Makanan yang menyebabkan pengeroposan tulang (osteoporosis)

Pengeroposan tulang atau osteoporosis sangat erat kaitannya dengan kurangnya asupan kalsium. Tetapi itu bukan masalah utama karena ada banyak faktor yang mempengaruhi osteoporosis tersebut seperti kurangnya aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan tertentu yang ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang.
Makanan yang menyebabkan pengeroposan tulang
Gambar: makanan yang menyebabkan pengeroposan tulang

1. Makanan terlalu tinggi garam: Makanan yang lebih banyak mengandung garam dan bumbu asin, lebih banyak mengikis kandungan kalsium dalam tulang kita, mengapa? Menurut juru bicara the National Osteoporosis Foundation’s Generations of Strength campaign Garam diketahui dapat menyebabkan ekskresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal. Untuk menjaga kesehatan tulang Dr. Cosman merekomendasikan untuk membatasi asupan garam dan meningkatkan kebutuhan kalsium hingga mencukupi sekitar 1.200 miligram kalsium setiap harinya. The American Heart Association menyarankan untuk tidak mengkonsumsi garam lebih dari 1.500 miligram perhari.

2. Gula berlebih: Shawn Smith, RD, LDN, Direktur program gizi di Old Colony Elder Services in Massachusetts Mengatakan Kelebihan gula akan mengakibatkan terhambatnya penyerapan kalsium dan tingkat fosfor di dalam tubuh kita, padahal kita tahu bahwa mineral ini sangat penting dalam memfasilitasi penyerapan kalsium. Jika ingin mendapatkan kebutuhan gula untuk mengisi energi, sebaiknya anda memilih buah yang secara alami mengandung gula dengan porsi tepat. Belum lagi, buah juga merupkan sumber antioksidan penting yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tulang anda juga.

3. Softdrink: Minuman bersoda memang sangat tidak baik untuk kesehatan tulang anda, selain mengandung tinggi gula softdrink juga memiliki kandungan asam fosfat yang bisa menghambat penyerapan kalsium. Selain itu, minuman bersoda juga sangat rendah nutrisi sehingga anda harus benar-benar membatasi minuman ini.

4. Makanan atau minuman berkafein: Kafein adalah salah satu zat yang sebagian kecil sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi jika anda tidak membatasi asupan kafein ini maka yang terjadi justru akan membahayakan kesehatan tulang anda. Mengkonsumsi 100 miligram kafein akan mengurangi hingga 6 miligram kalsium dalam tulang anda. Dan ketika itu dikombinasikan dengan gula, kafein memiliki efek jauh merugikan pada kesehatan tulang. Jadi untuk mencegah pengeroposan tulang, sebaiknya hindari makanan atau minuman seperti softdrink, kopi, dan produk cokelat secara berlebih.

5. Alkohol: Ini adalah salah satu minuman yang harus anda jauhi dengn alasan apapun. Minuman beralkohol selain diharamkan oleh Islam juga berkontribusi besar dalam pengeroposan tulang. Untuk kesehatan tulang yang optimal dan pencegahan osteoporosis sebaiknya hindari minuman seperti ini.

6. Daging dan telur: Ini masih kontroversi apakah daging dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau tidak. Pasalnya kita tahu jika keduanya merupakan makanan untuk menguatkan tulang karena mengandung tinggi mineral penting yang dibutuhkan tulang, tapi di sisi lain daging merupakan makanan pembentuk asam yang bisa membawa keluar kalsium melalui urin.

Daging dan telur merupakan sumber asam amino yang mengandung sulfur (dua sampai lima kali lebih banyak dibandingkan biji-bijian dan kacang-kacangan) yang dimetabolisme menjadi asam sulfat. Asam sulfat ini merupakan senyawa yang menjadi musuh kalsium. Jadi kesimpulannya  setiap kali kita makan daging, tubuh kita akan menarik kalsium dari tulang kita, sedikit demi sedikit, dan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan osteoporosis. Berdasarkan 26 penelitian, untuk setiap 40 gram protein yang kita konsumsi kita akan mengurangi hingga 50 mg kalsium.

Tetapi jika kita benar-benar memperhatikan penelitian yang dilakukan pada asupan protein dan kesehatan tulang, justru kita akan melihat efek sebaliknya, bahwa protein justru sangat baik untuk kepadatan tulang. Jadi bagaimana logika ini bisa berjalan secara bersamaan?
Apa yang tampaknya terjadi adalah bahwa konsumsi protein mampu meningkatkan penyerapan kalsium, dari sekitar 19% hingga 26%. Hal ini akan berisiko pada kesehatan ginjal, untuk itu  protein juga akan membuang kalsium berlebihan ini dari tubuh. Jadi kesimpulannya protein membantu penyerapan kalsium tetapi juga megurangi kelebihan kalsium. Jadi sudah jelas jika makanan seperti daging tidak akan memicu pengeroposan tulang. Meskipun demikian menjaga asupan produk hewani tetap sangat penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular anda.

Untuk menjaga kepadatan tulang kita sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium dan vitamin D, dimana keduanya merupakan nutrisi penting untuk tulang kita.
loading...