Sunday, March 27, 2016

10 Manfaat kacang tanah dan kandungan nutrisinya

Kacang tanah adalah salah satu dari jenis kacang-kacangan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Kacang tanah cukup populer dan sering dikreasikan menjadi berbagai bentuk makanan khas. Sayangnya reputasi kacang tanah tidak begitu baik karena terdapat berbagai macam anggapan yang menyebutkan jika kacang tanah dapat menimbulkan jerawat bahkan penyakit jantung. Rumor tersebut diduga terjadi akibat informasi yang mengatakan jika kacang tanah mengandung tinggi lemak sehingga dapat memicu kolesterol. Padahal kenyataanya kacang tanah justru baik untuk kesehatan jantung dan tidak menyebabkan jerawat. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat kacang tanah mari simak ulasan berikut:
kacang tanah
image by pixabay.com, kacang tanah

1. Mengurangi risiko dibetes: Menurut hasil dari sebuah penelitian mengganti satu porsi daging merah dengan satu porsi kacang setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes hingga 23%. Hal ini dikarenakan nutrisi dalam kacang dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat, dan ketika mereka dikonsumsi di pagi hari, tingkat gula darah akan tetap rendah sepanjang hari.

2. Meningkatkan energi: Kacang tanah adalah makanan sumber karbohidrat kompleks yang dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting termasuk protein nabati, mineral, serat dan antioksidan. Fakta tersebut menjadikan kacang tanah sebagai sumber energi yang ideal bagi anda. Mengkonsumsi 50 gram kacang tanah, dapat memberikan tenaga bagi tubuh selama minimal 18 jam.

3. Mencegah penyakit jantung: Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang sangat ganas. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang (dan jenis kacang lainnya termasuk kacang tanah) dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Salah satu alasannya, kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk jantung termasuk magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan berbagai antioksidan seperti resveratrol

4. Anti-aging: Kacang tanah telah ditemukan mengandung resveratrol fitokimia yang juga ditemukan dalam anggur merah. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat melawan proliferasi sel-sel lemak dan meningkatkan penyerapan gula dari darah. Selain kacang tanah sebagai besar jenis kacang juga memilik kandungan resveratrol yang tentunya memiliki efek anti-penuaan juga.

5. Menurunkan kolesterol: Meskipun kacang tanah sering dihindari banyak orang karena dianggap tinggi lemak, tetapi kandungan lemak dalam kacang tanah didominasi oleh lemak sehat. Penelitian menemukan saat wanita postmenopause dengan kolesterol tinggi diberi lemak sehat dari kacang, kolesterol mereka berangsur membaik. Pitosterol yang terdapat dalam kacang tanah disebut-sebut bertanggung jawab menurunkan kolesterol.

6. Sifat anti-kanker: Kacang tanah mengandung B-sitosterol, sebuah phytosterol yang memiliki sifat melawan sel kanker, khususnya kanker usus besar, prostat, dan kanker payudara. Kacang tanah dan produk-produk lainnya termasuk selai, minyak kacang tanah merupakan sumber ideal pitosterol.

7. Mengurangi hipertensi: Selai kacang mengandung hingga 70 mg kalium dalam 100g. Kalium bertindak sebagai elektrolit dan elemen penyeimbang dalam tubuh. Kalium dalam kacang tanah juga bermanfaat mendukung kesehatan sistem kardiovaskular dengan menyeimbangkan irama detak jantung, ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Mendukung kesehatan pencernaan: Kacang tanah merupakan makanan yang mengandung tinggi serat. Dimana satu cangkir atau sekitar 125 g kacang tanah memiliki sekitar 12 g gram serat makanan. Serat makanan adalah salah satu bagian yang paling penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kekurangan serat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit seperti sembelit, diabetes, kolesterol, dan berbagai penyakit jantung.

9. Mengontrol berat badan: Jika anda berfikir jika kacang tanah dapat menyebabkan kegemukan, maka anda salah. Seperti yang sudah kita ketahui jika lemak dalam kacang tanah didominasi oleh lemak sehat sehingga anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi kacang tanah akan memicu kenaikan berat badan. Kacang tanah diperkaya dengan protein dan serat yang sangat baik untuk mendukung program diet anda. Pasalnya kedua nutrisi tersebut dapat membuat tubuh lebih terisi sehingga anda lebih merasa kenyang. Jika sudah demikian maka kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat bisa anda hindari.

10. Memiliki sifat antioksidan: Kacang tanah memiliki sifat antioksidan berkat kehadiran folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, dan thiamin. Salah satu antioksidan yang ditemukan dalam kacang tanah adalah resveratrol. Resveratrol adalah antioksidan polifenol yang telah ditemukan dapat mengendalikan beberapa jenis kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, virus atau infeksi jamur, dan penyakit saraf degeneratif.
loading...