14 Manfaat buah markisa untuk ibu hamil dan kecantikan

Buah markisa adalah buah yang sering ditemukan di negara-negara tropis dan sub tropis. Buah ini berbentuk seperti telur dengan kulit keriput. Daging buah berwarna hijau dengan aroma yang unik. Rasa buah markisa berbeda-beda tergantung jenisnya, tetapi umumnya memiliki rasa asam manis. Buah markisa sering dibuat menjadi jus yang sangat segar saat diminum pada cuaca panas. Selain menyegarkan manfaat buah markisa juga sangat banyak bagi kesehatan dan pencegahan penyakit sehingga anda patut mencobanya.
Gambar buah markisa ungu terbelah
image by commons.wikimedia.org, buah markisa ungu

Beberapa jenis buah markisa

Markisa ungu: Jenis ini merupakan buah markisa yang paling banyak dijumpai. Markisa ungu memiliki panjang sekitar 4-9 cm dengan diameter sekitar 4 sampai 7 sentimeter. Markisa ungu memiliki pericarp (lapisan dinding buah) pecah dan bubur kuning darkish yang menempati 35 sampai 50% dari berat buah ini. Markisa ungu berasal dari Brazil, Argentina dan Paraguay.

Markisa kuning: Markisa kuning lebih terlihat energik dibandingkan dengan ungu, karena memiliki warna cerah. Buah ini memiliki permukaan kuning halus. Pericarp mereka ketat dan memiliki ukuran lebih besar dengan panjang 6 sampai 12 cm dan diameter 4 sampai 7 sentimeter. Mereka relatif kurang gurih dan sedikit lebih asam.

Markisa manis: Juga dikenal sebagai granadilla manis, buah ini banyak ditemukan di Meksiko, Bolivia dan Venezuela. Markisa jenis memiliki bentuk bulat seperti telur dengan panjang 5-9 cm dan diameter 4 sampai 7 sentimeter. Kulit markisa manis lebih kaku renyah dan kulit pelindung biji di dalamnya berwarna putih.

Manfaat buah markisa untuk ibu hamil

1. Meningkatkan imunitas: Wanita hamil sangat rentan terhadap virus dan juga penyakit terkait melemahnya sistem imun karena pertahanan tubuh mereka sangat lemah dikala hamil. Untuk itu wanita hamil membutuhkan lebih banyak makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti halnya buah markisa.

2. Mengurangi nyeri punggung:  Vitamin C selain digunakan tubuh untuk meningkatkan sistem imun juga sangat penting dalam memproduksi kolagen. Kolagen umumnya dikenal sebagai salah satu bahan produk kecantikan, tetapi manfaat kolagen bukan hanya itu, pasalnya kolagen juga merupakan komponen untuk membuat tulang rawan. Nyeri punggung saat hamil bisa diminimalisir dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah markisa.

3. Menjaga kekuatan tulang: Ada banyak mineral penting yang ditemukan dalam buah markisa seperti magnesium, tembaga dan juga fosfor. Kesemuanya sangat penting untuk mendukung kekuatan tulang anda. Saat hamil seorang wanita sangat rentan mengalami pengeroposan tulang karena nutrisi mereka harus dibagi dengan bayi dalam kandungan. Belum lagi masalah seperti nyeri punggung juga bisa diatasi jika kita mencukupi kebutuhan nutrisi tulang. Jadi, Tunggu apa lagi, masukkan buah markisa ke dalam menu kehamilan anda.

4. Mencegah stres: Perubahan hormon selama kehamilan membuat sang ibu mendapatkan banyak masalah termasuk stres. Jika tidak ditangani dengan benar stres kronis bisa membahayakan kehamilan. Untungnya salah satu manfaat buah markisa yaitu mengurangi tingkat stres. Buah markisa mengandung alkaloid yang memberikan efek menenangkan sehingga sangat membantu mengatasi berbagai macam gangguan mental termasuk stres.

5. Menjaga kesehatan pencernaan: Seperti halnya buah pada umumnya markisa juga mengandung serat yang itu artinya sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. Serat dalam buah markisa berguna meningkatkan pencernaan sehingga akan mencegah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

6. Tinggi zat besi: Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Buah markisa adalah makanan yang mengandung tinggi zat besi sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat tajam, jika hal ini tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti buah markisa, maka dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami anemia. Anemia pada tingkat ringan mungkin tidak akan menimbulkan masalah, tetapi jika sudah masuk tahap kronis bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

7. Meningkatkan pertumbuhan janin: Buah markisa diperkaya dengan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Untuk itu, dengan rutin mengkonsumsi buah markisa akan memastikan janin mendapatkan tambahan nutrisi sehat.

8. Kaya antioksidan: Antioksidan adalah lawan dari radikal bebas. Kekurangan indeks antioksidan dalam tubuh bisa memudahkan beberapa penyakit hinggap di tubuh seseorang tidak terkecuali ibu hamil, dimana sistem imun mereka sangat lemah. Vitamin C dan A dalam buah markisa bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Mencegah insomnia: Stres dan insomnia menjadi dua masalah yang sangat erat kaitannya. Karena buah markisa memiliki efek menenangkan berarti buah ini juga sangat baik untuk mengurangi insomnia. Perubahan hormon pada ibu hamil masih mendominasi masalah seperti insomnia tersebut. Menikmati buah markisa di pagi hari bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

10. Menurunkan tekanan darah: Dalam buah markisa mengandung banyak jenis mineral penting seperti kalium. Kalium berguna melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kalium dalam buah markisa juga bermanfaat menormalkan detak jantung sehingga akan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular ibu hamil. Meskipun banyak wanita hamil dengan tekanan darah tinggi memiliki bayi yang sehat tanpa masalah serius, tekanan darah tinggi bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Wanita hamil yang mengalami tekanan darah tinggi lebih mungkin memiliki komplikasi tertentu selama kehamilan dibandingkan mereka dengan tekanan darah normal.

Manfaat buah markisa untuk kecantikan

11. Kesehatan mata: Mata merupakan salah satu simbol kecantikan bagi wanita, maka tidak heran menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan. Karena buah markisa sangat tinggi vitamin A, dimana satu porsi menyediakan sekitar 43% dari kebutuhan vitamin A harian, jadi buah ini sangat baik untuk meningkatan penglihatan anda. Selain itu, antioksidan dalam buah markisa juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula (menurunnya fungsi retina mata).

12. Menurunkan berat badan: Hampir semua wanita menginginkan tubuh yang ramping, tidak terkecuali anda pastinya. Buah markisa bisa dijadikan sebagai menu diet sehat karena sangat rendah kalori dan tinggi serat. Serat sangat baik untuk diet karena membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

13. Kesehatan kulit: 100 gram buah markisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen. Kekurangan kolagen dpat mempercepat keriput, sehingga mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah markisa bisa membantu menunda penuaan kulit. Tidak hanya itu, buah markisa juga merupakan sumber vitamin A, yang mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kulit.

14. Meningkatkan pertumbuhan rambut: Selain kulit, rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang sering menimbulkan masalah bagi wanita. Markisa mengandung semua nutrisi penting untuk menjaga siklus pertumbuhan rambut yang sehat. Buah markisa mengandung tinggi zat besi yang berguna meningkatkan kekuatan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.
loading...