12 Manfaat biji rami untuk kecantikan kulit dan rambut

Kita sudah banyak mendengar mengenai manfaat biji rami bagi kesehatan terutama karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Biji rami memiliki dua jenis coklat dan emas, keduanya memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan dan juga kecantikan secara umum. Apa yang membuat biji rami memiliki banyak manfaat  adalah karena kandungan asam lemak Omega 3, yang merupakan asam lemak esensial yang diklaim dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi otak. Tapi apakah Anda tahu bahwa biji rami juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut anda?
Gambar Jenis biji rami cokelat dan emas
Gambar: Jenis biji rami cokelat dan emas

Manfaat biji rami untuk kecantikan

1. Melembabkan kulit: Asam lemak esensial yang ditemukan dalam biji rami dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara alami sehingga membuatnya terlihat halus. Menurut Dr Jeffrey Benabio (seorang dokter kulit) hal ini disebabkan biji rami bermanfaat meningkatkan produksi minyak alami tubuh, yang diperlukan untuk menjaga kulit Anda lembut. Mengaplikasikan minyak biji rami secara langsung dapat melindungi dan melembabkan kulit secara alami. Manfaat minyak biji rami untuk melembabkan kulit ini dilakukan dengan dua cara . Pertama, air terkunci ke dalam kulit ketika Anda menerapkan minyak biji rami langsung ke kulit. Kedua, biji rami akan mencegah hilangnya air melalui kulit. Meningkatkan kelembaban kulit secara alami dapat mengurangi keriput yang menjadi penyebab utama penuaan.

2. Mencegah kulit kering: Dengan menjaga tingkat kelembaban kulit maka biji rami akan membantu mencegah kulit kering yang sering menimbulkan berbagai macam masalah. Efek pelembab dari biji rami dapat secara langsung mencegah kulit kusam. Kulit kering adalah prekursor berbagai kondisi kulit seperti psoriasis, eksim dan tanda-tanda penuaan. Karena kemampuannya ini maka tidak heran jika minyak biji rami sering ditemukan dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

3. Mencegah kanker kulit: Antioksidan adalah senyawa penting yang bertanggung jawab menangkal efek buruk radikal bebas termasuk pada kulit. Senyawa ini ditemukan dalam biji rami dan beberapa jenis buah dan sayuran hijau. Rendahnya tingkat antioksidan dalam tubuh dapat menjadi masalah besar bagi kesehatan. Salah satunya adalah tidak terkendalinya oksidasi dari radikal bebas sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, seperti kanker kulit. Oleh sebab itu National Institute of Health menyatakan bahwa menggunakan minyak biji rami dapat melindungi diri sekaligus memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar ultra-violet.

4. Mengurangi iritasi kulit: Salah satu manfaat minyak biji rami adalah bahwa mereka memiliki sifat anti-inflamasi. Itu artinya minyak biji rami dapat mencegah berbagai macam iritasi kulit termasuk peradangan jaringan, ruam dan kemerahan. Selain itu kandungan Asam lemak omega-3 dalam biji rami juga dikenal dapat meningkatkan kecepatan proses penyembuhan kulit.

5. Mencegah jerawat: Selain menerapkannya secara langsung ke kulit mengkonsumsi biji rami juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan termasuk mencegah timbulnya jerawat. Kita tahu jika jerawat merupakan masalah klasik banyak anak muda di Indonesia. Penyebab jerawat sangat banyak sekali seperti bakteri, kotoran, dan juga kulit berminyak. Dengan mengkonsumsi biji rami akan membantu mengontrol produksi sebum, zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit, sehingga pada gilirannya akan mencegah timbulnya jerawat. Mengkonsumsi 1 sampai 2 sendok makan biji rami giling setiap hari dapat menjadi solusi sehat bagi kulit anda.

6. Meremajakan kulit: Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk kulit dengan bubuk biji rami. Caranya adalah: Campur bubuk biji rami dengan yoghurt dan madu kemudian aduk hingga merata. Terapkan campuran tadi ke kulit anda sambil menggosokkan dengan lembut selama 10 menit. Setelah itu bilas seperti biasa. Scrub dari biji rami ini berguna mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit secara alami.

