15 Top Manfaat air kelapa hijau yang mengagumkan

Air kelapa adalah cairan yang dihasilkan oleh buah kelapa dimana di dalamnya terdapat banyak nutrisi penting bagi tubuh manusia. Air kelapa muda biasanya memiliki kuantitas air lebih banyak dibandingkan air kelapa yang sudah tua, karena seiring waktu, air di dalam buah kelapa akan digantikan menjadi daging buah.

Kandungan nutrisi air kelapa hijau

Cairan di dalam air kelapa mengandung sekitar 46 kalori per cangkir, 10 gram berasal dari gula alami, dengan sedikit protein dan bebas lemak. Air kelapa hijau juga diperkaya dengan beberapa vitamin, mineral, dan fitokimia yang ideal untuk kesehatan manusia. Nutrisi utama dalam air kelapa hijau adalah kalium. Dimana dalam air kelapa hijau menyediakan sekitar 600 mg (12% DV) sehingga membuatnya menjadi minuman elektrolit yang baik. Air kelapa hijau juga mengandung sejumlah kecil natrium, sekitar 40mg dan sekitar 10% kalsium dan magnesium yang dibutuhkan perhari.
air kelapa hijau
Image by commons.wikimedia.org air kelapa hijau

Elektrolit dalam air kelapa hijau sangat penting untuk mempertahankan volume darah, kesehatan jantung, dan juga mencegah dehidrasi. Mempertahankan keseimbangan elektrolit dapat membantu mengurangi kelelahan, stres, dan membantu relaksasi otot.

Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah: Sebuah studi pada tahun 2005 lalu menemukan bahwa ketika peserta penelitian diberi air kelapa hijau selama dua minggu, mengalami tekanan darah sistolik 71% lebih rendah dan tekanan darah diastolik mereka turun hingga 29% dibandingkan mereka yang minum air putih. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa membuat banyak peneltian yang ingin melihat lebih jauh mengenai manfaat air kelapa untuk pasien hipertensi. Seperti yang sudah kita ketahui jika kalium memiliki kemampuan mengontrol detak jantung sehingga akan membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol: Sebuah studi tahun 2006 juga menemukan bahwa tikus yang diberikan air kelapa hijau memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung. Air kelapa membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL), khususnya kolesterol yang ditemukan dalam hati. Selain itu, air kelapa juga membantu tikus pulih lebih cepat saat mereka mengalami serangan jantung. Para peneliti percaya bahwa manfaat tersebut didapat dari kandungan beberapa mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa hijau, dimana semua elektrolit tersebut berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Detoksifikasi tubuh: Tubuh kita memiliki kemampuan alami yang luar biasa dalam detoksifikasi sendiri, jika tersedia nutrisi yang dibutuhkan seperti air kelapa hijau. Kelebihan racun dalam tubuh dapat mengganggu organ hati dan ginjal sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Asupan cairan yang cukup sekitar 8-10 gelas per hari, dapat membantu mencegah dehidrasi dan mempertahankan kemampuan detoksifikasi alami tubuh.

4. Menghilangkan parasit tubuh: Campuran air kelapa hijau dan minyak zaitun disinyalir dapat menghilangkan parasit dan cacing dari usus, meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah mengenai proses ini atau kemanjuran air kelapa hijau untuk membersihkan tubuh secara umum. Sebelum menerapkan campuran tadi, ada baiknya anda pergi ke dokter untuk mengkonfirmasi apakah masalah kesehatan yang anda alami terkait dengan parasit atau tidak, hal ini dapat membantu tingkat keefektifan air kelapa hijau dalam membersihkan tubuh dari parasit tersebut.

5. Membuat anda tetap terhidrasi: Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana kandungan cairan di dalam tubuh kita berkurang. Air kelapa hijau mengandung berbagai macam mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan dan fosfor. Mineral tersebut berperan sebagai elektrolit alami yang mampu menyeimbangkan cairan tubuh dan membantu mencegah dehidrasi, menurut the Texas Department of State Health Services. Air kelapa hijau bisa dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang paska olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

6. Efek rileksasi: Beberapa elektrolit yang ditemukan dalam air kelapa hijau, khususnya kalsium dan magnesium, dapat membantu meringankan stres dan ketegangan otot. Banyak dari kita kekurangan mineral penting sehingga membuat manajemen stres menjadi lebih sulit. Selain mempertahankan kekuatan gigi dan tulang, kalsium dalam air kelapa hijau juga membantu relaksasi otot polos. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu rileksasi otot, termasuk otot jantung  sehingga akan mengurangi risiko serangan jantung.  Sedangkan magnesium telah dijuluki sebagai relaksasi mineral. Hal ini dikarenakan Fungsi utama magnesium adalah pada sistem saraf parasimpatis, bagian dari sistem saraf yang membuat kita rileks. Bukan hanya itu magnesium juga membantu pembentukan serotonin (hormon yang bertanggung jawab mengatur suasan hati).

