Wednesday, March 9, 2016

10 Manfaat peppermint untuk kecantikan dan kesehatan

Peppermint adalah salah satu produk herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Peppermint dikenal sejak jaman dahulu sebagai aroma terapi yang khas dan juga bisa digunakan sebagai obat. Ramuan ini memiliki sensasi menyegarkan yang dingin di lidah, langit-langit, dan tenggorokan ketika dimakan, dan pada kelenjar penciuman hidung ketika dihirup. Sensasi tersebut didapat  dari adanya mentol, minyak esensial dalam daun segar, dan batang peppermint.
Gambar teh dan daun peppermint
image by publicdomainpictures.net, teh dan daun peppermint

Cara menyiapkan peppermint

Peppermint dapat tumbuh subur di area yang dingin. Tanaman ini juga dapat hidup dalam pot, baik di tempat teduh atau di sebuah kebun dalam ruangan. Untuk memastikan kualitas peppermint, panen di pagi hari sebelum embun menguap untuk dijadikan sebagai minyak esensial. Setelah proses panen selesai, gantung peppermint secara terbalik di tempat teduh sampai benar-benar kering, kemudian ambil daunnya  dan simpan dalam stoples kedap udara sampai siap untuk dibuat menjadi teh.

Manfaat peppermint bagi kesehatan

Peppermint ramuan alami yang diperkaya dengan nutrisi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Anda dapat membeli daun peppermint segar dan mencampurkan mereka ke dalam salad atau sup. Membuatnya menjadi teh adalah cara mudah untuk menggabungkan ramuan berkhasiat ini ke dalam diet harian Anda. Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat peppermint:

1. Mengurangi kembung: Peppermint telah diakui sebagai alternatif alami untuk obat-obatan seperti buscopan untuk mengurangi kejang usus besar. Peppermint bekerja dengan relaksasi otot-otot usus Anda, yang juga dapat mengurangi kembung dan gas.

2. Kesehatan kulit: Peppermint dapat membantu menenangkan peradangan kulit. Dengan demikian anda dapat mencampur minyak peppermint ke dalam lip balm dan body lotion untuk sensasi pendinginan yang luar biasa. Anda bisa menggunakan Lavender Mint Lip Balm untuk menyehatkan bibir. Campuran antara peppermint dan minyak lavender esensial ketika dioleskan dapat mengurangi gejala eksim dan psoriasis.

3. Kesehatan gigi dan mulut: Mungkin anda sering mendengar tentang peppermint yang menjadi campuran pasta gigi dan obat kumur yang membuat mulut menjadi fresh dan segar. Tetapi selain hanya membuat mulut anda segar peppermint juga memiliki banyak manfaat termasuk membunuh bakteri jahat yang menempel pada dinding mulut anda.

4. Kesehatan pernapasan: Mentol yang terkandung dalam peppermint dapat membuat saluran pernapasan lebih lancar. Peppermint dapat membersihkan paru-paru dan lendir di rongga hidung yang meradang. Hal ini membantu meredakan gejala alergi udara dan beberapa kondisi terkait. Dengan adanya fakta tersebut, kemungkinan peppermint dapat membantu olahragawan lebih efisien dalam membantu mereka bertanding.

5. Meringankan sakit kepala: Sakit kepala karena tegang umumnya disebabkan oleh stres, kecemasan dan konsumsi alkohol. Hal ini dapat diobati secara alami dengan menggunakan minyak peppermint. Dalam sebuah penelitian pada 1996, menginformasikan bahwa mengoleskan minyak peppermint pada dahi dan pelipis dapat meringankan sakit kepala sama efektifnya dengan acetaminophen setelah 15 menit.

6. Kesehatan rambut: Minyak peppermint adalah bahan populer di beberapa produk shampo berkat aroma segar dan sifat menenangkan yang dimilikinya. Menerapkan peppermint untuk kulit kepala berguna menyegarkan kulit di bawah garis rambut, membersihkan ketombe, dan merangsang aliran darah ke daerah tersebut. Beberapa orang percaya bahwa ini membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain membersihkan rambut dari sel-sel kulit mati, peppermint juga mampu mengikat folikel rambut, menanamkan dengan protein. Studi terbaru menunjukkan bahwa peppermint adalah alternatif yang efektif untuk stimulan pertumbuhan rambut. Selain itu peppermint juga lebih aman, sehingga menjadi pilihan sehat karena tidak mengandung bahan-bahan karsinogenik atau racun yang ditemukan di sebagian besar produk penumbuh rambut sintetis.

7. Menenangkan otot: Minyak esensial  dari Peppermint sangat efektif sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan relaksan otot. Dengan demikian, mengoleskan minyak peppermint pada bagian yang terkilir atau nyeri sangat membantu dalam menenangkan rasa sakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak peppermint saat dioleskan memiliki manfaat meringankan nyeri yang terkait dengan Fibromyalgia dan Myofascial Nyeri Sindrom.

8. Melembabkan kulit terbakar: Minyak peppermint dapat melembabkan kulit terbakar dan mengurangi rasa sakit sengatan matahari berlebih. Anda dapat mencampur minyak peppermint dengan sedikit minyak kelapa kemudian menerapkannya langsung ke daerah yang terluka.

9. Pengobatan kanker: Penelitian klinis menunjukkan bahwa peppermint mengandung senyawa mentol, yang bermanfaat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Selain itu, studi menemukan peppermint mampu melindungi terhadap kerusakan DNA akibat radiasi dan kematian sel.

10. Menjaga kesehatan pencernaan: Peppermint telah ditemukan dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dalam banyak kasus. Tanaman ini memiliki efek menenangkan pada otot perut. Hal ini juga menciptakan aliran empedu yang lebih baik, yang penting untuk pencernaan lemak. Ketika Anda makan peppermint atau minum dalam bentuk teh, makanan akan bergerak lebih cepat melalui perut Anda. Dengan demikian, kesehatan pencernaan anda benar-benar terbantu dengan peppermint.
loading...