Sunday, December 18, 2016

10 Top Manfaat daun sirsak yang luar biasa

Advertisement
Mungkin selama ini Anda lebih mengenal buah sirsak dibandingkan dengan manfaat daun sirsak yang ternyata memiliki segudang khasiat pula. Buah sirsak memang segar dan dapat dijadikan sebagai campuran beragam jenis olahan minuman, baik sebagai campuran sup buah, es buah, maupun dibuat sebagai bahan jus. Namun Anda juga perlu mengetahui manfaat dari daunnya pula. Daun buah yang berasal dari daerah Karibia di Amerika Selatan serta Amerika Tengah ini akan memberikan beragam khasiat bagi Anda. Selain menyehatkan, tanaman ini pun dengan mudah dapat dbudidayakan di Indonesia sebagai salah satu kawasan beriklim tropis yang cocok untuk tumbuh dan berkembangnya buah sirsak.

manfaat daun sirsak yang mengagumkan
image by wikimedia.org

Daun sirsak sendiri memiliki beragam kandungan senyawa baik yang berupa Vitamin A, B, C, kalsium oksalat, kalsium, flavonoid, saponin, alkaloid, serta fosfor. Sedangkan yang merupakan senyawa utama dalam daun ini adalah annona acetogenins berupa salah satu asam lemak. Berikut adalah manfaat dari daun sirsak yang baik bagi kesehatan Anda.

1. Sebagai Obat Maag


Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang biasa ditemukan pada kondisi tubuh yang kurang menjaga waktu makannya secara teratur. Pola makan yang tidak teratur ini adalah salah satu penyebab utamanya, disamping karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Bila hal ini tidak segera ditangani dengan baik maka dikhawatirkan dapat berakibat menjadi penyakit maag yang lebih kronis dibanding sebelumnya.

Daun sirsak ini akan menjadi anti peradangan yang dapat mengatasi gejala pada penyakit maag, hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung senyawa anti ulceritis yang akan menghambat produksi asam lambung serta akan bekerja melindungi bagian dalam dinding lambuh, sekaligus membunuh bakteri yang ada di dalamnya.

Anda dapat membuat rebusan daun sirsak ini untuk membentu mengatasi sakit maag yang Anda derita, dan konsumsilah hingga rasa sakit maag Anda benar - benar hilang.

2. Mengurangi Tekanan Darah 

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling menggembirakan adalah kemampuannya dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Tekanan darah dapat beresiko menimbulkan resiko dari penyakit stroke, hal ini dikarenakan oleh pembuluh darah yang semakin menebal sehingga mampu menyumbat aliran darah dalam tubuh. Daun sirsak ini mengandung senyawa anti hypertensive dimana dapat menurunkan tekanan darah yang baik pula untuk jantung. Sering meminum rebusan daun sirsak akan membantu Anda dalam menjaga keseimbangan tekanan darah agar dapat terkontrol dengan baik.

3. Mencegah Diabetes

Dalam kondisi diabetes biasanya metabolisme yang ada dalam tubuh akan berkurang akibat kadar gula darah yang tak terkontrol dengan cukup baik. Kadar gula yang tinggi akan meyebabkan kerusakan pada sel - sel maupun jaringan dalam tubuh. Biasanya hal ini dapat terjadi kerana beberapa faktor, diantaranya karena faktor genetik atau keturunan, kerusakan hormom insulin, maupun akibat pola hidup kurang sehat.

Pada penderita penyakit diabetes, kinerja insulin ini dirasa kurang optimal sehingga fungsinya dalam mengontrol kadar gula darah menjadi tidak seimbang. Daun sirsak sendiri mengandung metanolik yang bekerja dalam pankreas supaya membantu menghasilkan insulin untuk semakin menyeimbangkan kadar gula darah. Anda perlu untuk menyeduh daun sirsak sebagai minuman penetral kadar gula darah Anda.

