Tips mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami

Jerawat adalah masalah yang menyerang hampir semua orang, laki-laki dan perempuan, meskipun jerawat yang dialami setiap orang berbeda-beda tingkat keparahan dan intensitasnya. Pada umumnya jerawat banyak dialami oleh para remaja, tetapi kadang masalah kulit yang satu ini juga dirasakan oleh orang dewasa. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami, beberapa diantaranya adalah:
Jerawat di wajah
Jerawat pada anak

1. Lidah buaya: Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-septik sehingga sangat berguna sebagai obat jerawat alami. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pelembab alami yang mampu mencegah jerawat dengan cara mengurangi kelebihan minyak dan kotoran di kulit wajah. Manfaat lidah buaya yang lain adalah merangsang pertumbuhan sel, dan membantu penyembuhan kulit yang rusak lebih cepat.

2. Cuka sari apel: Cuka sari apel merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat. Cuka sari apel mampu mengatur keseimbangan pH kulit sehingga berkontribusi besar terhadap penyembuhan dan pencegahan jerawat. Cara pemakaiannya: Masukkan setengah sendok teh cuka sari apel ke dalam secangkir air. Terapkan di kulit wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi harinya.

3. Es batu: Es batu bisa digunakan sebagai bahan untuk meredakan jerawat terutama saat meradang. Meskipun es batu tidak bisa menghilangkan jerawat degan tuntas, penerapan es batu di kulit wajah yang berjerawat akan membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang telah terperangkap dalam pori-pori. Es batu juga mengurangi pembengkakan pada jerawat sekaligus menghaluskan kulit secara alami.

4. Madu murni: Menerapkan madu pada kulit wajah anda setidaknya dua kali seminggu dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat. Madu mengandung antibiotik yang membantu mengurangi peradangan sekaligus menyembuhkan area yang terkena jerawat. Terapkan madu pada kulit wajah anda di pagi dan sore selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Bersihkan sarung bantal anda: Kadang ada beberapa hal sederhana yang ternyata dapat menyebabkan jerawat, contohnya sarung bantal dan sprei yang kotor.  Saat kita memakai keduanya dalam keadaan kotor maka akan memungkinkan bakteri untuk tumbuh sehingga menyebabkan jerawat. Karena itulah sangat penting untuk mencuci keduanya secara berkala.

6. Jaga kebersihan wajah anda:  Membersihkan wajah secara berkala merupakan metode sederhana untuk mengurangi risiko jerawat. Lakukan pembersihan setidaknya dua kali sehari di pagi dan malam hari. Mencuci wajah dapat membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sehingga akan memicu jerawat.

7. Jangan terlalu sering menyentuh wajah: Jauhkan tangan Anda dari kulit, mungkin ini bisa menjauhkan anda dari masalah jerawat. Menyentuh wajah bisa menyebabkan bakteri mudah menyebar terutama jika anda sudah memiliki jerawat, sehingga anda harus menghindari hal ini. Selain itu, jika memang diharuskan menyentuh wajah, pastikan tangan anda bersih.

8. Jaga kelembaban kulit wajah: Kulit kering juga membuatnya rentan mengalami jerawat sehingga anda harus menjaga kelembabannya. kurangnya kelembaban pada kulit akan memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih dalam rangka menciptakan pelembab alami, hal ini lah yang akan menyebabkan jerawat. Gunakan pelembab alami seperti madu, buah pepaya, lidah buaya dan masker alpukat. Jika anda tidak ingin repot, gunakan pelembab yang sudah disediakan, tetapi pastikan jika produk tersebut cocok dengan kulit anda.

9. Manajemen stres yang baik: Manajemen stres merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan termasuk mencegah jerawat, karena hormon yang dihasilkan ketika dalam keadaan stres dapat memicu munculnya jerawat. Melakukan hal-hal positif yang membuat pikiran anda tenang akan menetralisasi asam yang dihasilkan ketika Anda mengalami stres. Sholat malam, olahraga secara teratur dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup sangat penting dalam membantu mengurangi tingkat stres.

Demikian beberapa tips yang bisa saya sampaikan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Menerapkan semua tips di atas mungkin tidak menjamin jika anda akan terbebas dari jerawat, tetapi setidaknya dengan menerapkannya akan sangat membantu dalam menjaga kulit tetap sehat yang pada gilirannya akan mengurangi risiko jerawatan.
loading...