7 manfaat telur puyuh dan efek sampingnya

Telur puyuh merupakan salah satu makanan yang cukup populer diberbagai negara termasuk Eropa, Amerika, India dan Meksiko. Dalam masakan Jepang, Telur puyuh kadang-kadang disajikan dalam bentuk setengah matang atau mentah dimasak seperti sushi tamago yang dihidangkan pada makan siang. Di Indonesia sendiri telur puyuh juga cukup digemari masyarakat terutama anak-anak, selain rasanya yang lezat telur puyuh juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, berikut beberapa diantaranya:
gambar telur puyuh
image by flickr.com telur puyuh

1. Meningkatkan penglihatan: Kandungan vitamin A dalam telur puyuh cukup mengesankan yang itu artinya denga mengkonsumsi makanan ini bisa membantu anda menjaga kesehatan mata. Aktivitas antioksidan vitamin A juga dapat mengurangi degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak.

2. Sumber protein: Tidak beda jauh dengan telur ayam, telur puyuh juga merupakan makanan sumber protein yang tentunya sangat baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan dimana mereka membutuhkan lebih banyak nutrisi terutama protein. Protein dipecah menjadi komponen penyusun sel-sel baru, jaringan otot, tulang, dan pembuluh darah. Jadi pertumbuhan dan perkembangan anak bisa dimaksimalkan dengan mencukupi kebutuhan protein.

3. Mengurangi Tekanan Darah: Ada sejumlah mineral penting yang ditemukan dalam telur puyuh, dan kalium adalah salah satu diantaranya. Meskipun manfaat telur puyuh untuk mengurangi hipertensi masih perlu dilakukan penelitian lebih mendalam, kehadiran kalium dalam makanan ini bisa menjadi sinyal positif jika telur puyuh bisa dijadikan salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi. Kalium sendiri adalah mineral penting yang bermanfaat menstabilkan tekanan darah.

4. Membersihkan Tubuh: Melakukan detoksifikasi tubuh adalah hal penting yang perlu dilakukan, mengingat banyak sekali racun dan logam berat yang setiap hari kita masukkan ke dalam tubuh kita, entah melalui makanan atau udara. Meskipun telur puyuh tidak dikenal sebagai makanan untuk detoksifikasi tubuh, Penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan telur puyuh ke dalam menu harian dapat membantu mengurangi racun di aliran darah, sebagai bantuan untuk mengurangi ukuran batu kandung kemih dan batu ginjal.

5. Mencegah Penyakit Kronis: Antioksidan adalah komponen penting dari kesehatan manusia, karena kita terus-menerus berjuang melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Telur puyuh memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A, yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan.

6. Meningkatkan Metabolisme: Berbagai macam kelompok vitamin B yang ditemukan dalam telur puyuh mengakibatkan aktivitas metabolisme mendorong seluruh boxy, termasuk hormon dan fungsi enzimatik. Jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi telur kecil ini.

7. Dorongan energi: Dari pada hanya mengandalkan minuman berenergi, lebih baik mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi nutrisi yang penuh dengan energi seperti halnya telur puyuh. Ada banyak mineral dan mikro ditemukan di telur kecil ini yang berguna memberikan dorongan energi kepada anda. Belum lagi telur puyuh juga sumber protein dengan menyediakan hampir 6 gram per porsi, membuat telur ini sangat baik untuk meningkatkan energi anda.

Meskipun telur puyuh memiliki banyak manfaat, tetapi di sisi lain juga memberikan efek negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih. Pasalnya telur puyuh memiliki kuning telur lebih besar dibandingkan telur pada umumnya, selain memberikan protein, kuning telur juga mengandung sejumlah kolesterol sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Bagi anda yang memiliki kandungan kolesterol tinggi sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan ini.
loading...