Penyebab susah buang air besar (sembelit)

Sembelit adalah pergerakan kering (tinja) di usus sehingga sulit untuk dikeluarkan. Penyebab susah buang air besar ini beragam, ada yang disebabkan oleh penyakit tertentu atau gaya hidup yang kurang sehat. Periksakan diri anda ke dokter jika masalah sembelit anda sudah masuk dalam tahap kronis dan sangat sulit untuk di atasi dengan cara biasa. Hal ini penting untuk mengetahui penyebab pasti masalah sembelit anda agar bisa dilakukan penanganan dengan tepat.
 susah buang air besar
 image by flickr.com susah buang air besar

Proses pencernaan di dalam tubuh

Saat kita mengkonsumsi makanan, nutrisi tersebut akan diserap di usus kecil. Limbah akan dipijat di sepanjang usus besar dengan gelombang kontraksi otot (peristalsis). Setelah kelebihan air dibuang, limbah tersebut akan disimpan sementara di dubur. Anus adalah cincin otot (sphincter) yang dapat membuka sesuai dengan kemauan kita saat melakukan BAB. Fases mengandung hingga tiga perempat air, sedangkan sisanya terdiri dari padatan, termasuk serat yang dicerna, bakteri usus, dan lemak makanan.

Penyebab susah buang air besar

1. Kurang serat. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan buang air besar adalah serat. Serat terutama yang tidak larut dapat membantu mempermudah proses pencernaan sehingga menguragi sembelit. Di dalam tubuh kita serat tidak larut akan keluar tanpa melalui proses pencernaan, sebagai gantinya ia akan membawa limbah keluar dalam keadaan utuh.

2. Terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk tidak baik bagi kesehatan terutama kesehatan pencernaan. Masalah umum yang dialami oleh mereka yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk adalah susah buang air besar. Solusinya adalah anda harus banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat sekaligus rutin melakukan aktivitas fisik setidaknya 3 kali seminggu.

3. Kurang air. Jangan sepelekan manfaat minum air putih bagi kesehatan. Air memberikan banyak bantuan pada tubuh kita untuk bisa berfungsi dengan baik, itu artinya saat anda mengalami defisit air putih maka banyak sistem di dalam tubuh kita tidak bisa bekerja dengan semestinya, salah satunya adalah pencernaan. Air putih sangat diperlukan untuk membantu sistem pencernaan kita sehingga jika anda malas minum air putih maka sangat mungkin untuk mengalami susah buang air besar.

4. Kurang berolahraga. Sesibuk apa pun anda, olahraga adalah hal yang wajib anda lakukan. Melakukan olahraga memiliki banyak sekali keuntungan bagi tubuh kita. Selain dapat mencegah penyakit jantung, olahraga diketahui juga cukup efektif dalam mengatasi susah buang air besar. Untuk itu lah jangan malas melakukan olahraga.

5. Menahan BAB. Jika anda sering menahan BAB maka kemungkinan anda mengalami susah buang air besar juga sangat tinggi. Kebiasaan ini ternyata bukan hanya mengubah siklus buang air besar anda, tetapi juga bisa memicu sembelit. Untuk itu, jika tidak benar-benar terpaksa sebaiknya jangan sering menahan buang air besar.

6. Makan sebelum tidur. Kebiasaan buruk yang satu ini memang sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain dapat memicu penyakit maag makan menjelang tidur juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar.  Saat anda tidur setelah makan dan tidak memberikan jarak yang cukup, maka makanan dalam sistem pencernaan tidak akan bisa dicerna dengan sempurna oleh usus, sehingga paginya anda akan sulit BAB.

7. Obat-obatan tertentu. Sebelum mengkonsumsi obat sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai efek samping obat tersebut. Karena beberapa jenis obat tertentu diketahui dapat memicu sembelit seperti suplemen zat besi dan beberapa jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah.

8. Penyebab lain. Selain di atas ada beberapa penyebab lain yang membuat anda sulit buang air besar seperti halnya masalah psikologis, penyakit tertentu termasuk sindrom iritasi usus besar, diabetes, dan kanker kolorektal.

Buah untuk melancarkan buang air besar

1. Buah pepaya. Buah ini sering digunakan sebagai pencahar alami karena kandungan serat dan airnya yang tinggi. Buah pepaya juga menyediakan vitamin yang dapat membantu anda mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Alpukat. Alpukat adalah buahnya orang diet, karena sering digunakan sebagai menu sehat saat melakukan usaha untuk menurunkan berat badan. Buah ini memang mengandung tinggi serat sehingga benar-benar memberikan bantuan kepada sistem pencernaan anda.

3. Anggur. Buah ini sangat menawan terlebih karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Anggur juga tergolong buah yang baik untuk pencernaan anda karena mengandung tinggi air, perpaduan serat dan air sangat baik untuk melancarkan buang air besar.
loading...