Friday, March 18, 2016

9 makanan untuk mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi umumnya dialami oleh orang lanjut usai atau sekitar 40 sampai 50 tahun ke atas. Tetapi Menurut survei The Centers for Disease Control and Prevention AS, 30% dari orang dewasa di atas 18 dilaporkan mengalami nyeri sendi.

Meskipun ada banyak penyebab, nyeri sendi sering merupakan hasil dari arthritis, istilah umum yang mencakup lebih dari 100 kondisi yang menyebabkan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan. Sedangkan pada usia muda nyeri sendi sering didapat akibat cedera olahraga, seperti robek ligamen.
makanan untuk nyeri sendi
Gambar: makanan untuk nyeri sendi

Ada jenis Obat-obatan tertentu yang dapat memperlambat perkembangan kerusakan sendi dan peradangan yang umumnya diresepkan untuk mengurangi rasa sakit. Namun, para peneliti telah menemukan bahwa makanan tertentu ternyata secara alami memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa makanan tersebut diantaranya:

1. Minyak zaitun: Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai obat tradisional di berbagai peradaban Kuno. Minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri sendi karena mengandung lubricin. Lubricin adalah protein yang berguna meningkatkan kemampuan cairan sinovial untuk melindungi tulang rawan di sekitarnya dan berfungsi sebagai pelumas alami. Pastikan untuk memilih minyak zaitun extra virgin karena memiliki kualitas terbaik.

2. Ikan salmon: Jika minyak zaitun meringankan nyeri sendi dengan memberikan pelumas alami. Ikan salmon membantu dengan cara meningkatkan kepadatan tulang. Ikan salmon merupakan makanan sumber kalsium dan vitamin D sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang anda. Ikan yang memiliki daging merah muda ini juga dikenal kaya akan asam lemak omega-3 yang penting sebagai agen anti-inflamasi.

3. Paprika merah: Salah satu nutrisi yang tidak boleh anda lupakan untuk mengurangi nyeri sendi adalah vitamin C. Vitamin jenis ini digunakan oleh tubuh untuk membuat kolagen. Jika anda berfikir kalau kolagen hanya untuk kecantikan kulit maka anda salah. Pasalnya kolagen juga diperlukan untuk membentuk tendon, ligamen, dan tulang rawan. Sehingga dengan menambahkan makanan kaya vitamin C seperti paprika merah akan membantu anda terhindar dari masalah nyeri sendi.

4. Buah ceri: Manfaat buah ceri sangat banyak sekali untuk pencegahan penyakit termasuk mengurangi risiko Osteoarthritis. Penelitian menunjukkan jika rutin mengkonsumsi buah ceri dapat mengurangi rsa nyeri yang diakibatkan oleh Osteoarthritis. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang disebut anthocyanin dalam buah ceri. Senyawa inilah yang bertanggung jawab dalam membuat warna sehingga buah ceri memiliki warna merah. Senyawa ini juga ditemukan dalam beberapa buah termasuk blueberry dan buah delima. Anthocyanin memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga sangat baik untuk membantu meringankan gejala nyeri sendi yang disebabkan oleh cedera atau arthritis.

5. Sayur kale: Kale adalah sayuran yang memiliki warna hijau, itu artinya sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. Kale memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk meringankan nyeri sendi anda termasuk kalsium dan Vitamin C. Keduanya sudah sama-sama kita ketahui dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Belum lagi, kale juga merupakan sumber antioksidan penting sehingga bisa memberikan perlindungan tambahan.

6. Kedelai: Tubuh selalu berusaha untuk mempertahankan cairan sinovial pada tingkat normal. Namun saat anda terluka maka tingkat cairan akan turun. Kedelai adalah makanan sehat untuk sendi karena mengandung estrogen, yang pada gilirannya mempengaruhi produksi asam hyaluronic satu komponen kunci dari cairan sinovial.

7. Buah apel: Apel merupakan makanan penting bagi kesehatan sendi karena dua alasan utama. Yang pertama apel adalah sumber quercetin, antioksidan penting yang juga digunakan dalam pembentukan kolagen. Apel merah memiliki kadar quercetin yang lebih tinggi dibandingkan apel hijau. Mengkonsumsi apel bersama dengan kulitnya bisa membantu anda mendapatkan nutrisi tambahan. Alasan kedua adalah apel merupakan sumber magnesium, salah satu nutrisi yang mampu mempromosikan pembentukan asam hyaluronic.

8. Bawang putih: Untuk melindungi sendi, anda juga bisa menggunakan bawang putih karena mereka memiliki senyawa organosulfur di dalamnya. Untuk memproduksi kolagen juga membutuhkan sejumlah besar sulfur; sehingga meningkatkan asupan bawang putih juga bisa menjadi cara untuk meringankan nyeri sendi anda.

9. Telur: Telur membantu menghasilkan kulit tulang rawan yang mengelilingi cairan sehingga dapat meringankan nyeri sendi. Selain itu telur juga mengandung sejumlah omega-3, yang juga bisa memberikan perlindungan kepada sendi anda. Perlu diingat jika telur juga mengandung kolesterol sehingga anda harus menjaga asupan makanan ini.
loading...