Kandungan nutrisi dan manfaat kacang pinto

Kacang pinto atau bisa juga disebut kacang berbintik adalah salah satu makanan yang sering dijumpai pada masakan di negara Meksiko. Kacang pinto secara ilmiah disebut vulgaris Phaseolus. Umumnya kacang pinto memiliki dasar warna krem, dengan bercak cokelat kemerahan. Saat direbus warna cokelat kemerahan ini akan hilang dan berubah menjadi pink. Kacang pinto bisa dijadikan camilan sehat pengganti kue manis karena sangat padat akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan protein nabati. Beberapa manfaat kacang pinto diantaranya:

image by public-domain-image.com, kacang pinto

1. Menurunkan kolesterol: Kacang adalah makanan sehat untuk jantung karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat juga dapat menghindarkan anda dari segala macam masalah pencernaan.

2. Sumber protein nabati: Mengimbangi sumber protein dari produk hewan ke protein nabati dapat menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan sumber protein nabati umumnya lebih rendah lemak sehingga tidak akan menimbulkan masalah kesehatan lain. Sekitar 1/2 cangkir kacang pinto menyediakan hingga 7 gram protein, jumlah yang sama seperti dalam 1 ons ayam, daging atau ikan.

3. Mengontrol berat badan: Kacang-kacangan adalah jenis karbohidrat kompleks sehingga akan dicerna secara bertahap oleh tubuh kita. Hal ini akan membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi kebiasaan ngemil. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tentunya akan terbantu dengan mengkonsumsi kacang pinto.

4. Tinggi serat: Salah satu nutrisi yang membuat manfaat kacang pinto mengesankan adalah serat. Seorang wanita dewasa harus mengkonsumsi setidaknya 21 sampai 25 gram serat setiap hari, sedangkan laki-laki harus mendapatkan antara 30 sampai 38 gram serat setiap hari. Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan yang akan membuat buang air besar lebih teratur, sehingga dapat mencegah risiko sembelit. Mencukupi kebutuhan serat dari kacang pinto juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Dalam 1 cangkir kacang pinto rebus mengandung sekitar 15 gram serat.

5. Mencegah penyakit jantung: Kacang pinto dapat meningkatkan sistem kardiovaskular anda karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Kacang pinto membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung tinggi asam folat, magnesium dan kalium. Magnesium bermanfaat meningkatkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sedangkan kalium adalah mineral yang diperlukan untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Folat membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah. Peningkatan kadar homosistein menjadi salah satu faktor peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Proses pengalengan dapat mengurangi beberapa nutrisi yang terdapat dalam kacang pinto. Kacang pinto kaleng mengalami penurunan tingkat zat besi, magnesium dan kalium. Mereka juga memiliki empat kali lebih sedikit tiamin dan riboflavin dibandingkan kacang pinto rebus. Selain itu, kacang pinto kaleng juga memiliki kandungan asam folat tujuh kali lebih sedikit dibandingkan kacang pinto rebus. Di sisi lain, kebanyakan produk yang sudah dikalengkan seperti kacang pinto juga mengandung natrium lebih tinggi. Natrium harus dikurangi bagi mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami hipertensi, bahkan bagi anda yang sehat juga harus menjaga asupan natrium.
loading...