7. Mencegah ketombe: Masalah kulit kepala seperti ketombe sangat mengganggu terlebih karena rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena kita bisa memanfaatkan sifat anti-inflamasi dari biji rami untuk mengurangi ketombe, eksim, dan kondisi kulit kepala lainnya. Biji rami berguna merangsang produksi sebum di kulit kepala, sehingga mencegah pengelupasan kulit kepala dan ketombe.

8. Menumbuhkan rambut: Biji rami salah satu makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 sehingga bermanfaat untuk menyehatkan folikel rambut. Dengan demikian akan membantu kekuatan rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan. Asam lemak omega-3 juga meningkatkan elastisitas rambut dan membuatnya tidak rentan terhadap kerusakan.

9. Mencegah rambut rontok: Alpha linolenat dalam biji rami mampu menghambat 5 alpha reductase, enzim yang mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT). DHT dapat menyusutkan folikel rambut, sehingga dapat mengakibatkan rambut rontok. ALA, asam linolenat dan asam oleat dalam biji rami biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati kebotakan pada laki-laki.

10. Mengurangi rambut kering: Biji rami adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3. Kekurangan nutrisi penting ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Menkonsumsi biji rami dapat membuat rambut lebih kuat dan terjaga kelembabannya.

11. Mengurangi minyak berlebih: Meskipun biji rami berguna memproduksi minyak secara alami bukan berarti biji rami dapat membuat kulit menjadi berminyak. Minyak yang dihasilkan oleh biji rami hanya sebagai pelembab alami kulit untuk mencegahnya dari kekeringan. Justru biji rami bermanfaat mengontrol minyak berlebih dengan cara menjaga kelembaban kulit.

12. Masker wajah: Setelah kita membaca mengenai manfaat biji rami untuk kecantikan di atas tentunya anda ingin tahu bagaimana membuat masker dari biji rami. Caranya cukup mudah yaitu pertama campur 2 sendok teh biji rami dan air secukupnya ke dalam mangkuk. Benih akan membengkak dan air akan berubah menjadi agar-agar. Terapkan campuran tadi ke wajah anda hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat.

Sebelum anda menggunakan segala sesuatu untuk diterapkan di wajah atau rambut anda lakukan tes patch terlebih dahulu. Dengan cara oleskan sedikit bahan yang anda gunakan sebagai perawatan kecantikan tersebut ke bagian dalam lengan dan tunggu beberapa jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Meskipun belum ada informasi mengenai alergi biji rami saat diterapkan pada kulit tetapi hal ini tetap penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan biji rami

Meskipun manfaat biji rami untuk kesehatan dan kecantikan 
sangat banyak, tetapi anda tetap harus waspada dalam menggunakannya. Berikut beberapa efek samping biji rami:

Sifat pencahar: Seperti dicatat oleh National Institutes of Health (AS) Biji rami dapat memiliki sifat pencahar. Hal ini bisa mengakibatkan ketidaknyamanan perut, peningkatan jumlah buang air besar dan diare. NIH merekomendasikan orang dengan diare, sindrom iritasi usus, diverticulitis atau penyakit radang usus, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, untuk tidak mengkonsumsi biji rami, tetapi mereka masih bisa menggunakannya untuk kulit dan rambut.

Untuk ibu hamil: Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji rami terlebih dahulu karena biji rami diketahui dapat bertindak seperti hormon estrogen. Beberapa pakar kesehatan khawatir jika hal ini dapat membahayakan kehamilan, meskipun sampai saat ini tidak ada bukti klinis yang  dapat mengkonfirmasi efek buruk biji rami bagi kehamilan. 


Alergi: Meskipun reaksi alergi terhadap biji rami sangat jarang, menurut UMHS (University of Michigan Health System), beberapa reaksi yang parah pernah dilaporkan. Gejala ini termasuk sakit perut, mual dan muntah. Bahkan sampai mengancam jiwa.
loading...