10 Manfaat jahe merah yang luar biasa

Advertisement
Manfaat jahe merah sudah banyak dikenal karena rempah yang satu ini sangat sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Jahe adalah salah satu jenis tanaman rempah - rempah yang ada di Indonesia. Tanaman ini sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Jahe banyak dicari sebab memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan juga campuran membuat masakan. Sebagai negara tropis, indonesia sangat cocok ditumbuhi tanaman jahe ini.

 Manfaat jahe merah
image by pixabay.com

Jahe dengan nama latin Zingiber Officinale Rosc adalah tanaman rempah yang seringkali dimanfaatkan sebagai campuran berbagai macam makanan ataupun sebagai minuman. Dengan rasa jahe yang pedas, jika digunakan untuk minuman maka akan memberi sensasi penyegar tenggorokan dan juga melegakan tenggorokan. Selain itu jahe juga dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh.

Kandungan Jahe

Jahe dipercaya mengandung minyak atsiri, aroma khas dari jahe akan keluar apabila kita menumbuknya, serta akan memberikan efek hangat dan melegakan jika kita menghirupnya. Aroma khas yang keluar tersebut berasal dari minyak atsiri yang ada di dalamnya. Minyak atsiri merupakan suatu senyawa yang mudah menguap, dan hal ini membuat aromanya tercium hidung. Selain itu minyak atsiri juga memberikan rasa khas pada jahe.

Jenis - jenis Jahe

Sebelum kita membahas mengenai manfaat jahe merah mari kita kenalan dulu dengan macam-macam jahe. Pada umumnya ada 3 jenis tanaman jahe yang bisa dibedakan berdasarkan warna, bentuk, aroma, dan besarnya rimpang. Berikut adalah ketiga jenis jahe tersebut:

Jahe Gajah

Dinamai jahe gajah sebab ukurannya rimpangnya lebih besar jika dibandingkan dengan yang lainnya. Jahe jenis ini tidak memiliki rasa yang pedas seperti yang lainnya. Jahe gajah memiliki daging berwarna putih hingga kuning. Jenis jahe ini banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jahe Kecil

Sesuai dengan namanya Jahe jenis ini memiliki ukuran rimpang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jahe gajah. Jenis jahe ini juga sering digunakan untuk bahan masakan. Warna dari jahe ini cenderung kuning.

Jahe Merah

Jahe merah mengandung lebih banyak minyak atsiri jika dibandingkan dengan yang lain. Rasanya yang pedas membuat jahe merah banyak digunakan untuk pembuatan jamu dan juga obat - obatan. Jenis jahe ini memiliki rimpang yang paling kecil jika dibanding dengan jenis jahe yang lainnya. Kulit jahe ini berwarna merah dan memiliki serat yang lebih banyak dari jahe yang lainnya.

Jahe merah dipatok dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan jahe biasa karena manfaat jahe merah lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan jahe merah yang baik untuk kesehatan tubuh, dan juga dapat digunakan untuk obat tradisional. Oleh sebab itu jahe merah banyak dicari oleh masyarakat sebab memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang paling umum adalah digunakan sebagai obat tradisional dan juga digunakan sebagai bumbu masakan serta minuman. Manfaat jahe merah sangat banyak, mulai dari menyembuhkan penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya. berikut merupakan beberapa manfaat jahe merah:
Menghangatkan Tubuh

Pada dasarnya jahe memiliki sifat menghangatkan. Anda bisa memanfaatkan jahe merah untuk membuat minuman ketika cuaca dingin atau anda berada pada daerah pegunungan. Selain itu, jahe merah juga mengandung antitoksin yang dapat mencegah masuk angin serta batuk.

1. Mengobati Batuk

Kandungan flavonoid pada jahe merah yang bersifat anti peradangan dapat membantu menyembuhkan batuk dan juga radang tenggorokan. Anda bisa melakukan dengan cara potong jahe merah menjadi beberapa bagian, kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air dan dicampur dengan 1 sendok makan madu. Anda bisa melakukannya 3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jahe merah mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, seperti pada kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Jahe merah yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan akan menghancurkan kolesterol jahat dalam darah yang menghambat aliran darah.

3. Mengatasi Rematik

Kandungan jahe merah yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit dapat berfungsi juga sebagai obat untuk menyembuhkan encok atau rematik. Anda bisa melakukan dengan cara merebus jahe merah sebanyak 2 ruas yang sudah dipotong, dan direbus dengan 1 gelas air dan gula sesuai dengan selera anda, anda bisa juga menggunakan madu murni sebagai pengganti gul. Anda bisa meminum ramuan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Meredakan Sakit Kepala

Jahe merah dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Caranya cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan 2 hingga 3 ruas jahe merah yang sudah dicuci bersih dan kemudian dibakar. Setelah itu di memar dan campur dengan madu murni atau gula dan beri air.

5. Mengatasi Jerawat

Jahe merah mengandung zat anti peradangan, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cepat. dan juga jahe merah mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih dalam kulit serta dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadi faktor timbulnya jerawat. Caranya cukup mudah, anda bisa memijat jahe yang sudah dicuci bersih ke area wajah hingga keluar cairan minyak pada jahe dan setelah itu tutup semua wajah menggunakan irisan jahe merah.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jahe merah dengan berbagai macam kandungan yang dapat menyembuhkan penyakit juga dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh serta memulihkan tubuh yang lelah. Caranya cukup mudah, siapkan jahe merah 1 ruas dan madu putih 2 sendok makan, kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Campurkan madu putih ke dalam rebusan tersebut.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih bisa menggunakan manfaat jahe merah untuk menurunkan berat badan. Jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan juga mengurangi nafsu makan. Caranya cukup mudah, anda bisa meminum rebusan jahe merah setiap hari.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe merah dapat anda gunakan untuk melancarkan pencernaan, selain itu anda juga bisa memanfaatkan jahe merah untuk membantu anda mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Belum lagi merah diketahui juga memiliki fungsi menyerap makanan dan mencegah terjadinya penyakit lambung, hal ini disebabkan jahe merah memiliki sifat dapat mengurangi peradangan.

9. Mencegah Mabuk Kendaraan

Jahe merah mengandung senyawa yang dapat menetralkan zat yang menjadi penyebab mabuk dalam kendaraan. Pada saat anda mengonsumsi jahe merah, tubuh anda akan terasa hangat dan juga aroma khas dari jahe merah akan membuat sakit kepala anda berkurang. Cukup dengan meminum air jahe atau wedang jahe, agar anda tidak merasa mual dalam perjalanan.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Jahe merah memiliki kandungan senyawa yang membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah tulang keropos. Tulang keropos sering dialami oleh pria maupun wanita dalam usia lanjut. Anda dapat mengonsumsi olahan jahe merah untuk membantu menjaga tulang anda.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Masih banyak tanaman yang ada di Indonesia yang dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
loading...

Share this