7 Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh

Buah manggis adalah buah yang berasal dari daerah tropis Asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan di beberapa daerah Afrika. Buah ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa manis sedikit asam. Buah manggis mengandung tinggi air sehingga sangat menyegarkan.
gambar buah manggis segar
image by wikimedia.org, buah manggis

Buah manggis mengandung mineral dan vitamin seperti Vitamin B1, C, niasin, kalsium, serat, protein, dan nutrisi lainnya yang sangat menguntungkan untuk kesehatan. Buah manggis juga mengandung beberapa senyawa menakjubkan yang menawarkan berbagai macam manfaat untuk pencegahan penyakit. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa buah manggis memiliki xanthones yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Selengkapnya mengenai manfaat buah manggis bisa anda baca pada ulasan berikut:

1. Mencegah penyakit jantung: Penyakit jantung merupakan penyakit serius yang sangat berbahaya. Tanda-tanda penyakit jantug sangat sulit dideteksi sehingga banyak orang yang tiba-tiba meninggal karena penyakit ini sebelum melakukan penanganan. Tidak ada obat tunggal yang dapat secara efisien mengobati penyakit jantug kecuali dengan mengkonsumsi berbagai macam obat untuk mengontrol tanda-tanda dan gejala yang berbeda. Tetapi anda boleh sedikit bernafas lega karena ternyata dalam buah manggis menyimpan manfaat yang mengarah langsung ke pencegahan penyakit jantung termasuk faktor yang mempengaruhi peningkatkan penyakit ini. Selain itu buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat yang membantu metabolisme karbohidrat dan protein. Nutrisi tersebut sangat membantu mengurangi tekanan darah dan mengatur denyut jantung.

2. Mencegah kanker: Phytoceuticals yang ditemukan pada buah manggis diakui cukup mumpuni dalam menghancurkan sel-sel kanker, sekaligus mencegahnya tumbuh kembali. Suplemen dari buah dan kulit manggis sering ditemukan di berbagai toko herbal sebagai obat. Selain suplemen mengkonsumsi buah manggis secara langsung juga bisa membantu anda terhindar dari penyakit kanker berkat kandungan antioksidan penting di dalamnya.

3. Tinggi antioksidan: Buah manggis mengandung berbagai macam antioksidan penting yang berguna menangkal efek merugikan radikal bebas. Manggis mengandung lebih dari 40 senyawa biologis aktif yang disebut sebagai Xanthone. Beberapa contoh Xanthone adalah Alpha-mangostin yang merupakan antioksidan untuk melawan komponen tumor. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa manggis mengandung banyak antioksidan. Xanthone melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada sel. Radikal bebas adalah penyebab banyak penyakit berbahaya seperti knaker dan serangan jantung. Selain itu, manggis juga mengandung tinggi vitamin C yang juga merupakan antioksidan kuat. Vitamin C bermanfaat meningkatka sistem kekebalan tubuh sehingga membuatnya bisa bertahan dari serangan penyakit berbahaya termasuk serangan virus.

4. Meningkatkan kesehatan mata: Mata merupakan organ yang sangat penting bagi manusia sehingga menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan. Kesehatan mata sering terganggu akibat beberapa masalah termasuk radikal bebas. Karena buah manggis kaya akan antioksidan maka buah ini dapat membantu mencegah beberapa penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Mencegah penyakit otak: Ada berbagai macam penyakit yang dapat mempengaruhi otak termasuk Alzheimer, Parkinson, dan stroke. Sebagian besar penyakit di atas dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah manggis. Karena kandungan antioksidannya tersebut buah manggis bukan hanya dapat melindungi fungsi otak tetapi juga membantu mencegah penurunan mental seperti stres dan depresi.

6. Menjaga kesehatan kulit: Manfaat buah manggis yang satu ini mungkin sangat disukai wanita. Yup, apalagi jika bukan untuk kesehatan kulit.  Semua wanita pasti menginginkan kulit sehat yang terbebas dari jerawat. Untuk mendapatkannya seorang wanita kadang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan yang harganya tentu tidak murah. Tetapi denga memanfaatkan buah manggis ternyata kita bisa mendapatkan keuntungan untuk kulit kita. Dengan menggunakan antioksidan dari buah manggis maka kita akan membantu melindungi kulit dari kerusakan termasuk jerawat. Vitamin C dalam buah manggis juga mampu mencegah penuaan sekaligus membantu mencerahkan kulit secara alami.

7. Sumber energi: Buah manggis memiliki rasa manis dan kandungan airnya cukup tinggi. Hal ini dapat mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan energi tubuh secara alami. Buah manggis juga mengandung sejumlah karbohidrat alami yang menyediakan energi instan. Tidak seperti minuman berenergi yang memiliki efek samping, buah manggis sangat aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, buah manggis juga mengandung riboflavin yang dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang akan digunakan dalam meningkatkan energi tubuh.
loading...