Kandungan nutrisi dan manfaat ikan barramundi (kakap putih)

Barramundi atau ikan kakap putih merupakan spesies ikan catadrom dalam keluarga Latidae Perciformes. Spesies ini didistribusikan secara luas di wilayah Indo-Pasifik Barat dari Teluk Persia, melalui Asia Tenggara ke Papua Nugini dan Australia Utara. Ikan barramundi menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya berupan mineral, protein dan asam lemak omega-3. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat ikan ini, berikut ulasannya:

ikan barramundi (kakap putih)
image by wikimedia.org ikan barramundi (kakap putih)

1. Mencegah Kanker. Kanker adalah penyakit mematikan yang menyerang sel-sel normal. Penyakit ini sulit diobati, kalaupun bisa para penderita kanker harus melalui proses terapi yang panjang, kadang memberikan efek samping seperti halnya kemoterapi. Tetapi ada banyak makanan yang bisa membantu anda terhindar dari penyakit ini salah satunya datang dari ikan barramundi. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sering dianggap sebagai jenis lemak baik. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga telah diketahui dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

2. Sumber protein. The Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa untuk mencapai keseimbangan nutrisi rata-rata wanita dewasa membutuhkan setidaknya 46 gram protein per hari, sementara pria harus memenuhi sekitar 56 gram. Ikan barramundi mengandung sekitar 35 gram protein dalam 6 ons. Jumlah tersebut memenuhi 76 persen dari kebutuhan protein wanita dan 62 persen kebutuhan protein pria.

3. Meningkatkan kesehatan Jantung. Seperti yang sudah kita ketahui jika ikan barramundi adalah sumber omega-3 sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Keseimbangan antara omega-3 dan asam lemak omega-6 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi kardiovaskular. Ikan barramundi memiliki rasio 1: 1 antara kandungan asam lemak omega-3 dan 6, jadi bisa dikatakan ikan ini memenuhi kebutuhan kedua nutrisi tersebut secara seimbang. Keseimbangan keduanya sangat penting untuk menjaga kolesterol tetap terkontrol sehingga mencegah aterosklerosis dan komplikasi lainnya, seperti obesitas dan penyakit jantung koroner.

4. Memperkuat Tulang. Seperti banyak spesies ikan laut lainnya, barramundi mengandung banyak mineral penting seperti selenium, seng, kalsium, dan magnesium yang diperlukan tubuh untuk memproduksi dan melindungi tulang. Berkuranganya tingkat kepadatan mineral tulang merupakan masalah besar bagi banyak lansia di seluruh Dunia tidak terkecuali di Indonesia. Cara untuk mencegah masalah ini adalah dengan memenuhi kebutuhan mineral dari makanan yang kita konsumsi.

5. Meningkatkan pertumbuhan. Protein sering dianggap sebagai blog bangunan utama tubuh yang membentuk jaringan otot. Sumber utama protein adalah daging merah dan beberapa jenis ikan termasuk barramundi. Selama masa pertumbuhan anak-anak sangat membutuhkan asupan protein dari makanan.

6. Meningkatkan fungsi otak. Barramundi adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi otak. Mengkonsumsi setidaknya 2 kali seminggu ikan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi otak harian anda.

7. Menjaga kesehatan mata. Mata adalah organ vital yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Untuk menjaga kesehatan mata kita membutuhkan asupan vitamin A yang cukup. Vitamin A umumnya ditemukan dari buah dan sayur. Tetapi beberapa jenis ikan seperti barramundi juga menyediakan vitamin A yang bermanfaat mencegah degenerasi makula.
loading...