10 Manfaat dan khasiat daun binahong untuk pengobatan

Advertisement
Anda semua tentu sudah mengetahui bahwa negara kita  memiliki banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat dijadikan obat - obatan herbal. Obat - obatan herbal yang berasal dari bahan alami tersebut telah terbukti memiliki khasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu bahan alami yang kerap dijadikan obat herbal oleh masyarakat Indonesia ialah daun binahong.

manfaat daun binahong
image by allbeautyjournal.com

Daun binahong yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Anredera cordifolia  memang telah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari meratanya penyebaran tanaman ini. Tanaman ini memiliki banyak sebutan  di Indonesia, antara lain daun Gandola, daun Lembayung,  daun gedrek,  genjerot, tatabuwe dan poiloo.

Berdasarkan penelitian, daun binahong memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam daun binahong.

Kandungan Daun Binahong

Daun binahong sudah terkenal ampuh dalam membantu mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal tersebut tentu saja tak lepas dari adaya kandungan – kandungan dalam daun binahong itu sendiri. Berdasarkan penelitian,  daun binahong mengandung beberapa senyawa seperti:

Senyawa Alkaloid
 
Senyawa Alkaloid biasanya terdapat dalam tanaman yang memiliki rasa pahit. Adapun manfaat alkaloid bagi tanaman itu sendiri ialah untuk  melindungi diri dari hama dan parasit. Selain itu alkaloid juga berfungsi sebagai pengatur dalam proses tumbuh dan berkembangnya tanaman tersebut.

Bagi manusia, alkaloid akan sangat bermanfaat, khususnya bagi para penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan karena alkaloid memiliki sifat hipoglikemik sehingga akan mampu membantu para penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula dalam darah.
Saponin

Saponin dalam daun binahong akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Saponin merupakan salah satu dari beberapa jenis glikosida. Saponin bekerja dengan cara mengikat kolesterol dalam tubuh manusia.

Protein
 
Dau binahong juga kaya akan kandungan protein. Kandungan protein dalam daun binahong akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia dalam menangkal berbagai macam penyakit. Selain itu kandungan protein dalam daun binahong juga akan membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel yang telah rusak. Hal tersebut didapat dari khasiat protein yang dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh.

Asam Oleanolik
 
Kandungan berkhasiat lainnya yang ada dalam daun binahong ialah zat asam oleanolik. Asam oleanolik  dapat memberikan perlindungan yang baik bagi tubuh karena mampu mencegah racun untuk masuk ke sel-sel tubuh. Selain itu asam oleanolik juga bisa meningkatkan daya tahan sel dalam tubuh manusia.

Tak hanya itu, asam oleanolik juga memiliki sifat anti inflamasi. Radikal bebas yang bisa mempengaruhi tubuh manusia juga dapat ditangkal dengan adanya asam oleanolik ini, karena asam ini memiliki khasiat sebagai antioksidan.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan minyak yang berasal dari proses penyulingan. Minyak atsiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti untuk antiseptik baik eksternal dan internal. Selain itu minyak atsiri juga akan bermanfaat sebagai bahan analgesik, sebagai obat untuk mengatasi gangguan perut, dan juga sebagai pewangi dalam berbagai jenis kosmetik.

Banyaknya kandungan dalam daun binahong tersbeut tentu saja akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Ada banyak sekali manfaat dari daun binahong. Manfaat - manfaat tersebut dapat anda baca di bawah ini.

Manfaat Daun Binahong

1. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Maag.

Jika anda memiliki gangguan pada lambung, anda bisa mengatasinya dengan membuat ramuan dari daun binahong.  Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan 1 gelas air. Biarkan hingga mendidih. Minum air rebusan daun binahong tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

Anda juga dapat mengatasi sakit maag anda dengan membuat jus daun binahong. Haluskan 10 hingga 15 lembar daun binahong dengan menambahkan air sebanyak 200 ml.

2. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Bengkak Kandung Kemih.

Kandung kemih yang mengalami pembengkakan tentu akan menimbulkan rasa sakit yang amat mengganggu. Untuk mengatasinya, minumlah air rebusan daun binahong dan kumis kucing. Rebuslah 10  lembar daun binahong ditambah dengan 5 gram daun kumis kucing ke dalam 4 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga tersisa 3 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

3. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat gagal ginjal.

 Anda dapat membantu mengatasi gagal ginjal dengan menggunakan daun binahong. Caranya ialah dengan meminum air rebusan  dari 10-15 lembar daun binahong. Minumlah air rebusan tersebut 3 kali dalam sehari, setiap sebelum makan.

4. Manfaat dan  Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Kanker Ginjal.

Rebuslah 15 lembar daun binahong dan  15 gram daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga tersisa sekitar 3 gelas. Tambahkan sedikit gula aren. Minum ramuan tersebut secara rutin dan kanker ginjal diharapkan akan segera membaik.

5. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Radang Ginjal.

Rebuslah  7 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin dan radang ginjal pun akan segera teratasi.

6. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Patah Tulang.

Patah tulang akan dapat segera pulih dengan rutin meminum air rebusan daun binahong. Rebuslah 10 hingga 20 lembar daun binahong dalam 3 gelas air. Jika sudah tersisa 1 gelas, matikan api dan biarkan dingin. Minummlah setiap hari.

7. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Batuk.

Batuk dapat diatasi dengan daun binahong. Caranya mudah. Rebus saja 10 lembar daun binahong dalam 2 gelas air bersih. Jika sudah tersisa sekitar 1 gelas, matikan api. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

8. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Kencing Manis.

Jika anda atau kerabat anda ada yang menderita kencing manis, daun binahong dapat menjadi obat yang sangat baik. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin. Air rebusan tersebut dapat anda buat dengan merebus  11 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas.

9. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Darah Rendah.

Darah rendah tentu akan sangat mengganggu karena sering menimbulkan rasa sakit kepala dan lemas. Untuk mengatasinya rebuslah 8 lembar daun binahong dalam 2 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas. Minumlah air rebusan daun binahong tersebut rutin setiap hari.

10. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Gegar Otak Ringan/Berat.

Rebuslah 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Minum air rebusan daun binahong tersebut setiap hari untuk membantu mengatasi gegar otak baik dalam tingkat ringan maupun gegar otak berat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari daun binahong yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat. Satu hal yang harus anda ingat ialah anda harus mengonsumsi daun binahong ini secara rutin dan teratur untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Share this