5 Makanan sehat yang ternyata memiliki efek negatif

Untuk mencapai kesehatan yang optimal kita memang dituntut untuk memilih makanan yang akan kita konsumsi. Ada banyak jenis makanansehat kaya nutrisi yang bisa kita jadikan sebagai menu harian. Tetapi  ternyata tidak semua makanan sehat itu selalu memberikan manfaat bagi kesehatan, hal ini lebih sering dipicu karena kita kurang bijak dalam mengkonsumsinya atau memang makanan itu sendiri memiliki efek negatif yang disebabkan kandungan zat tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makanan sehat yang ternyata memberikan efek negatif bagi kesehatan, mari simak ulasan berikut:
Makanan sehat
Gambar: Makanan sehat

1. Ikan salmon: Salmon adalah ikan yang paling populer berkat kandungan asam lemak omega-3 nya, ikan ini menjadi sumber protein yang berkualitas tinggi karena disisi lain juga mengandung lemak baik tersebut. Tetapi sayangnya, ikan ini sering ditemukan tercemar oleh zat kimia seperti merkuri yang bisa membahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Tampaknya memang sulit untuk memilih ikan salmon yang 100% terhindari dari zat kimia ini, untuk menyiasatinya sebaiknya pilih jenis ikan salmon liar (bukan hasil budidaya) dan tidak mengkonsumsi ikan salmon lebih dari 2 kali sehari.

2. Susu: Siapa yang tidak kenal dengan manfaat susu, minuman ini sangat menyehatkan terlebih karena susu mengandung tinggi kalsium dan mineral lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi susu masuk daftar makanan atau minuman yang harus anda kurangi karena terlalu  banyak bisa menyebabkan kanker bahkan diabetes. Kita diharuskan minum dua gelas susu perhari untuk mencukupi kebutuhan kalsium, tetapi lebih dari itu kita akan mulai merasakan efek negatif darinya. Jika memungkinkan kurangi susu dan beralih ke sumber kalsium lain yang lebih sehat.

3. Daging: Untuk memenuhi kebutuhan protein daging bisa menjadi pilihan yang mudah. Sebab makanan ini memang menjadi sumber utama protein bagi tubuh. Tetapi lagi-lagi daging merah juga harus anda kurangi karena dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Mengkonsumsi daging merah berlebih berisiko  terkena penyakit kanker dan juga kardiovaskular. Hal ini bisa dicegah dengan mengurangi asupan daging merah dan beralih ke sumber protein nabati atau ikan yang sehat.

4. Yoghurt: Yoghurt adalah makanan yang mengandung tinggi probiotik sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. Tetapi di sisi lain anda juga harus waspada karena tidak semua jenis yoghurt itu menyehatkan. Yogurt konvensional biasanya menggunakan susu dari sapi yang telah diobati dengan hormon pertumbuhan serta diberikan antibiotik untuk menjaga agar mereka tidak mudah sakit, hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Belum lagi, beberapa yoghurt juga sudah mendapatkan pemanis buatan yang tentunya tidak baik bagi kesehatan.

5. Kedelai: Makanan yang terbuat dari kedelai sering dipandang sebagai pilihan sehat, seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Sebenarnya saya sangat setuju dengan pendapat ini. Tapi ada beberapa aspek makanan kedelai yang dihubungkan ke penyakit kanker payudara dan masalah-masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan pria karena kadar estrogen nya. Ini masih pro-kontra apakah kedelai benar-benar memberikan efek negatif atau tidak, yang jelas banyak penelitian telah mengungkap jika kedelai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Jika anda tidak ingin terjebak dengan pro-kontra ini sebaiknya konsumsi kedelai dalam jumlah moderat.

Sebagain dari anda mungkin kaget jika makanan di atas ternyata bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan, tetapi sekali lagi jika anda bijak dalam mengkonsumsinya dan cermat dalam memilih, maka sebenarnya makanan di atas justru banyak memberikan manfaat bagi kesehatan anda. Intinya adalah semua makanan pada dasarnya memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebih dan dalam momen yang tidak tepat. Demikian informasi yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat.
loading...