7. Anti septik alami: Meskipun penelitian ini perlu dikaji lebih mendalam, namun ada bukti bahwa air kelapa diketahui dapat digunakan sebagai antiseptik alami dan mungkin juga berguna untuk transfusi darah saat keadaan darurat karena steril dan memiliki sifat mirip dengan plasma manusia. Selama perang dunia II berlangsung air kelapa digunakan untuk mengobati tentara yang terluka di pulau-pulau Pasifik. Hal ini mungkin tidak terlepas dari kemampuan antiseptik yang dimiliki air kelapa hijau.

8. Meningkatkan imunitas: Ada banyak nutrisi penting yang ditemukan dalam air kelapa hijau termasuk berbagai macam jenis vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kandungan nutrisinya tersebut Air kelapa hijau diyakini memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat mengurangi serangan penyakit. Sifat antiseptik yang dimiliki air kelapa hijau mungkin juga berperan besar dalam membantu pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

9. Mendukung penurunan berat badan: Mungkin manfaat air kelapa hijau tidak secara langsung terkait dengan penurunan berat badan. Tetapi sifat-sifat yang dimilikinya lah yang mendukung tubuh untuk menurunkan berat badan dengan aman. Nutrisi dalam air kelapa dapat meningkatkan kesehatan pencernaan yang merupakan bagian penting dari tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga akan mengurangi keinginan ngemil. Air kelapa juga meningkatkan metabolisme dengan dosis elektrolit yang tepat. Metabolisme yang tepat juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kestabilan berat badan.

10. Mabuk kendaraan: Saat mabuk kendaraan seseorang akan kehilangan banyak cairan tubuh sehingga akan membuat mereka lemas. Karena kandungan elektrolitnya air kelapa hijau bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh tersebut dengan aman, tidak seperti minuman energi yang memiliki efek samping. Jika cairan tubuh bisa tercukupi dari air kelapa maka energi pun bisa pulih kembali.

11. Baik untuk ibu hamil: Karena air kelapa merupakan elektrolit alami jadi sangat baik untuk wanita hamil dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka. The Institute of Medicine merekomendasikan seorang ibu hami minum sekitar 3 liter air setiap hari. Hal ini bisa dipenuhi dari air putih dan sebagiannya dari air kelapa hijau. Selain itu air kelapa hijau juga memiliki efek rileksasi yang itu sangat dibutuhkan selama kehamilan dimana wanita hamil sangat rentan terhadap stres karena perubahan hormonal.

12. Kesehatan kulit: Selain dikonsumsi, manfaat air kelapa hijau juga bisa didapat saat diterapkan langsung pada kulit. Menggunakan air kelapa untuk mencuci wajah bisa membantu anda mendapatkan kulit bersinar dan dan halus secara alami. Air kelapa juga kaya kan vitamin dan mineral penting yang bisa digunakan sebagai pelembab alami kulit. Ini bisa membantu mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab umum jerawat.

13. Kesehatan rambut: Banyak artikel yang sudah membahas mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut, tapi tahukah anda jika air kelapa hijau juga memiliki manfaat juga untuk kecantikan rambut anda? Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika air kelapa hijau merupakan sumber nutrisi penting yang bukan hanya dibutuhkan oleh bagian dalam tubuh tetapi juga bagian luar seperti rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat anda bisa menerapkan air kelapa hijau langsung ke rambut dan kulit kepala sambil memijatnya perlahan. Melakukan cara tersebut secara rutin akan meningkatkan kepadatan rambut dan memperkuat folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerusakan.

14. Penambah energi tubuh: Jika anda membutuhkan minuman energi alami, air kelapa hijau bisa menjadi pilihan sempurna. Kandungan nutrisinya yang lengkap dari vitamin dan mineral menjadikan air kelapa hijau bisa memberikan energi yang anda butuhkan. Selain itu, air kelapa juga bisa menyeimbangkan cairan tubuh yang ini juga berkontribusi besar terhadap peningkatan energi anda.

15. Keracunan makanan: Dalam beberapa kasus air kelapa bisa membantu menetralisir racun, tetapi tentunya ini hanya sebagai pertolongan pertama bukan sebagai obat utama. Seperti yang diungkap oleh Hieronymus Budi Santoso seorang penulis buku-buku teknologi tepat guna air kelapa hijau terutama yang masih muda memiliki zat tertentu yang bersifat antiracun. Selain itu karena air kelapa juga memiliki efek rehidrasi akan membantu tubuh pulih pasca keracunan.

Perhatian: Sebenarnya tidak ada efek samping berarti dari air kelapa hijau, tetapi bagi orang yang memiliki reaksi alergi kacang sebaiknya menghindari minuman ini, karena dikhawatirkan akan mengalami alergi yang sama. Selebihnya air kelapa hijau sangat baik bagi kesehatan entah itu untuk anak-anak, orang tua, ataupun ibu hamil.
loading...