10 Manfaat kacang mete dan kandungan nutrisinya

Konsumsi kacang mete telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di sebagian besar negara-negara Barat, hal ini kemungkinan besar dipicu karena kacang dianggap menjadi pilihan makanan yang sehat. Semua kacang-kacangan pada umumnya sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung antioksidan, lemak sehat, dan mineral penting. Salah satu manfaat utama dari kacang mete adalah kemampuannya dalam membantu meringankan depresi dan gangguan mental lainnya.
kacang mete
image by commons.wikimedia.org,  kacang mete

Kandungan nutrisi kacang mete

Kacang mete diperkaya dengan nutrisi penting yang hadir dalam bentuk mineral dan lemak sehat. Kacang mete kaya asam lemak tak jenuh dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya, termasuk protein nabati, serat makanan, mineral seperti tembaga, seng dan magnesium, ditambah beberapa antioksidan dalam bentuk pitosterol dan senyawa fenolik.

Salah satu faktor kunci dari nutrisi kacang mete adalah kandungan lemak sehat mereka. Kacang mete terdiri dari lemak tak jenuh dalam bentuk asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs yang mengandung asam oleat) dan sejumlah kecil asam lemak tak jenuh ganda (PUFA sebagian besar dalam bentuk asam linoleat). Sekitar 62 persen dari lemak kacang mete ini adalah lemak tak jenuh tunggal, dan 18 persen nya merupakan lemak tak jenuh ganda dan sisanya campuran lemak jenuh.

Meskipun kandungan vitamin dalam kacang mete ini tidak sebanyak kandungan mineralnya, tetapi kacang mete masih memberikan kontribusi terhadap asupan Vitamin harian yang direkomendasikan.  Dalam 1 ons kacang mete mencukupi 10 persen dari kebutuhan vitamin K harian anda. Kacang mete juga menyediakan vitamin B, dalam jumlah yang lebih kecil, dan beberapa vitamin E.

Manfaat kacang mete bagi kesehatan

1. Mengurangi diabetes: Menurut hasil dari sebuah penelitian di University of Montreal yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition and Research Food pada edisi Desember 2010 menunjukkan bahwa kacang mete bermanfaat untuk mengendalikan gula darah berkat kandungan asam anakardat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa asam anakardat dapat meningkatkan kemampuan gula untuk masuk ke dalam sel, sehingga menurunkan jumlah gula yang beredar dalam aliran darah. Kacang mete juga dapat meningkatkan metabolisme gula menjadi energi, proses yang disebut glikolisis. Hal ini menjadi peran kunci untuk mengontrol kadar gula darah yang pada gilirannya akan mengurangi risiko diabetes.

2. Mencegah kanker: Manfaat kacang mete yang cukup diperhitungkan adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Kacang mete mengandung jenis flavonoid yang disebut proanthocyanidins, dimana penelitian telah menunjukkan senyawa tersebut mampu membatasi pertumbuhan sel kanker dan tumor. Selain itu, kacang mete juga merupakan sumber tembaga, yang membantu menangkal efek buruk radikal bebas dari tubuh, yang berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit kanker.

3. Mengurangi stres: Kacang mete secara alami dapat membantu mengurangi beberapa masalah mental termasuk depresi dan stres. Bahkan satu genggam kacang mete disebut-sebut memiliki efek setara dengan obat anti-depresan. Kacang mete mengandung asam amino, yang disebut L-tryptophan, yang dipecah dalam tubuh menjadi niacin dan serotonin, senyawa penting untuk memperbaiki suasana hati sehingga sering disebut hormon bahagia.

4. Memperkuat tulang: Kandungan mineral dalam kacang mete cukup melimpah termasuk magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Meskipun selama ini kita menganggap kalsium menjadi salah satu faktor paling penting untuk menentukan kekuatan struktur tulang, tetapi ada beberapa nutrisi lain yang juga memiliki peran besar dalam menjaga kepadatan tulang, yaitu magnesium. 2/3 dari jumlah magnesium dalam tubuh manusia berada di tulang kita, jadi kita harus benar-benar mempertimbangkan pentingnya mineral ini jika kita ingin menjaga kekuatan tulang.  Salah satu cara memenuhi kebutuhan magnesium bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kacang mete.

5. Pembekuan darah: Dalam 100 gram kacang mete menyediakan sekitar 4,1 mg vitamin K. Vitamin K merupakan nutrisi penting untuk proses pembekuan darah saat kita terluka atau cidera. Tanpa kehadiran vitamin K yang memadai, darah tidak akan membeku dengan baik saat terjadi luka sehingga akan memicu pendarahan.

6. Menurunkan tekanan darah: Manfaat kacang mete banyak didapat dari kandungan magnesium di dalamnya. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan bahkan ke memicu berbagai macam masalah saraf termasuk kejang dan ketegangan. Karena kandungan magnesium tersebut kacang mete diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan memiliki dampak yang positif pada pasien hipertensi. Bukan hanya itu, magnesium dalam kacang mete juga akan membantu mengurangi ketegangan otot sekaligus merileksasi saraf.

7. Jantung yang sehat: Salah satu manfaat penting dari kacang mete adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebagian besar lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak sehat, seperti asam oleat yang yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dapat mengurangi tingkat trigliserida, yang menjadi pemicu  penyakit jantung.

8. Berat badan ideal: Kacang mete memiliki kandungan  mineral penting dan asam lemak yang mendukung penurunan berat badan. Kacang mete juga tinggi serat dan protein yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bermanfaat untuk membatasi asupan kalori harian. Lemak pada umumnya membuat makanan lebih memuaskan dan meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin D.

9. Kesehatan otak: Otak kita sebagian besar terdiri dari lemak dan bergantung pada pasokan asam lemak sehat dari makanan yang kita konsumsi. Kacang mete adalah salah satu makanan nabati yang mengandung tinggi lemak baik sehingga akan membantu mendukung fungsi kognitif otak. Seiring bertambahnya usia fungsi otak akan mengalami penurunan yang itu bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak sehat seperti kacang mete. Beberapa komponen nutrisi dari kacang mete seperti lemak sehat, zinc, zat besi dan tembaga dapat mendukungan kemampuan kognitif dan beberapa proses otak dengan mengatur jalur neurotransmitter, transmisi sinaptik dan fluiditas membran.

Baca juga: 10 Manfaat gandum utuh dan kandungan nutrisinya

10. Mencegah terbentuknya batu empedu: Penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin termasuk kacang mete, dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. Batu empedu disebabkan oleh kolesterol mengeras, yang dipicu terlalu banyak kolesterol dalam empedu. 
loading...