Wednesday, March 16, 2016

9 Manfaat senam pilates bagi kesehatan tubuh dan mental

Pilates adalah suatu latihan kebugaran yang sangat populer karena memberikan latihan unik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan kekuatan tulang dan otot, keseimbangan, postur, konsentrasi, daya tahan, serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

Mengenal senam pilates

Senam pilates Awalnya dikembangkan oleh Joseph Pilates dipengaruhi oleh budaya Timur dengan pendekatan kesehatan dari Barat. Pilates adalah sistem yang menggabungkan banyak dari jenis olahraga dengan fokus untuk memperkuat hubungan antara pikiran dan tubuh. Ide sentral dari filsafat latihan ini adalah hubungan antara tubuh dan pikiran. Latihan-latihan ini sering  menggunakan beberapa peralatan seperti matras, Bola resistensi, dan bagi anda yang ingin latihan di rumah bisa menggunakan DVD sebagai panduan. Khusus untuk ibu hamil sebaiknya langsung datang ke praktisi pilates yang profesional untuk menghindari salah gerakan.

gerakan senam pilates
image by wikipedia.org, senam pilates

Manfaat senam pilates

1. Meningkatkan kelenturan tubuh: Ini adalah salah satu alasan kuat kenapa senam pilates disukai kalangan wanita. Gerakan terkontrol yang menjadi ciri khas senam Pilates dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Rutin melakukan senam pilates akan membuat otot-otot tubuh dapat beradaptasi sehingga dapat meregangkan otot-otot yang pada gilirannya akan meningkatkan jangkauan gerak di sendi.

2. Meningkatkan fungsi kognitif: Istilah lain untuk pola latihan Pilates adalah "gerakan sadar", gerakan terfokus ini dapat meningkatkan retensi memori dan kinerja kognitif. Studi kognitif yang dilakukan setelah gerakan jenis olahraga sadar seperti pilates dapat membantu meningkatkan fungsi otak lebih baik dari pada latihan aerobik.

3. Meringankan stres: Gerakan dalam pilates membutuhkan fokus dan konsentrasi sehingga akan membantu anda menjadi lebih rileks. Selain itu gerakan terstruktur tersebut juga dapat membantu detoksifikasi tubuh dan mengembalikan keseimbangan kadar hormon stres. Ini adalah salah satu kunci penting untuk mengatasi stres.

4. Meningkatkan kesehatan pernapasan: Pilates merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan anda. Hal ini diyakini dapat membantu membersihkan paru-paru dari polusi. Latihan pernapasan dalam senam pilates sangat penting untuk meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga sangat baik bagi penderita asma.

5. Menyeimbangkan kekuatan otot: Desain unik dari latihan Pilates membutuhkan praktisi untuk menggunakan seluruh tubuh mereka dengan cara simetris. Tidak seperti latihan otot pada umumnya, yang sering mengekspos kekuatan bagian tubuh tertentu saja. Pilates adalah latihan yang menggunakan banyak bagian tubuh sehingga membuat kekuatan otot-otot tubuh terbangun dengan konsisten.

6. Menurunkan berat badan: Anda jangan salah, meskipun gerakan senam pilates terlihat lembut, tetapi gerakan dalam senam pilates cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Pilates secara langsung dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh pada tingkat optimal.

7. Keseimbangan tubuh: Bagian tubuh yang banyak mendapatkan latihan dalam senam pilates adalah perut, punggung, dan panggul. Selain berguna membakar lemak pada bagian ini, latihan pilates juga akan membantu kekuatan otot panggul sekaligus kekuatan punggung.  Hal ini akan sangat berguna dalam menjaga keseimbangan tubuh.

8. Mengurangi nyeri punggung: Nyeri punggung sebagian besar dihasilkan dari postur tubuh yang salah dan gaya hidup tidak sehat. Seperti yang sudah kita ketahui jika senam pilates sangat membantu keseimbangan otot sehingga sangat baik untuk meringankan gejala nyeri anda. Pilates juga membentangkan otot-otot yang akan membantu kekuatan punggung. Menjaga keseimbangan adalah faktor utama untuk meringankan sakit punggung.

9. Cocok untuk ibu hamil: Pilates merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Pilates melatih tubuh menjadi lebih kuat, fleksibel dan seimbang yang pada gilirannya akan membantu mengatasi nyeri punggung saat hamil. Serangkaian gerakan dalam senam pilates membantu meningkatkan kekuatan dan koordinasi. Latihan pernapasan dan relaksasi juga sangat penting dalam mengendalikan stres yang sering dialami oleh ibu hamil.
loading...