Makanan sehat dan nutrisi untuk tumbuh kembang anak

Makanan merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan pertumbuhan anak. Memilih makanan yang mengandung tinggi nutrisi termasuk protein, vitamin, mineral dan karbohidrat kompleks bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Pada dasarnya kebutuhan nutrisi anak-anak sama dengan orang dewasa, akan tetapi biasanya mereka membutuhkan energi yang lebih, karena pada masa tersebut mereka lebih aktif.
Makanan sehat untuk anak
image by pixabay.com

Nutrisi yang dibutuhkan selama tumbuh kembang anak

Protein: Protein adalah blok bangunan tubuh yang sangat diperlukan untuk perkembangan tulang, gigi, kuku, otot, otak dan sistem saraf. Protein mengandung asam amino, dimana delapan diantaranya dianggap penting dan harus berasal dari makanan. Anak-anak membutuhkan protein setiap hari tetapi tidak boleh melebihi 25 persen dari makanan atau snack yang mereka konsumsi. Kelebihan protein dapat melemahkan tulang dan meningkatkan tekanan pada ginjal.

Lemak: Meskipun kita sering menganggap lemak buruk untuk kesehatan, tetapi tidak bisa dipungkiri jika nutrisi ini sangat diperlukan dalam semua tahap kehidupan terutama bagi anak-anak. Lemak diperlukan dalam perkembangan otak yang optimal, komunikasi saraf dan transportasi hormon. Meskipun demikian, asupan lemak harian harus tetap dikontrol jangan sampai berlebih.

Karbohidrat: Karbohidrat menyediakan energi bagi tubuh untuk bisa beraktivitas fisik. Pada periode anak-anak mereka biasanya suka mengkonsumsi makanan manis karena kebutuhan karbohidrat dari gula masih sangat tinggi. Pada masa ini selera anak pada makanan manis akan semakin banyak seiring meningkatnya pertumbuhan fisik dan aktivitas mereka. Ketika pertumbuhan melambat, selera makan mereka juga akan mengalami penurunan sehingga akan mengurangi konsumsi makanan ringan. Untuk menyiasati hal ini sang ibu harus pandai memilih makanan yang bisa menyediakan energi bagi anak terutama yang berasal dari karbohidrat kompleks dan buah.

Vitamin dan Mineral: Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari memainkan peran penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak. Menurut sebuah studi pada tahun 2010 lalu yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Endocrinology and Metabolism, vitamin dan mineral merupakan nutrisi kunci yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Beberapa kelompok mineral yang sangat baik untuk anak adalah zat besi, dan kalsium sedangkan untuk kelompok vitamin diantaranya vitamin A, C dan D.

Makanan sehat untuk anak

1. Ikan: Protein adalah nutrisi utama yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak. Jadi pastikan anak anda mendapatkan kecukupan dari nutrisi ini. Makanan sumber protein yang cukup baik diantaranya adalah ikan salmon, herring, tuna dan sarden. Ikan selain mengandung tinggi protein juga menyediakan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

2. Susu: Manfaat susu sudah banyak dikenal oleh masyarakat kita, karena minuman ini cukup populer sebagai sumber kalsium. Pada masa anak-anak kebutuhan kalsium memang cukup tinggi sehingga mereka membutuhkan makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu. Susu juga menyediakan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium, hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Belum lagi susu juga menyediakan beberapa vitamin, protein dan mineral penting lainnya yang tentunya juga sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

3. Buah-buahan: Buah-buahan menjadi komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Buah mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan. Buah-buahan seperti markisa, jeruk, jambu biji, dan beberapa keluarga berry sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena mengandung Vitamin C. Sedangkan Buah naga, pepaya, dan apel sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Buah juga menyediakan serat dan beberapa mineral yang juga diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

4. Sayuran: Sayuran kadang kurang diminati anak-anak karena dianggap memiliki rasa yang tidak lezat. Sayuran pada umumnya memang memiliki rasa hambar dan kurang disukai orang terutama anak-anak, ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Padahal kita tahu jika sayuran sangat baik untuk kesehatan terutama berkat kandungan antioksidannya. Sayuran juga menyediakan tinggi vitamin, mieneral, serat dan hampir tidak memiliki kandungan kolesterol.
loading...