8 Manfaat mengagumkan daun jambu biji

Pohon jambu biji bisa tumbuh di seluruh kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, Karibia dan beberapa negara Asia Termasuk Indonesia. Selain buahnya daun jambu biji ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk obat dan pencegahan penyakit. Daun jambu biji diperkaya dengan antioksidan, agen antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin yang kesemuanya sangat menguntungkan bagi kesehatan. untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat daun jambu biji, mari simak ulasan berikut:
daun jambu biji
image by pixabay.com, daun jambu biji

1. Mengobati diare: Manfaat daun jambu biji yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu karena jambu biji sering digunakan sebagai bahan utama obat diare. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam the Journal of Smooth Muscle Research, peneliti berusaha menguji sifat antidiare yang dimiliki daun jambu biji pada tikus. Dalam penelitian tersebut para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu mengurangi frekuensi buang air besar, dan meringankan diare pada tikus.

2. Mencegah diabetes: Manfaat daun jambu biji yang mengagumkan datang dari kemampuannya mencegah salah satu penyakit serius yaitu diabetes. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal Nutrition and Metabolism Para penulis penelitian menggunakan teh daun jambu biji, yang telah disetujui sebagai salah satu makanan kesehatan yang sekarang tersedia secara komersial di Jepang. Dr. Revathi Sundaramurthy, seorang dokter untuk iCliniq.com, mendukung penggunaan daun jambu biji untuk penderita diabetes.

3. Kesehatan sistem kardiovaskular: Penggunaan daun jambu biji sebagai makanan atau minuman mungkin kurang begitu umum di Indonesia, tetapi beberapa negara mulai bereksperimen dalam membuat minuman dengan daun jambu biji karena dianggap memiliki manfaat yang mumpuni bagi kesehatan. Salah satunya teh dari daun jambu biji. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology Daun jambu biji memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan mengontrol denyut jantung.

4. Mencegah kanker: Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan di Dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja di segala usia. Gaya hidup kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan atau minuman berpengawet, merokok, dan juga polusi udara menjadi beberapa penyebabnya. Meskipun penyakit ini mematikan tetapi ada banyak tumbuhan yang ternyata dapat mencegah penyakit kanker seperti halnya daun jambu biji. Penelitian menemukan jika minyak daun jambu biji telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker. Selain daunnya jambu biji sendiri juga mengandung tinggi antioksidan yang juga bisa mencegah penyakit kanker.

5. Menurunkan kolesterol:  Mengkonsumsi daun jambu biji secara teratur dalam bentuk teh atau lainnya dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida tanpa efek samping, menurut hasil sebuah studi dari Nutrition and Metabolism pada tahun 2010 lalu. Buah jambu juga cukup efektif dalam menurunkan kolesterol karena buah ini sangat tinggi serat dan hanya memiliki 0,2 gram lemak jenuh, menurut USDA.

6. Menurunkan berat badan: Daun jambu biji memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat menghambat pati yang kompleks dari konversi menjadi gula. Biasanya, gula dimetabolisme oleh hati di mana hal ini akan berubah menjadi lemak, dan kemudian disekresikan ke dalam darah. Hal ini lah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan.

7. Kesehatan kulit: Jerawat dan flek hitam sangat mengganggu penampilan kulit sehingga perlu dihilangkan. Daun jambu biji bisa dijadikan sebagai obat yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam di kulit wajah karena  mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

8. Mengatasi rambut rontok: Daun jambu biji menawarkan bantuan yang menakjubkan untuk melawan rambut rontok. Saat diterapkan lasngsung di kullit kepala daun jambu biji bisa menghentikan kerontokan rambut. Carnya: Rebus daun jambu biji dan biarkan dingin pada suhu kamar. Pijatkan secara perlahan ke kulit kepala mengurangi rambut rontok.
loading...