14 Top Makanan penurun asam urat tinggi

Penyakit asam urat disebabkan ketika kristal asam urat yang merupakan produk limbah alami dalam tubuh mulai terbentuk pada sendi, jelas Kate Di Prima, juru bicara di Dietitians Association of Australia. Makanan yang mengandung tinggi purin menghasilkan lebih banyak asam urat, jadi untuk mencegah penyakit ini anda bisa memulai denga menghindari makanan tersebut.
Makanan penurun asam urat
gambar: makanan penurun asam urat

Pantangan makanan penderita asam urat

Ada beberapa daftar makanan pantangan penderita asam urat seperti daging merah, jeroan, roti manis, dan saus. Beberapa jenis kerang dan ikan tertentu seperti herring, sarden, dan mackerel juga mengandung purin yang merupakan bahan kimia alami yang ditemukan pada sel mereka.

Sayangnya, sebagian makanan di atas merupakan ikan berminyak yang mengandung asam lemak omega-3, yang diketahui dapat mengurangi peradangan pada beberapa bentuk arthritis. Jadi ini mungkin sedikit membingungkan kita. Untuk menyiasatinya anda boleh mengkonsumsi makanan di atas tetapi dengan jumlah terbatas, sebagai gantinya pilihlah produk nabati sebagai penyeimbang nutrisi sekaligus untuk menurunkan kadar asam urat.

Makanan penurun asam urat

Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu anda menurunkan asam urat yang disebut hyperuricemia. Tubuh memproduksi asam urat yang merupakan produk limbah selama pemecahan purin, yang ditemukan dalam banyak makanan. Kita secara alami biasanya menghilangkan asam urat melalui urin saat buang air kecil. Tingginya tingkat asam urat pada tubuh dapat menyebabkan batu ginjal, atau gagal ginjal.

1. Buah ceri: Meskipun buah ini kecil tetapi memiliki manfaat yang sangat mengagumkan bagi kesehatan. Ceri diketahui merupakan salah makanan yang dapat menurunkan asam urat saat dikonsumsi secara teratur. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah penelitian pada tahun 2003 lalu yang menunjukkan bahwa  ceri dapat menurunkan kadar asam urat pada 10 wanita peserta studi. Penelitian ini  diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

2. Cuka sari apel: Cuka sari apel sering digunakan sebagai ramuan alami yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Selain dapat membantu meringankan nyeri sendi, cuka sari apel diketahui juga cukup efektif digunakan sebagai makanan penurun asam urat. Kandungan asam malat dalam cuka sari apel diduga membantu memecah dan mengeluarkan asam urat dari tubuh. Cuka sari apel juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.  Anda bisa membuat ramuan sederhana dengan cuka sari apel dan air untuk membantu menurunkan asam urat anda. Caranya adalah: tambahkan 1-3 sendok teh cuka sari apel organik yang tidak dipasteurisasi dengan delapan ons air. Minum campuran sari apel dua sampai tiga kali sehari untuk membantu mengontrol kadar asam urat anda.

3. Jus lemon: mencukupi kebutuhan Vitamin C sangat penting dalam usaha menurunkan asam urat. Jus lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat. Lemon akan merangsang kalsium karbonat berformasi sehingga akan mengendalikan kadar asam urat. Asam sitrat dan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi pada level yang lebih rendah. Konsumsi air yang dicampur dengan lemon sangat baik untuk membantu anda menurunkan asam urat secara alami. Minum campuran tadi setelah makan untuk mengantisipasi jika anda memiliki gangguan asam lambung.

4. Minyak zaitun: Manfaat minyak zaitun sudah melegenda, terlebih karena zaitun telah diabadikan di dalam Al-Qur’an. Minyak zaitun extra virgin dianggap sebagai alternatif yang baik untuk obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) dan zaitun adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat secara alami. Vitamin E dalam buah zaitun memiliki sifat antioksidan yang dianggap penting untuk mengontrol kadar asam urat. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam sayuran. Hindari penggunaan minyak zaitun sebagai minyak goreng terutama karena penderita asam urat harus selalu menghindari makanan yang digoreng.

