Perubahan tubuh ibu hamil pada trimester ke dua

Kehamilan berlangsung selama sekitar 40 minggu. Minggu-minggu dikelompokkan menjadi tiga trimester. Trimester kedua berlangsung mulair dari minggu ke 13 sampai minggu ke 27 kehamilan.

Pada trimester kedua, bayi tumbuh lebih besar dan lebih kuat sehingga biasanya perut wanita akan mulai membesar. Pada masa ini kebanyakan wanita akan merasa lebih nyaman dibandingkan trimester pertama, meskipun demikian tetap saja akan ada perubahan yang terjadi pada tubuh anda akibat pertumbuhan bayi. Memahami perkembangan kehamilan anda dari minggu ke minggu dapat membantu Anda membuat keputusan dan mempersiapkan diri untuk perubahan besar yang akan terjadi pada periode kehamilan selanjutnya.
kehamilan trimester ke dua
Gambar ibu hamil

Pada awal trimester kedua, bayi memiliki ukuran panjang sekitar 3 1/2 inci dengan berat sekitar 1 1/2 ons. Sidik jari sudah mulai terlihat pada jarinya yang kecil, dan jantung memompa hingga 25 liter darah per hari. Pada trimester kedua ini kerangka bayi anda mulai mengeras dan mulai mengembangkan kemampuan mendengar. Pada masa ini biasanya anda akan merasakan tendangan di dalam perut anda.

Perkembangan bayi pada trimester ke dua

1. Rambut, kulit dan kuku: Pada trimester kedua tepatnya sekitar minggu ke 15, rambut-rambut kecil pertama bayi mulai tumbuh, dan pada minggu 22, dia sudah memiliki bulu mata dan alis. Kulit bayi kini ditutupi lanugo (sebuah bulu halus yang membuat dia hangat) dan, pada minggu 19 vernix caseosa (lapisan berminyak dan kulit mati yang melindungi kulitnya dari cairan ketuban asam) mulai terbentuk yang keduanya akan tumpah sebelum kelahiran.

2. Sistem pencernaan: Sistem pencernaan bayi sepenuhnya terbentuk pada akhir trimester pertama. Jadi di trimester kedua ini bayi sudah bisa mengisap dan menelan untuk persiapan dia hidup di luar rahim. Selain itu, ia juga mulai bisa merasakan makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang anda konsumsi pada trimester ke dua ini dapat mempengaruhi preferensi nya di luar rahim. Sistem pembuangan limbah bayi juga bekrja karena bayi akan buang air kecil setidaknya 40 menit sekali, meskipun ia masih mendapat nutrisi melalui plasenta Anda.

3. Indra: Di trimester kedua ini telinga dan mata bayi akan bergerak ke posisi yang benar. Sedangkan pada minggu ke 22 kehamilan, indranya mulai berkembang sehingga bayi sudah mulai dapat mencium, melihat dan mendengar, matanya pun juga sedikit mulai membuka.

4. Jantung: Pada minggu ke 17 trimester kedua, jantung bayi tidak lagi berdetak secara spontan, karena otaknya mengatur detak jantungnya yang dapat terdengar dengan stetoskop pada minggu ke 20. Sedangkan pada minggu ke 25, kapiler mulai membentuk untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

5. Otak: Fungsi otak pada trimester kedua ini sudah mulai terlihat jelas, dimana selain mengontrol detak jantung, bayi juga sudah mulai bisa merangsang tendangan. Dan di minggu ke 24 otak bayi Anda akan mulai mengontrol kelopak mata untuk berkedip.

Perubahan tubuh pada trimester ke dua

1. Mendengkur. Pada trimester ke dua ini ada banyak hal yang akan terjadi pada tubuh anda, meskipun tidak semua wanita akan mengalaminya.  Pada masa ini aliran darah akan meningkat ke selaput lendir tubuh Anda (termasuk hidung). Sehingga mungkin Anda mulai mendengkur untuk pertama kalinya. Untungnya ada beberapa obat OTC yang aman untuk digunakan selama kehamilan.

2. Pembengkakan kaki. Pembengkakan ringan di pergelangan kaki akan dialami oleh sekitar tiga dari empat wanita hamil, yang biasanya dimulai sekitar minggu ke 22 kehamilan dan berlangsung sampai melahirkan. Untuk mengurangi pembengkakan, anda bisa melakukan olahraga ringan, mengayunkan kaki anda ketika sedang duduk, dan menghindari berdiri dalam waktu yang lama.

3. Gusi sensitif. Jangan kaget, jika pada trimester kedua gusi anda akan mulai sedikit mengalami pendarahan  karena gusi menjadi lebih sensitif. Meskipun kondisi ini normal tetapi usahakan untuk pergi ke dokter gigi jika gusi anda sudah berwarna merah terang dan mudah berdarah, karena bisa menjadi tanda gingivitis (yang relatif tidak berbahaya tetapi dapat berkembang menjadi masalah yang lebih besar jika tidak ditangani dengan baik ).

4. Kram kaki. Kram kaki biasanya di mulai pada trimester kedua sampai akhir trimester ke tiga. Hal ini selain dipicu akibat hormon dan berat badan yang mulai meningkat kekurangan kalsium atau magnesium juga bisa menjadi penyebabnya, oleh sebab itu pastikana nda memenuhi kebutuhan nutrisi pada trimester kedua ini, terutama vitamin dan mineral.

5. Sakit perut bagian bawah. Sakit perut di bagian bawah ini dikenal sebagai nyeri ligamen bundar akibat dari ligamen yang mendukung peregangan perut untuk meningkatan ukurannya.

6. Varises. Kondisi ini biasanya akan hilang sekitika saat anda melahirkan jika sebelumnya anda tidak memiliki varises tersebut.

7. Nyeri punggung. Salah satu masalahyang akan anda alami pada trimester ke dua adalah nyeri punggung. Pada dasarnya nyeri punggung pada ibu hamil adalah hal yang wajar karena ukuran perut yang mulai membesar akan memberikan beban ke pada tubuh khususnya punggung. Tetapi anda bisa menguranginya dengan tips berikut: cara mengatasi nyeri punggung saat hamil
loading...