Penyebab dan 7 Cara mencegah penuaan dini

Penuaan sebenarnya adalah proses umum yang akan dialami oleh semua manusia, tidak terkecuali anda. Jadi, sebenarnya tidak ada yang harus dikhawatirkan. Tetapi bagaimana jika penuaan ini terjadi lebih cepat dari pada yang seharusnya, inilah sebenarnya yang menjadi permasalahan sehingga muncul inisiatif untuk mencegah penuaan dini.

Para ilmuwan dan dokter setuju bahwa peradangan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel, sehingga dapat menyebabkan penuaan. Karena alasan ini salah satu cara mencegah penuaan adalah dengan mengendalikan peradangan untuk mengurangi stres pada tingkat seluler dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
mencegah penuaan dini
Ilustrasi mencegah penuaan

Tetapi jika kita ingin tahu penyebab penuaan lebih jauh lagi, maka kita harus melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi peradangan. Karena oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada tingkat sel.

Penyebab utama penuaan 

Peradangan: Kondisi Ini dapat semakin buruk oleh ketidakseimbangan antara asam lemak inflamasi (seperti omega-6) dan asam lemak anti-inflamasi (seperti omega-3). Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung omega-6 dapat menyebabkan kelebihan produksi senyawa inflamasi yang dapat menyebabkan penuaan sel lebih cepat dari pada kondisi normal, ini juga bisa menyebabkan penuaan.

Stres: Stres adalah masalah utama kesehatan mental dan fisik. Meskipun sepintas stres hanya akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang tetapi kenyataannya stres bisa menjadi penyebab banyak penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung, stroke, hipertensi dan penuaan dini. Stres bisa menyebabkan overexposure kronis kortisol, hormon stres utama yang dapat mengganggu kontrol gula darah dan peradangan. Dengan kata lain, jika seseorang mengalami stres maka tubuh mereka menjadi sulit untuk mengontrol glukosa dan senyawa inflamasi. Intinya adalah bahwa penuaan terjadi lebih cepat ketika Anda sedang stres dan terlalau banyak mengkonsumsi makanan yang diproses, yang tinggi gula dan omega-6.

Cara mencegah penuaan dini

Jika kita sudah mengidentifikasi penyebab utama penuaan dini maka yang harus kita lakukan adalah dengan cara menghindari kedua penyebab penuaan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Kurangi lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak dapat memicu peradangan yang pada gilirannya akan mempercepat penuaan. Lemak berlebih bisa didapat dari makanan berminyak yang mengandung lemak trans. Beberapa makanan yang tampaknya harus anda hindari untuk mencegah penuaan seperti donat, popcorn, creamer kopi, dan pizza.

2. Beralih ke minyak sawit. Minyak sawit umumnya merupakan minyak tropis yang lebih jenuh dibandingkan dengan PHO, tetapi memiliki profil metabolik yang lebih sehat. Hal ini membuat minyak sawit menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi efek inflamasi dari lemak jenuh. Selain itu, minyak sawit juga diperkaya dengan antioksidan seperti vitamin A, E, karotenoid dan flavonoid yang berguna mencegah penuaan.

3. Hindari terlalu banyak makanan tinggi gula. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak megandung gula sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan indeks glikmeik yang menajdi salah satu penyebab penuaan karena memicu peradangan. Indeks glikemik (GI) dan beban glikemik (GL) merujuk pada bagaimana makanan mempengaruhi gula darah dan insulin. Semakin rendah indeks glikemik atau beban glikemik pada suatu makanan, maka akan sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga akan membantu anda mencegah penuaan dengan cara mengengurai tingkat peradangan.

4. Cukupi kebutuhan olahraga. Olahraga bukan hanya semata-mata untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental anda. Hal ini terbukti saat seseorang rutin melakukan olahraga terutama di pagi hari maka mereka akan lebih percaya diri dan rileks. Selain itu olahraga juga menjadi kebiasaan positif yang dapat mencegah banyak penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.

5. Istirahat yang cukup. Jika ingin menjaga kesehatan secara keseluruhan maka anda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting karena pada waktu istirahat seperti tidur akan membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sekaligus merefresh tubuh dan mental. Ini menjadi faktor penting dalam mencegah penuaan dini.

6. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur adalah makanan paling menyehatkan di palnet bumi, karena keduanya mengandung berbagi macam nutrisi yang diperlukan tubuh manusia. Sehingga tidak mengherankan jika mengkonsumsi buah dan sayur dapat mencegah penuaan. Salah satu faktor penting yang menjadi penyebab penuaan adalah stres oksidatif yang sering dipicu oleh radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam buah dan sayur bisa membantu memberikan perlindungan kepada tubuh dari efek bahaya radikal bebas tersebut.


7. Konsumsi lebih banyak air putih. Masyarakat sekarang ini lebih suka mengkonsumsi minuman manis seperti halnya softdrink dan jus dibandingkan air putih, padahal manfaatnya masih belum jelas. Seperti yang sudah kita ketahui berasama jika sebagian besar tubuh kita terdiri dari air sehingga mencukupi kebutuhan air putih menjadi syarat mutlak untuk menjaga kesehatan termasuk mencegah penuaan. Air putih berguna menghilangkan racun dari dalam tubuh dengan membersihkan saluran pencernaan sekaligus membantu melancarkan peredaran darah. Jadi jangan pernah malas untuk minum air putih.
loading...