7 manfaat udang dan kandungan nutrisi di dalamnya

Udang adalah hewan bermata krustasea renang dengan ekor panjang yang sempit, dengan kumis panjang (antena), dan kaki ramping. Mereka dapat berenang maju dengan mengayuh menggunakan swimmerets di bagian bawah dari perut mereka. Berbeda dengan Kepiting dan lobster yang memiliki kaki kuat untuk berjalan, udang memiliki kaki rapuh tipis yang digunakan untuk bertengger. Udang adalah salah satu produk laut yang cukup menguntungkan karena menyediakan berbagai nutrisi penting bagi tubuh manusia.

gambar udang di mangkuk
image by pixabay.com, gambar udang

Kandungan nutrisi dalam udang

Seperti kebanyakan jenis seafood lainnya, udang merupakan sumber vitamin B yang melimpah. Satu porsi dengan berat 3-ons memenuhi 58 persen dari kebutuhan vitamin B-12 harian anda, 14 persen dari RDA (Recommended Dietary Allowance) niasin dan 12 persen dari RDA vitamin B-6. Vitamin ini penting dalam perkembangan sel darah merah, kesehatan saraf, perawatan kulit yang sehat, membakar lemak tubuh, metabolisme dan pencernaan. Tiga ons udang menyediakan 12 persen dari RDA vitamin E dan 8 persen dari RDA vitamin A. Vitamin E dan vitamin A memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, pemeliharaan penglihatan malam dan kesehatan sel dan membran yang membantu mencegah infeksi.

Udang juga menyediakan beberapa mineral penting yang dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi organ penting. Tiga ons udang menyediakan 21 persen dari kebutuhan fosfor harian anda, 13 persen zinc, 7 persen magnesium dan 6 persen kalsium. Kesemuanya adalah mineral yang penting untuk fungsi saraf, kontraksi otot, pembekuan darah, fungsi kekebalan tubuh, regulasi glukosa, kesehatan reproduksi dan kesehatan tulang.

Manfaat udang bagi kesehatan

1. Sumber protein: Udang adalah makanan sumber protein yang cukup baik. Setiap 6-ons daging udang menyediakan sekitar 39 gram protein. Kebutuhan protein harian untuk wanita dewasa yaitu 46 gram sedangkan pria 56 gram. Protein dari sumber hewani sangat penting karena mengandung semua asam amino. Setiap sel dalam tubuh kita mengandung molekul protein dan asam amino, jadi dengan memenuhi kebutuhan protein akan memungkinkan sel-sel untuk menghasilkan protein baru yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan.

2. Mencegah kanker: Udang menyediakan sejumlah selenium yang sangat baik untuk pencegahan penyakit kanker. Kurangnya selenium dalam tubuh telah dikaitkan dengan tingginya risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat. Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium memiliki kemampuan 13 kali lebih kuat dalam melawan kanker. Jadi udang bisa anda kombinasikan dengan makanan kaya kaya sulforaphane seperti brokoli, kubis dan sayuran silangan lainnya.

3. Menjaga kekuatan rambut: Jika anda memiliki masalah rambut rontok, ada baiknya melihat apakah anda sedang mengalami defisit protein atau tidak. Protein adalah bagian penting dari setiap jaringan sel di dalam tubuh dan udang adalah sumber yang sangat baik dari protein. Kekurangan protein akan membuat kekuatan otot rambut menjadi melemah dan pada gilirannya akan membuatnya mudah rontok.

4. Meingkatkan kekuatan tulang: Udang diperkaya dengan dua mineral penting yang berguna menjaga kepadatan tulang yaitu kalsium dan fosfor. Keduanya bekerja sama dalam meningkatkan kekuatan tulang sehingga mencukupi kedua mineral tersebut dari udang bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah osteoporosis.


5. Anti-depresan: Manfaat udang tidak jauh berbeda dengan beberapa jenis ikan karena sama-sama mengandung tinggi asam lemak omega-3. Penelitian menemukan jika omega-3 menawarkan perlindungan yang kuat terhadap depresi sekaligus membantu meningkatkan suasana hati pada peserta studi.

6. Kaya zinc: Zinc adalah mineral penting yang bermanfaat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Mengkonsumsi udang akan membantu anda memenuhi kebutuhan zinc harian karena udang merupakan sumber zinc yang sangat baik. Selain itu, zinc juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi selaput sel dari kerusakan oksidatif sekaligus menstabilkan struktur protein sel.

7. Sumber Vitamin B12: Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas sel saraf yang normal serta produksi sel darah merah yang membantu mencegah anemia. Hal ini juga diperlukan untuk membantu membuat DNA, bahan genetik dalam semua sel. Vitamin B12 dalam udang juga bermanfaat membantu sel-sel untuk metabolisme protein, karbohidrat dan lemak yang diperlukan untuk produksi hormon suasana hati. Bersama dengan asam folat nutrisi ini berfungsi mengontrol kadar homosistein untuk mengurangi peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis dan penyakit Alzheimer.

Mengkonsumsi udang juga memiliki beberapa efek negatif terutama untuk kesehatan jantung karena mereka juga mengandung sodium dan kolesterol. 6-ons daging udang mengandung 359 miligram kolesterol, yang lebih dari batas asupan harian. Udang juga mengandung 1.610 miligram sodium per porsi, atau 70 persen dari batas asupan sodium harian. Mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol secara rutin merupakan ancaman potensial bagi orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung. Sedangkan asupan sodium berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, yang akan menempatkan beban yang berlebihan pada pembuluh darah sehingga akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
loading...