4. Mengurangi Demam

Demam merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh kita sedang mengalami adanya gangguan yang mengakibatkan peningkatan pada suhu tubuh. Kenaikan suhu ini akan membantu untuk membunuh para virus serta bakteri yang menjadi sebab dari peradangan ini. Namun pada dasarnya rasa demam ini sangat tidak nyaman dan cukup menganggu aktivitas keseharian kita. Oleh karena itu rasa demam ini harus segera mendapatkan penanganan yang baik.

Salah satu manfaat daun sirsak daun sirsak ini memiliki potensi besar dalam penurunan suhu tubuh dan membantu dalam mengatasi terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya cukup mudah, rebuslah beberapa daun sirsak sesuai kebutuhan, kemudian rebuslah selama kurang lebih 10 menit, lalu air rebusan tersebut diminum dalam kondisi yang masih hangat untuk mempercepat penurunan suhu pada tubuh.

5. Menangkal Kutu

Salah satu kandungan aktif yang terkandung dalam daun sirsak dapat membantu Anda dalam menangkal kutu - kutu nakal yang bersarang dalam rambut. Senyawa ini akan membuat kutu pada rambut terhambat dalam bertahan hidup. Selain itu kandungan vitamin yang da di dalamnya juga mampu mengurangi adanya ketombe yang cukup mengganggu. Setelah Anda merubus daun sirsak, tunggulah air tersebut hingga terasa hangat ataupun hingga dingin untuk dijadikan sebagai pembasuh rambut setelah keramas.

6. Membantu Penyembuhan Luka

Daun sirsak mengandung etil asetat yang fungsinya untuk mempercepat penyembuhan pada luka di area kulit, selain itu terdapat pula kandungan antioksidan di dalamnya. Cara penggunannya untuk mengatasi luka yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun sirsak kemudian Anda bisa coba mengaplikasikan tumbukan daun sirsak tadi pada bagian yang terluka, kemudian diamkan beberapa saat.

7. Penurun Kolesterol

Kolesterol yang memiliki kandungan lemak jahat dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga penebalan dan penyumbatan ini akan membuat penebalan pada dinding arteri yang nantinya dapat berakibat tekanan darah tinggi serta penyebab jantung koroner. Daun sirsak memiliki kandungan anti hyperlipidemia akan membantu dalam menurunkan kadar lemak jahat tersebut sehingga dapat menetralisirnya. Anda dapat membuat rebusan dari daun sirsak ini untuk dimanfaatkan sebagai penstabil kolesterol dengan mengkonsumsinya secara rutin.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun sirsak diperoleh dari kandungan zinc yang membantu dalam meningkatkan sisten imum dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme yang bisa megakibatkan adanya penyakit seperti flu maupun demam. Cukup minumlah rebusan air sirsak ketika tubuh Anda mulai terasa tidak terlalu fit agar tubuh Anda segera mendapat perlindungan imun kembali dengan optimal.

9. Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap datang pada oarang - orang yang berusia lanjut, salah satunya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin dalam oalahan berbahan melinjo. Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan daun sirsak sebagai cara untuk mengatasi asam urat ini. caranya yaitu dengan membuat rebusan dari daun sirsak, kemudian rebus hingga air dalam rebusan tersebut terlihat berkurang. Minumlah selagi masih hangat.

10. Sebagai Obat Wasir

Wasir  adalah penyakit yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada area anus, dan jika wasir ini semakin parah maka mampu mengakibatkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya, bahkan mungkin hingga mampu mengeluarkan darah. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang mampu menghentikan terjadinya pendarahan pada anus sehingga otot di bagian tersebut menjadi lebih rileks dari sebelumnya dan mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Caranya dengan Anda memanfaatkan rebusan daun sirsak untuk diminum secara rutin ketika terasa adanya tanda - tanda penyakit wasir pada tubuh Anda.

Semoga setelah membaca ulasan di atas tentang manfaat daun sirsak akan memberikan manfaat pada Anda semua.

loading...