20, 2016

10 Manfaat ikan sarden dan kandungan nutrisinya

Sarden adalah jenis ikan sehat yang menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan sarden selain mengandung nutrisi penting juga sangat rendah kalori sehingga menjadi pilihan yang sangat sempurna bagi pelaku diet.

Ikan sarden telah dikonsumsi di seluruh negara Eropa dan Amerika Utara selama ratusan tahun. Tetapi kepopuleran ikan ini baru terjadi ketika banyak penelitian yang telah mengungkap manfaat ikan sarden bagi kesehatan.
Manfaat ikan sarden
Image by en.wikipedia.org ikan sarden

Ikan sarden juga tergolong ikan yang sangat populer sehingga cukup mudah ditemukan diberbagai supermarket. Ikan sarden kalengan bisa menjadi pilihan yang praktis jika anda tidak ingin repot membuat masakan dari ikan sarden. Tetapi membuat masakan dengan ikan sarden sendiri di rumah tentunya lebih sehat karena tanpa tambahan bahan pengawet.

Kandungan nutrisi ikan sarden

Lemak sehat

Satu kaleng ikan sarden yang setara dengan 3,75 ons, berisi 10,53 gram lemak, tetapi hanya 1,4 gram lemak jenuh. Selebihnya kandungan lemak dalam ikan sarden merupakan jenis lemak tak jenuh atau lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satu jenis lemak sehat yang terkandungan dalam ikan sarden adalah omega-3. Lemak tak jenuh ganda ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan. Menurut University of Maryland Medical Center perdangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker dan arthritis.

Mineral penting

Ikan sarden kalengan dengan porsi sama memasok  hingga 351 miligram kalsium. Jumlah tersebut memenuhi sekitar 1/3 kebutuhan kalsium harian anda. Selain kalsium ada beberapa jenis mineral yang ditemukan dalam ikan sarden seperti 2,69 miligram zat besi dan 451 miligram fosfor. Seorang Pria dewasa setidaknya membutuhkan 8 mg zat besi per hari dan wanita di bawah usia 50 tahun mencapai 18 miligram zat besi. Sedangkan untuk kebutuhan fosfor bagi orang dewasa kurang lebih 700 miligram perhari.

Vitamin

Sarden mengandung hingga 178 vitamin D, vitamin B12, dan Vitamin A yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium. Sedangkan vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi saraf sekaligus membantu tubuh menghasilkan energi. Vitamin A yang hadir dalam ikan sarden akan meningkatkan fungsi mata dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas. U.S. Department of Agriculture National Nutrient Database, Sardine

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan

1. Pencegahan Penyakit Jantung. Seperti produk laut lainnya ikan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat berguna mencegah penyakit jantung dengan cara membantu menurunkan kolesterol jahat. Penelitian telah mengungkap jika asam lemak omega-3 dalam beberapa makanan laut seperti ikan sarden bermanfaat memecah kolesterol jahat (LDL) dimana kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung.

2. Memperkuat tulang dan gigi. Jika anda ingin memiliki tulang dan gigi yang kuat anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium dan vitamin D. Pasalnya kedua nutrisi tersebut dapat anda temukan di dalam ikan sarden sehingga dengan mengkonsumsi ikan ini secara rutin akan membantu anda terhindar dari beberapa penyakit terkait pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan mental. Manfaat ikan sarden didominasi oleh kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Dimana tidak, selain berguna menjaga kesehatan jantung, omega-3 dalam ikan sarden juga dapat mencegah berbagai macam gangguan mental termasuk depresi dan kecemasan berlebih. Studi terbaru telah banyak yang sudah mengungkap mengenai manfaat omega-3 khususnya untuk meningkatkan kesehatan mental. Salah satu studi menyimpulkan jika kandungan lemak esensial dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati dan menjaga fungsi otak yang sehat sehingga akan mencegah berbagai macam masalah mental seperti depresi.

4. Menjaga keseimbangan kadar gula darah. Diabetes adalah salah satu penyakit metabolik yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti memilih makanan sehat seeprti buah dan sayur. Selain keduanya ikan sarden juga diketahui dapat membantu anda terhindar dari penyakit diabetes karena ikan ini mengandung lemak sehat dan protein, dimana kedua nutrisi tersebut bermanfaat dalam memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Mengkombinasikan antara makanan yang mengandung protein tinggi, makanan berlemak (omega-3) seperti ikan sarden, serta karbohidrat kompleks dapat memperlambat penyerapan glukosa (gula) dari karbohidrat ke dalam aliran darah sehingga mengurangi risiko diabetes.

5. Menjaga kestabilan berat badan. Manfaat ikan sarden memang tidak secara langsung dapat menurunkan berat badan. Tetapi perlu anda ketahui jika mengkonsumsi protein berkualitas tinggi seperti halnya ikan sarden dapat membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi makan berlebih. Jadi, diet bukan hanya sekedar memotong jumlah kalori, tetapi juga harus mempertimbangkan kebutuhan nutrisi. Sarden juga merupakan sumber protein rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan fungsi mata. Salah satu penyakit yang mengancam orang di atas usia 50 tahun adalah degenerasi makula. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya fungsi retina sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Studi terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya vitamin A seperti sarden dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

7. Mencegah kanker. Ikan Sarden membantu memerangi sel-sel kanker melalui kandungan vitamin D yang dimilikinya. Selain vitamin D, omega-3 dalam ikan sarden juga berperan penting dalam pencegahan beberapa jenis penyakit kanker darah seperti leukemia dan multiple myeloma. Selan itu, kandungan antioksidan yang dimiliki ikan sarden juga dapat membantu melindungi sel-sel darah dari kondisi seperti karsinoma sel di dalam ginjal.

8. Menurunkan kolesterol jahat. Kandungan omega-3 dalam ikan sarden benar-benar memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Omega-3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah saat dikonsumsi secara tepat. Selain ikan sarden beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi omega-3 adalah salmon dan herring.

9. Meningkatkan energi. Ikan sarden merupakan makanan sumber zat besi. Yang mana mineral ini memainkan peran penting dalam penyediaan oksigen ke sel-sel darah merah. Proses tersebut pada gilirannya akan membantu  tubuh menghasilkan energi yang dibutuhkan. Belum lagi, ikan sarden juga menyediakan vitamin B12, yang mampu meningkatkan energi fisik dan vitalitas secara keseluruhan. 


Baca juga: 12 Manfaat ikan herring dan kandungan nutrisinya

10. Mencegah anemia. Manfaat ikan sarden yang terakhir adalah mencegah anemia (defisit sel darah merah). Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dapat ditemukan dalam ikan sarden seperti protein, zat besi dan vitamin B12. 
loading...