Manfaat magnesium untuk penderita hipertensi

Mencukupi kebutuhan magnesium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita karena mineral ini memiliki peran penting untuk banyak fungsi tubuh. Salah satu diantara manfaat magnesium yang baru-baru ini diketahui adalah kemampuannya dalam mengontrol tekanan darah.

Pada umumnya magnesium bukanlah mineral yang populer seperti halnya zat besi dan kalsium sehingga banyak orang yang kurang memperhatikan mineral ini. Tetapi kenyataannya banyak dari kita ternyata mengalami kekurangan mineral penting ini karena makanan yang menjadi sumber magnesium, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita. Untuk mencapai keseimbangan nutrisi seorang wanita direkomendasikan mencukupi setidaknya 320 mg magnesium setiap hari dan laki-laki 420 mg.
kacang sumber magnesium
Image by pixabay.com, kacang sumber magnesium

Magnesium memiliki manfaat yang sangat luas untuk kesehatan kita termasuk membantu menyeimbangkan kadar gula, nyeri otot, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, salah satu manfaat kesehatan terbesar dari magnesium yang kurang banyak diketahui orang adalah kemampuannya dalam membantu mengontrol sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian mengenai manfaat magnesium untuk hipertensi

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa magnesium dapat memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah. Dalam sebuah studi, 155 orang diberikan 300 mg magnesium elemental atau plasebo selama 12 minggu.

Pada akhir penelitian tersebut, muncul bahwa magnesium memiliki efek penting pada tingkat tekanan darah, dan ketika peneliti berfokus pada orang-orang dengan hipertensi, mereka menemukan bahwa magnesium secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah baik sistolik dan diastolik. Sedangkan bagi orang yang sudah memiliki tingkat tekanan darah normal, tidak ada efek signifikan.

Studi-studi lain juga telah menemukan hasil yang tidak jauh berbeda. Sebuah meta-analisis dari penelitian yang tersedia di magnesium dan tekanan darah menemukan bahwa mengambil 370 mg magnesium setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik tiga sampai empat poin dan tekanan darah diastolik dua sampai tiga poin.

Untuk seseorang yang memiliki tekanan darah sedikit lebih tinggi, suplemen magnesium dapat membantu mengembalikan tekanan darah mereka ke kisaran normal, dan untuk orang dengan tekanan darah meningkat secara signifikan, sehingga mencukupi kebutuhan magnesium bisa membantu meringankan hipertensi.

Penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa efek mengejutkan yaitu kesamaan antara magnesium dan obat tekanan darah tinggi. Mengapa mineral seperti magnesium dapat memiliki efek besar pada tekanan darah dan kesehatan jantung?

Salah satu alasan utama adalah sesuatu yang disebut vasodilatasi. Ketika pembuluh darah yang ketat atau sempit, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan mendorongnya melalui pembuluh, sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Vasodilator melonggarkan dan memperlebar pembuluh darah, yang meningkatkan aliran darah dan membantu jantung beristirahat.

Magnesium digunakan oleh tubuh untuk membuat vasodilator kuat yang disebut prostaglandin E1. Namun, magnesium memiliki manfaat menurunkan tekanan darah juga karena memiliki kemampuan untuk mengatur mineral lain dalam sel. Jika Anda bertanya mineral apa yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi? jawabannya adalah bahwa ada beberapa kemungkinan seperti kalium, kalsium, dan sodium, misalnya, semua dapat berdampak pada tekanan darah tinggi. Ketika mineral ini tidak seimbang, tekanan darah bisa naik, tapi magnesium hadir untuk menyeimbangkan mereka secara langsung.

Efek kekurangan magnesium

Diperkirakan sekitar 80% masyarakat kita tidak mendapatkan jumlah magnesium yang disarankan. Sulit untuk menentukan apakah Anda kekurangan magnesium karena tidak ada tes yang memadai.

Namun, kekurangan magnesium memiliki beberapa gejala sehingga cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang mengalami kekurangan mineral ini adalah dengan melihat apakah Anda memiliki gejala defisiensi magnesium, termasuk kelelahan, kelemahan, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Gejala yang lebih serius termasuk kejang, mati rasa, kram, dan kejang jantung. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini lebih serius, Anda harus pergi ke dokter.

Cara mencukupi kebutuhan magnesium harian

Cara termudah untuk meningkatkan tingkat magnesium adalah dengan mengambil suplemen. Ada banyak bentuk magnesium seperti magnesium salisilat, sitrat, hidroksida, glukonat dan klorida. Jika ingin memenuhi kebutuhan magnesium dari suplemen dianjurkan mengambil magnesium sitrat karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sebelum mengambil suplemen magnesium anda harus berkonsultasi dengan dokter karena kelebihan dosis magnesium bisa memberikan efek samping bagi kesehatan termasuk diare dan masalah kesehatan lain yang lebih kronis. Selain itu, suplemen magnesium juga bisa berinteraksi dengan obat lain sehingga anda membutuhkan saran dari dokter.

Namun, sebenarnya anda tidak perlu mengambil suplemen magnesium karena ada banyak makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber alami magnesium yang tentunya lebih aman. Beberapa diantarnya seperti sayuran hijau termasuk kale, bayam, dan collard hijau.

Biji dan kacang-kacangan juga mengandung tinggi magnesium. Secara khusus, setengah cangkir biji labu memberikan hampir 100% kebutuhan magnesium harian anda. Beberapa jenis bijian dan kacang seperti almond, kacang mete, kemiri, dan biji bunga matahari juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Sedangkan dari jenis buah-buahan umumnya tidak mengandung sejumlah tinggi magnesium seperti halnya bijian dan sayuran hijau, tetapi mereka tetap menjadi pilihan yang baik karena menyediakan nutrisi penting lain termasuk serat dan vitamin

Mengkonsumsi makanan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terutama di saat-saat tertentu ketika Anda membutuhkannya; misalnya pada saat kehamilan atau stres dimana pada saat itu seseorang lebih rentan mengalami tekanan darah.
loading...