Friday, March 25, 2016

10 Manfaat gandum utuh dan kandungan nutrisinya

Mengkonsumsi  gandum utuh adalah cara mudah untuk meningkatkan kesehatan. Biji-bijian dikemas dengan nutrisi termasuk protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral  seperti zat besi, zinc, tembaga, dan magnesium. Gandum utuh memiliki kualitas lebih baik dibandingkan gandum olahan karena nutrisinya masih terjaga dengan baik. Mengkonsumsi produk bij-bijian utuh seperti gandum telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa bentuk kanker. Mengkonsumsi gandum juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan membantu gerakan usus lebih teratur dan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.
gandum utuh
image by publicdomainpictures.net, gandum utuh

Senyawa menguntungkan dalam gandum

  • Pati resisten, adalah jenis pati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, sebagai gantinya dia akan melewati usus halus secara utuh dan langsung menuju ke usus besar.
  • Polifenol seperti asam fenolik dan flavonoid, keduanya sangat penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas.
  • Lignan adalah senyawa polifenol.
  • Saponin merupakan senyawa sedang dipelajari untuk sifat antikanker mereka.
  • Alkylresorcinols adalah lipid fenolik yang hanya ditemukan di bagian luar dari gandum.
  • Asam fitat, hadir terdapat dalam gandum dan bijian lainnya yang disinyalir dapat mencegah kanker.
  • Inhibitor protease, diketahui dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker.
  • Tocotrienol adalah senyawa mirip dengan tokoferol.

Manfaat gandum utuh bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol: Gandum dapat digunakan sebagai makanan penurun kolesterol alami. Biji-bijian kaya serat seperti gandum dapat menyerap kolesterol buruk yang berkontribusi besar terhadap penyakit jantung. Bahkan, gandum diketahui menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 2-3 porsi produk gandum setiap hari memiliki 30 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengalami serangan jantung atau meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang makan kurang dari satu porsi perminggu.

2. Menurunkan tekanan darah:  Manfaat gandum untuk  kesehatan jantung tidak berhenti dengan menurunkan kolesterol.  Gandum diketahui juga berdampak positif pada tekanan darah, yang menjadi salah satu faktor penting pemicu penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkap bahwa risiko seorang laki-laki yang mengkonsumsi gandum sereal memiliki tekanan darah 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Studi yang dilakukan kepada perempuan juga memberikan efek yang sama.

3. Menurunkan gula darah: Bijian utuh termasuk jenis karbohidrat kompleks yang itu artinya sangat baik untuk mencegah diabetes. Pasalnya bijian utuh mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah gula seperti gandum. Sebuah studi menemukan wanita yang mengkonsumsi 2-3 porsi biji-bijian setiap hari memiliki risiko 30 persen lebih rendah mengalami diabetes daripada wanita yang makan sedikit dari jumlah tersebut. Salah satu analisis menemukan jika risiko diabetes bisa dikurangi hingga 32 persen pada orang yang makan tiga porsi atau lebih gandum utuh.

4. Sumber vitamin B kompleks: Gandum kaya akan vitamin B kompleks termasuk thiamin, riboflavin dan niacin, kesemuanya terlibat dengan metabolisme. Vitamin B9 (asam folat), bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah dan sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam folat seperti halnya gandum akan mengurangi risiko melahirkan cacat.  Seorang wanita hamil setidaknya membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat per hari.

5. Mengurangi asma: Mengkonsumsi gandum pada waktu anak-anak  dapat menangkal asma dan kondisi alergi lainnya. Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang diberikan gandum sebagai menu harian memiliki asma atau alergi rhinitis lebih sedikit dibandingkan yang tidak. Sebuah penelitian di Belanda juga melaporkan temuan serupa di antara anak-anak berusia 8 sampai 13 tahun.

6. Menunda lapar: Diet dengan memilih gandum sebagai pengganti nasi putih sering dipilih karena gandum dianggap lebih rendah gula dan tinggi serat. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengendalikan berat badan dengan membuat Anda merasa lebih kenyang dibandingkan biji-bijian olahan seperti kue atau roti putih.  Biji-bijian yang masih utuh umumnya memang dicerna secara bertahap sehingga memiliki efek yang lebih mengenyangkan. Belum lagi kandungan gulanya yang rendah juga akan membantu anda dalam mengontrol berat badan.

7. Mencegah alzheimer: Alzheimer adalah penyakit menurunnya fungsi kognitif otak secara perlahan, penyakit ini biasanya dialami oleh para lanjut usia. Dalam gandum mengandung vitamin B, vitamin E, magnesium, fosfor, zat besi dan zinc. Menurut University of Maryland Medical Center, beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin B dan vitamin E dapat melindungi terhadap penyakit penurunan mental, seperti Alzheimer. Hal ini tentunya menjadi kabar baik. Sehingga kita bisa melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi vitamin E seperti gandum.

8. Menjaga kesehatan pencernaan: Seperti yang sudah kita ketahui jika salah satu manfaat gandum utuh didapat dari kandungan serat di dalamnya. Gandum utuh kaya akan serat yang akan meningkatkan gerakan usus sehingga akan membuat makanan lebih mudah untuk melewati usus Anda.  Hal ini selain membantu mengurangi perut buncit juga dapat mencegah berbagai macam masalah pencernaan. MayoClinic  merekomendasikan untuk meningkatkan asupan serat dalam melancarkan pencernaan dari pada mengambil obat pencahar. Laki-laki dewasa setidaknya membutuhkan 38 gram serat setiap hari, dan wanita 25 gram serat perhari. Perlu diingat, meskipun serat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan gas dan kembung.

9. Mengurangi peradangan: Di dalam gandum terdapat sebuah nutrisi yang disebut betaine. Nutrisi dalam gandum ini bermanfaat mencegah peradangan kronis. Selain di gandum Betaine biasanya juga ditemukan dalam makanan lain termasuk buah bit dan bayam. Peradangan merupakan penyebab utama sebagian besar jenis nyeri rematik. Jadi bisa dikatakan gandum sebagai makanan untuk meringankan nyeri sendi dan masalah terkait lainnya.

10. Mencegah kanker: Ada bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi gandum secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker payudara, kolorektal, dan kanker pankreas. Menurut American Institute for cancer researsh Gandum dan biji-bijian lainnya merupakan makanan sumber serat, vitamin, mineral dan ratusan senyawa tumbuhan alami yang disebut phytochemical, senyawa ini berguna melindungi sel-sel dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, manfaat gandum untuk mencegah kanker juga didapat dari zat tertentu termasuk antioksidan, fenol, lignan (yang merupakan jenis phytoestrogen) dan saponin.

Demikian tadi ulasan mengenai daftar manfaat gandum utuh bagi kesehatan tubuh, semoga bisa memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca.
loading...