Kandungan nutrisi dan manfaat ikan makarel

Makarel adalah nama untuk beberapa spesies ikan air dingin yang berminyak. Ikan jenis ini umumnya hidup jauh di laut lepas, meski beberapa jenisnya juga bisa ditemukan di perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Ikan makarel mendapatkan perhatian luas berkat kandungan asam lemak omega-3, dimana nutrisi ini juga ditemukan dalam beberapa ikan lain termasuk tuna, salmon dan herring. The American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan kaya omega-3 setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut beberapa kandungan nutrisi dan manfaat ikan makarel bagi kesehatan:
gambar ikan makarel sedang berenang
image by commons.wikimedia.org ikan makarel

1. Meringankan hipertensi. Studi yang dipublikasikan dalam the journal Atherosclerosis pada tahun 1985 dan 1986 berhasil menemukan bahwa ikan makarel dapat memberikan manfaat kepada berbagai indikator kesehatan jantung. Dalam penelitian tersebut menunjukkan jika orang yang menderita hipertensi ringan mengalami penurunan tekanan darah setelah rutin mengkonsumsi ikan makarel selama delapan bulan.

2. Menurunkan kolesterol buruk. Salah satu indikasi kesehatan jantung kita bisa dilihat dari kandungan kolesterol dalam darah. Kabar baiknya, ikan makarel dapat bermanfaat bagi mereka dengan kandungan kolesterol tinggi. Penelitian Pada tahun 1985 menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara konsumsi ikan makarel dan penurunan kolesterol jahat (LDL). Dalam studi tersebut mengungkap peserta penelitian yang mengkonsumsi ikan makarel secara rutin mengalami penurunan trigliserida sebesar 28 persen. Sedangkan untuk Tingkat LDL (kolesterol buruk)  turun hingga 14 persen. Sebaliknya, HDL (kolesterol baik) meningkat sebesar 12 persen.

3. Baik untuk tulang. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kekuatan tulang adalah vitamin D. Orang Indonesia jarang yang mengalami kekurangan vitamin D karena vitamin ini bisa dengan mudah didapat dari sinar matahari, terutama di pagi hari. Tetapi, orang yang memiliki aktivitas minim di luar rumah bisa saja mengalami defisit vitamin D jika tidak dilengkapi dari sumber makanan. Ikan makarel menyediakan vitamin D yang bisa menjadi sumber alternatif bagi mereka yang membutuhkan.

4. Nutrisi untuk otak. Manfaat asam lemak omega-3 bukan hanya untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Seorang ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi ikan yang kaya omega-3 seperti halnya makarel. Ikan Makarel segar mengandung sekitar 2,2 gram asam lemak omega-3 dalam porsi 3 ons.

5. Sumber Vitamin B3 (Niacin). Satu lagi nutrisi yang sangat menguntungkan dari ikan makarel, yaitu niacin. Niacin adalah satu dari anggota keluarga vitamin B, yang berfungsi mengaktifkan proses untuk menghasilkan energi. Lebih dari 50 enzim tergantung pada niasin untuk membantu mereka bekerja dalam reaksi biokimia yang menghasilkan banyak zat penting, termasuk hormon dan lipid. Niacin juga mempromosikan kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Mengkonsumsi 3 ons ikan makarel akan memenuhi 48 persen kebutuhan niacin harian anda.

6. Sumber vitamin B12 (cobalamin). Vitamin B-12 adalah koenzim, yang berarti dibutuhkan enzim untuk mengaktifkan reaksi biokimia penting. Enzim yang bergantung pada vitamin B-12 yang bertanggung jawab untuk memproduksi energi, menciptakan sel-sel darah merah dan membantu sel melawan karsinogen. Manfaat Vitamin B-12 juga termasuk mengubah asam amino, homosistein, menjadi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika homosistein ini dibiarkan menumpuk di dalam darah, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung. 3 ons ikan makarel memenuhi 300% kebutuhan vitamin B12 harian anda.
loading...