8 Manfaat buah jambu air bagi kesehatan

Jambu air sering dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga karena memiliki kandungan air cukup tinggi. Buah ini berasal dari negara dengan iklim tropis seperti halnya negara kita Indonesia. Dalam bahasa inggris jambu air disebut rose apple  meskipun secara bentuk tidak menyerupai buah apel. Jambu air merupakan buah populer di kalangan anak-anak di daerah tropis, menurut Purdue University. Buah ini menyediakan tinggi nutrisi seperti tiamin, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, kalium dan sulfur. Jambu air juga mengandung serat, rendah lemak dan kalori, dengan 56 kalori per 100g dari bagian yang dapat dimakan.
buah jambu air
image by flickr.com, buah jambu air

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

1. Mengontrol diabetes: Jambosine adalah jenis alkaloid yang ditemukan dalam akar jambu air. Senyawa ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam memblokir atau mengatur konversi pati menjadi gula. Ini bisa menjadi indikasi yang sangat bagus bagi penderita diabetes bahkan bagi mereka yang yang berisiko mengalami diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung untuk mengetahui efek jambosine untuk meringankan penyakit diabetes.

2. Mencegah kanker: Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi vitamin, serat, dan mineral seperti sayuran dan buah termasuk jambu air akan memberikan perlindungan langsung dalam melawan serangan kanker payudara. Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukkan mengurangi asupan lemak dari makanan dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Kita tahu jika jambu air merupakan makanan yang sangat rendah lemak seperti halnya kebanyakan jenis buah lainnya.

3. Detoksifikasi tubuh: Sudah sejak ratusan tahun yang lalu, jambu air telah digunakan sebagai zat diuretik yang membantu membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Kedua organ tersebut memang paling sering terkontaminasi oleh racun dan zat kimia dari luar tubuh. Sehingga membersihkan keduanya merupakan cara terbaik untuk mengurangi pencemaran di dalam tubuh secara keseluruhan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan: Komponen aktif dan stabil dalam jambu air telah dipuji karena memiliki efek antimikroba dan anti-jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa karena sifatnya tersebut jambu air dapat melindungi kulit dari berbagai jenis infeksi sekaligus meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit akibat infeksi. Melemahnya sistem imun tubuh membuat tubuh lebih mudah terserang berbagai macam penyakit termasuk flu.

5. Menurunkan kolesterol: Jambu air mengandung tinggi sarat dengan tambahan vitamin C, kedua nutrisi ini yang telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian tunggal, 125 peserta penelitian mengalami penurunan tingkat kolesterol hingga 19% setelah mengkonsumsi jambu air hanya dalam waktu 1 minggu. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi mereka yang sedang memiliki masalah dengan kolesterol.

6. Mencegah penyakit alzheimer: Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus jambu air bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam penelitian yang diberi makan jambu air telah menunjukkan peningkatan neurotransmitter asetilkolin.

7. Menjaga kesehatan kulit: Vitamin C yang terdapat dalam jambu air berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi sel-sel sehat dari kerusakan oksidatif. Jambu air juga melindungi kulit terhadap infeksi bakteri dan jamur sehingga membuatnya lebih sehat. Vitamin C juga akan meningkatkan kesehatan gusi dan gigi sekaligus menjaga kesehatan mata dari kerusakan.

8. Baik untuk ibu hamil: Selain tinggi serat yang dapat melancarkan pencernaan ibu hamil, jambu air juga menyediakan vitamin A dimana dalam keadaan hamil wanita membutuhan tambahan nutrisi ini. Seorang wanita hamil membutuhkan tambahan vitamin A 3500 Si. Dengan demikian, mengkonsumsi jambu air dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A harian ibu hamil. Belum lagi kandungan airnya yang tinggi juga dapat mencegah dehidrasi pada ibu hamil saat mengalami morning sickness.
loading...