10 Manfaat biji labu untuk kesehatan anda

Jenis biji-bijian seperti labu bisa menjadi salah satu sumber nutrisi penting karena menyediakan beragam mineral dan senyawa menguntungkan lainnya. Labu berasal dari Amerika Tengah dan Utara. Bijinya telah digunakan oleh penduduk asli Amerika selama berabad-abad untuk mendukung kesehatan kandung kemih dan pencernaan. Satu porsi biji labu menyediakan berbagai macam mineral penting seperti magnesium, zinc, kalium, dan zat besi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu sehat harian.
biji labu
Image by pixabay.com, biji labu

Salah satu cara yang paling mudah untuk menikmati biji labu adalah dengan memanggang mereka dalam oven dan mengkonsumsinya sebagai camilan. Tapi ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menyajikan biji labu seperti menambahkannya ke dalam beberapa makanan. Seperempat cangkir biji labu memiliki sekitar 180 kalori sehingga anda harus waspada jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Salah satu manfaat biji labu datang dari antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan merupakan sumber potensial dari fenol yang telah diketahui dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, protein dalam biji labu tampaknya memiliki potensi antihiperglikemik. Satu studi menunjukkan adanya dampak positif pada keseimbangan kadar gula darah sebagai akibat dari protein bioaktif. Selengkapnya mari simak 10 manfaat biji labu untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah kanker: Antioksidan adalah salah satu senyawa menguntungkan yang ditemukan dalam biji labu, termasuk senyawa fenolik yang bermanfaat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan yang dihasilkan secara alami oleh proses metabolisme tubuh dan juga dari luar yang berasal dari lingkungan termasuk polusi. Radikal bebas dapat merusak sel-sel normal sehingga bisa menimbulkan kanker dan penyakit lainnya. Karena memiliki sifat antioksidan biji labu sangat berguna dalam mencegah kanker.

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular: Ada banyak senyawa menguntungkan dalam biji labu yang sangat berguna bagi kesehatan, Pitosterol salah satu diantaranya. Senyawa ini secara langsung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, biji labu juga mengandung sejumlah mineral penting termasuk tembaga, dimana mineral ini bermanfaat meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga pengiriman oksigen ke seluruh bagian tubuh bisa  dilakukan dengan optimal. Belum lagi, biji labu juga rendah sodium  sehingga benar-benar membantu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular anda.

3. Anti-inflamasi: Biji labu memiliki efek anti-inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengobati arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Sifat sifat anti-inflamasi ini akan meredakan rasa nyeri sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi. Dalam penelitian tahun 1995 yang diterbitkan dalam Journal Pharmacology Research, minyak biji labu ditemukan sama efektifnya dengan indometasin (obat anti-inflamasi) dalam mengobati arthritis pada tikus yang diinduksi dengan arthritis, tetapi tanpa efek samping. Untuk mengurangi peradangan terkait dengan arthritis, minyak biji labu bisa digunakan untuk memijat daerah yang mengalami nyeri dua kali sehari selama 10 menit.

4. Mencegah osteoporosis: Biji labu mengandung banyak mineral seperti magnesium, yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah studi pada tahun 2005 lalu yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara tercukupinya asupan magnesium dan tingkat kepadatan mineral tulang. Selain itu, biji labu kaya akan fosfor dan seng, yang juga berguna mencegah osteoporosis. Mineral ini juga mengurangi risiko patah tulang. Mengkonsumsi ¼ cangkir biji labu setiap hari dapat mengurangi kerapuhan tulang yang merupakan gejala umum osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan prostat: Sudah sejak lama biji labu dianggap sebagai makanan menguntungkan untuk kesehatan pria. Hal ini tidak terlepas dari kandungan zinc di dalamnya. Penelitian telah menemukan bahwa biji labu memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesehatan prostat serta mengurangi pembesaran prostat yang umumnya dialami oleh pria di atas usia 50 tahun.

6. Mencegah pendarahan: Biji labu mengandung tinggi vitamin K yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah pendarahan. Secara alami Vitamin K membantu merangsang pembentukan gumpalan darah setelah terjadi luka atau cidera. Sehingga dengan memenuhi kebutuhan vitamin K akan membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

7. Kaya asam lemak omega-3: Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan. Omega-3 sering dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung dan kesehatan sistem kardiovaskular secara keseluruhan. Asam lemak ini juga bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak, sehingga sering disebut sebagai nutrisi utama untuk otak. Pada umumnya omega-3 sering ditemukan pada produk laut seperti ikan salmon dan sarden. Tetapi karena ikan laut tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus karena dianggap tercemar oleh merkuri, maka biji labu bisa dijadikan alternativ sehat.

8. Anti-parasit: Biji labu memiliki sifat antiparasit yang membantu menghilangkan cacing pita, cacing kremi, dan parasit berbahaya lainnya dalam usus. Sebenarnya biji labu tidak benar-benar membunuh cacing tapi hanya melumpuhkan mereka, sehingga mencegah cacing dan parasit berpegangan pada dinding usus selama buang air besar. Mengunyah biji labu dengan perut kosong setiap hari selama beberapa minggu diyakini cukup efektif menyingkirkan cacing di usus. Untuk membuat pengobatan lebih maksimal pastikan anda juga minum banyak air putih.

9. Meningkatkan sistem imun: Karena biji labu merupakan makanan yang mengandung tinggi zinc, maka itu artinya biji labu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, biji labu juga mengandung berbagai macam antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, biji labu juga mengandung selenium, yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan pemulihan.

10. Meningkatkan kualitas tidur: Biji labu mengandung sejumlah tryptophan, asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin dan kemudian ke melatonin. Keduanya dapat membantu mempromosikan hormon tidur sehingga anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, zinc dalam  biji labu juga membantu otak dalam mengkonversi tryptophan menjadi serotonin (hormon bahagia).
loading...