Manfaat infused water lemon bagi kesehatan tubuh

Jika anda membutuhkan minuman yang memiliki banyak manfaat sebagai pengganti minuman bersoda atau teh manis Infused water bisa menjadi pilihan tepat.
Dalam beberapa tahun terakhir banyak penelitian yang mulai melihat pentingnya hidrasi bagi kesehatan tubuh kita. Penelitian telah membuktikan bahwa hidrasi memiliki efek positif dalam meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang. Dehidrasi dapat menjadi faktor utama beberapa penyakit termasuk yang ringan sampai berat seperti sakit kepala, masalah pencernaan, diabetes, obesitas dan nyeri sendi. Mengkonsumsi air putih pada umumnya dapat membantu anda tetap terhidrasi sehingga akan membantu dalam penurunan berat badan dan mempertahankan tingkat energi.
Manfaat infused water
image by flickr.com, infused water

Tetapi mengapa Infused water menjadi begitu spesial, padahal air itu sendiri sudah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Jawabannya sederhana, air dan buah sama-sama dibutuhkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh sehingga mencampurkan keduanya bisa memberikan manfaat ganda. Dengan menambahkan buah-buahan ke dalam air maka akan meningkatkan kandungan nutrisi dalam air itu sendiri termasuk berbagai macam vitamin penting. Manfaat infused water tergantung buah yang digunakan, contoh buah yang sering dipakai dalam infused water adalah apel, lemon, mentimun dan nanas. Nah,,kali ini kita akan melihat manfaat apa saja yang dimiliki infused water dari buah lemon, untuk mengetahuinya mari simak ulasan berikut:

1. Menyeimbangkan Ph tubuh: Infused water dari lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung Asam sitrat. Senyawa yang ditemukan dalam buah lemon ini dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH tubuh. Setiap sel dalam tubuh Anda terdiri dari sebagian besar air. Makanan seperti daging merah, produk susu dan gula cenderung membuat tubuh Anda lebih asam. Namun, asam sitrat yang ditemukan dalam lemon membantu mempertahankan keseimbangan pH tubuh dalam kisaran yang ideal, yang pada gilirannya akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Menjaga kesehatan ginjal: Asam sitrat yang terkandung dalam lemon membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ penting yang berguna dalam menjaga hidrasi yang tepat, mengatur tekanan darah dan pembuangan limbah dari tubuh. Jika ginjal ini bermasalah maka tidak akan dapat melakukan tugasnya dengan baik. Asam sitrat dalam lemon berguna mencegah kristalisasi yang disebabkan oleh limbah produk kalsium oksalat dan asam urat yang mengkristal.

3. Tinggi vitamin C: Buah lemon tergolong sebagai buah yang mengandung tinggi vitamin C, hal ini ditandai dengan rasa asam yang dimilikinya. Vitamin C sangat berguna sekali dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat pertahanan tubuh lebih kuat dalam menghalau penyakit. Selain itu Vitamin C juga dapat membantu dalam produksi kolagen, protein penting yang ditemukan dalam tubuh. Kolagen diperlukan untuk penyembuhan luka dimana dia banyak ditemukan dalam tulang, gigi, tendon dan pembuluh darah.

4. Detoksifikasi tubuh: Salah satu manfaat utama dari infused water adalah membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan campuran air dan antioksidan penting yang terdapat dalam buah menjadi komponen penting dalam detoksifikasi tubuh. Bukan hanya itu, campuran keduanya juga bisa membantu anda menurunkan berat badan karena air dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang menjadi faktor penting dalam penurunan berat badan.

Demikian tadi beberapa manfaat infused water dai buah lemon bagi kesehatan tubuh kita, sebenarnya secara umum kita akan mendapatkan manfaat yang sama jika mengkonsumsi buah lemon dan air secara terpisah tetapi infused water menjadi pilihan menarik karena dirasa cukup praktis untuk mendapatkan manfaat dari keduanya.
loading...