8 Manfaat buah kesemek dan kandungan nutrisinya

Kesemek mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti lemak dan protein. Meskipun lemak sering dianggap merugikan bagi kesehatan, tetapi jika dipenuhi dalam jumlah yang cukup justru akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam buah kesemek dengan berat 3,5 ons memiliki sekitar 33,5 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak dan 0,8 gram protein. Karbohidrat, lemak dan protein sangat penting untuk memainkan banyak fungsi berbeda di dalam tubuh. Karbohidrat adalah sumber utama energi, yang digunakan sebagai bahan bakar dan fungsi fisiologis serta aktivitas fisik. Sedangkan lemak membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan memberikan bantalan untuk organ tubuh Anda. Protein digunakan untuk membuat hormon dan enzim serta perbaikan jaringan termasuk otot.
buah kesemek
image by wikimedia.org, buah kesemek

Kesemek menyediakan berbagai macam vitamin termasuk vitamin A, dengan masing-masing buah mengandung hingga 2.733 IU, atau 55 persen dari kebutuhan vitamin A harian anda, vitamin ini penting untuk kesehatan mata, fungsi kekebalan tubuh dan pembelahan sel. Setiap buah kesemek juga mengandung 12,6 miligram vitamin C, atau 21 persen dari kebutuhan vitamin C harian; 0,17 miligram vitamin B-6, atau 8 persen dari DV; dan mengandung sebagian kecil asam folat, vitamin E dan K.

Meskipun buah bukan sumber utama mineral, tetapi buah cukup diperhitungkan karena mereka mampu mencukupi kebutuhan mineral yang beragam. Dalam setiap buah kesemek mengandung setidaknya 270 miligram kalium, atau 8 persen dari DV, serta sebagian kecil zat besi, fosfor, kalsium dan magnesium. Kalium membantu mengontrol tekanan darah Anda dan terlibat dalam pencernaan, fungsi saraf dan otot.

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah: Buah kesemek mengandung sejumlah kalium yang merupakan mineral penting untuk menjaga kestabilan tekanana darah. Pasien dengan hipertensi akan sangat terbantu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti halnya buah kesemek. Tekanan darah yang stabil akan mengurangi ketegangan di sistem kardiovaskular anda, sehingga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah diabetes:  Meskipun buah umumnya mengandung gula, tetapi mereka adalah sumber serat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Kandungan serat dalam buah ini juga bisa membuat kenyang lebih lama sehingga mereka dengan diabetes tidak akan membutuhkan lebih banyak karbohidrat olahan.

3. Sistem imun: Buah adalah sumber utama vitamin dan mineral penting. Kesemek memiliki kandungan vitamin C yang memainkan peran penting untuk menjaga kekuatan sistem imun. Jika sistem imun tubuh kuat, maka kemungkinan anda terkena berbagai macam penyakit akibat virus sangat kecil.

4. Produksi darah: Selain kalium, buah kesemek juga mengandung tembaga yang bermanfaat menciptakan hemoglobin. Nutrisi ini juga sangat penting untuk penyerapan nutrisi dalam membuat hemoglobin tambahan. Dengan tercukupinya kebutuhan sel darah merah akan membantu meningkatkan fungsi kognitif otak, otot, metabolisme, dan respon tubuh rterhadap luka.

5. Melawan kanker: Manfaat buah kesemek untuk mencegah kanker disebabkan karena aktivitas antioksidan yang dimilikinya. Kandungan vitamin C dan A dalam buah kesemek menjadi indikasi kuat bahwa buah ini mampu mencegah penyakit kanker. Pasalnya, keduanya merupakan antioksidan kuat yang bertanggung jawab mengurangi kerusakan akibat oksidasi radikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker. Belum lagi, kehadiran Asam betulinic juga memperkaya sifat anti-kanker pada buah ini.

6. Aktivitas metabolik: Buah kesemek mengandung berbagai macam vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, dan tiamin, yang kesemuanya merupakan bagian penting dari berbagai proses enzimatik dan fungsi metabolisme tubuh. Jadi, dengan mencukupi kebutuhan kesemua nutrisi tersebut dari buah kesemek akan membantu anda meningkatkan energi, fungsi otot, sistem pencernaan, dan kekebalan tubuh.

7. Kesehatan mata: Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa mencukupi kebutuhan vitamin A merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin  A berguna melindungi mata dari kerusakan sekaligus meningkatkan penglihatan terutama di malam hari. Selain itu, Senyawa dalam buah kesemek yang disebut Zeaxanthin secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena perilakunya sebagai zat antioksidan. Penyakit mata seperti katarak bisa diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan.

8. Untuk diet sehat: Diet sehat selalu diawali dengan buah dan sayur karena keduanya dinilai mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi pelaku diet. Selain itu, kebanyakan jenis buah juga memiliki rendah kalori yang tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai buah untuk diet sehat adalah buah kesemek. Buah ini mengandung tinggi serat dan dan vitamin penting. Serat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah perut buncit.
loading...