5. Keluarga berries: Beberapa jenis berry termasuk blueberry, stroberi serta cranberry merupakan makanan tinggi antioksidan yang harus anda masukkan ke dalam menu sehat penurun asam urat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam the Iranian Red Crescent Medical Journal pada tahun 2012 lalu buah Berries ditampilkan sebagai makanan untuk menurunkan asam urat. Seperti ceri, buah berry kaya akan proanthocyanidins dan anthocyanin. Bioflavonoid ini membantu mencegah kerusakan kolagen dan peradangan.

6. Peterseli: Peterseli dan konstituen flavonol utama, quercetin dan kaempferol, juga dapat mengurangi kadar asam urat. Peterseli dapat bertindak seperti diuretik alami yang membantu tubuh mengeluarkan kelebihan asam urat. Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan di Iran Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa peterseli, quercetin, dan kaempferol mampu mengurangi kadar asam urat pada tikus hyperuricemic secara signifikan. Sebuah flavonoid tertentu dalam peterseli yang disebut apigenin diketahui juga dapat mengurangi kadar asam urat. Apigenin dapat menghambat enzim xantin oksidase, yang bertanggung jawab untuk konversi dari purin menjadi asam urat.

7. Kacang Brazil: Sebenarnya beberapa jenis kacang umumnya mengandung tinggi purin sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat, tetapi kacang brazil masuk dalam pengecualian. Kacang brazil hanya mengandung 23 miligram purin per cangkir, dimana kebanyakan jenis kacang memiliki hingga 40 mg purin. Beberapa jenis kacang lainnya yang berguna menurunkan asam urat termasuk almond dan mete.

8. Kacang pinto: Jenis kacang-kacangan sering dipandang sebagai makanan sehat karena menyediakan nutrisi yang melimpah seperti vitamin, folat, mineral, dan serat. Mencukupi kebutuhan asam folat sangat penting dalam pengobatan asam urat, dan makanan tinggi folat dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Kacang pinto bisa menjadi pilihan yang bagus karena selain tinggi asam folat, pinto juga rendah purin (57 mg per cangkir). Beberapa jenis kacang-kacangan rendah purin lainnya yang merupakan sumber yang baik dari asam folat termasuk kacang lima.

9. Biji rami: Manfaat biji rami sebagai makanan penurun asam urat sebenarnya sudah tidak asing laig. Biji rami dan minyak biji rami merupakan sumber asam lemak esensial yang dapat membantu mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, peneliti dari Brazil menemukan bahwa biji rami bermanfaat mengurangi kadar asam urat yang lebih baik daripada minyak kedelai. Meskipun studi ini menggunakan tikus sebagai obyek penelitian, tetapi para peneliti meyakini jika hasilnya tidak jauh berbeda pada manusia.

10. Buah apel: Selain dibuat cuka buah apel juga bisa dikonsumsi secara langsung untuk menurunkan asam urat. Buah apel mengandung tinggi serat dan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Selain bisa dimakan secara langsung apel juga bisa dikreasikan menjadi beberapa makanan. Pastikan untuk selalu memilih apel organik agar kandungan nutrisinya bisa terjaga dengan baik.

11. Air putih: Air selalu menjadi bagian penting yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia, terlebih untuk menjaga kesehatan. Mencukupi kebutuhan air putih bisa menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit berbahaya termasuk jantung, diabetes, asam urat dan stroke. Air berguna mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk kelebihan asam urat. Minum setidaknya 8 gelas air setaip hari dapat membantu anda meringankan penyakit asam urat.

12. Wortel: Wortel adalah sayuran yang sangat padat akan nilai gizi. Betakaroten merupakan nutrisi yang paling terkenal dari wortel. Betakaroten bisa bertindak sebagai antioksidan kuat yang berguna menurunkan asam urat ke level sehat. Anda bisa menikmati wortel dalam bentuk jus atau mengkonsumsinya secara langsung.

13. Bawang merah: Bawang merah juga dapat membantu mengurangi asam urat. Maka tidak heran jika dalam sate biasanya terdapat bawang merah, mungkin hal tersebut bertujuan agar bawang merah mengurangi tingkat purin pada daging. Bawang merah bisa dikombinasikan dengan jus lemon sebagai ramuan penurun asam urat.

14. Jeruk: Seperti yang sudah kita ketahui jika meningkatkan asupan vitamin C juga sangat penting untuk menurunkan asam urat. Seperti halnya vitamin A dan E, vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang berguna mengontrol kadar asam urat anda. Belum lagi, jeruk juga mengandung serat dan air yang tentunya juga sangat berguna bagi penderita asam urat.
loading...