6 Manfaat memiliki berat badan ideal

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa mengontrol berat badan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi masih banyak orang yang enggan dan tidak mempedulikannya. Hal ini terbukti dari masih banyaknya orang yang kurang memperhtikan faktor-faktor penyebab kenaikan berat badan termasuk kurangnya aktivitas fisik, mengkonsumsi makanan tinggi lemak dsb. Untuk membuat anda memahami manfaat memiliki berat badan ideal berikut ulasannya:
gambar cristiano ronaldo dengan berat badan ideal
image by wikimedia.org

1. Terhindari dari penyakit jantung: Salah satu alasan kenapa harus menjaga kestabilan berat badan adalah untuk mencegah penyakit jantung. Obesitas memang dapat menempatkan sesorang pada risiko tinggi mengalami penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat menghindarkan seseorang dari penyakit tekanan darah tinggi. Data menunjukkan bahwa penurunan berat badan antara 5 sampai 10 pon dapat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

2. Lebih percaya diri: Semua orang baik itu pria maupaun wanita pasti menginginkan tubuh ideal. Karena selain lebih sehat memiliki berat badan ideal juga bisa membuat mereka lebih percaya diri dan berenergi. Belum lagi sekarang ini pria ataupun wanita lebih suka memiliki pasangan dengan tubuh ideal.

3. Mengurangi tekanan pada sendi. Sebuah studi di Arthritis & Rheumatism menemukan jika orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin mengalami osteoarthritis lutut, sedangkan setelah mereka kehilangan berat badan 10 pon akan mengurangi tekanan pada lutut sehingga akan meringankan osteoarthritis.

4. Mengurangi risiko diabetes: Data dari Diabetes Prevention Program yang dipimpin CDC menunjukkan bahwa penurunan berat badan sekitar 14 pon  dapat menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2 sebesar 58 persen. Mengurangi berat badan juga bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit lain termasuk kanker dan arthritis.

5. Mengurangi rematik: Hasil dari sebuah studi pada tahun 2010 lalu di University of Paris yang dipublikasikan dalam Annals of Rheumatic Disease mengindikasikan bahwa penurunan berat badan dapat mengurangi rasa sakit, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lemak merupakan jaringan aktif yang menciptakan dan melepaskan bahan kimia pro-inflamasi. Para penulis penelitian berjudul Effects of Exercise and Physical Activity on Knee Osteoarthritis mencatat bahwa olahraga yang berguna menurunkan berat badan dapat membantu mengelola dan mengurangi rasa sakit akibat gejala arthritis.

6. Mempermudah pernapasan: Rena Wing, PhD, profesor psikiatri dan perilaku manusia di Brown University Alpert Medical School dan direktur the Weight Control and Diabetes Research Center di Rumah Sakit Miriam di Providence, RI, mengatakan bahwa memiliki 10 persen berat badan berlebih dari berat tubuh seseorang telah terbukti mengarah pada sleep apnea (jeda nafas saat tidur yang terjadi ketika saluran nafas tertutup sehingga membuat udara terhalang mencapai paru-paru). Temuan dalam laporan dari American Heart Association juga mencatat bahwa mengurangi obesitas adalah cara utama untuk mencegah sleep apnea.

Tentunya selain di atas masih banyak lagi keuntungan memiliki berat badan ideal yang tidak bisa satu-persatu penulis ulas dalam artikel ini. Tetapi setidaknya beberapa poin di atas sudah cukup untuk membuat kita memahami pentingnya menjaga kestabilan berat badan. 
loading...