11 Manfaat daun pepaya untuk pencegahan penyakit

Advertisement
Dibalik rasa daun pepaya yang pahit, ternyata terkandunglah manfaat daun pepaya yang selama ini mungkin jarang kita perhatikan secara lebih lanjut. Rasa pahit dari daun pepaya ini berasal dari senyawa alkaloid karpain yang terkandung di dalamnya. Umumnya daun pepaya yang masih muda ini hanya dimanfaatkan oleh kaum ibu sebagai salah satu olahan masakan, yang bila dimasak dengan benar akan menghasilkan sensasi rasa lezat yang juga dapat membantu meningkatkan selera makan. Buah pepaya sendiri berasal dari Negara Meksiko dan menyebar hingga ke negara - negara tropis seperti Indonesia. Buah pepaya juga biasa dimanfaatkan sebagai buah yang dapat langsung dimakan maupun dengan menjadikannya sebagai campuran beberapa olahan minuman yang tentunya menyegarkan.

Manfaat daun pepaya
image by wikimedia.org

Beberapa jenis pepaya yang dapat ditemukan di pasaran antara lain yaitu pepaya bangkok, pepaya meksiko, pepaya thailand, dan masih banyak lagi. Pepaya ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga mengandung betakaroten dan papain. Lantas apa saja manfaat dari daun pepaya bagi kita? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Melancarkan ASI

Untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui bisa pula memanfaatkan daun pepaya sebagai salah satu cara memperlancar ASI yang akan baik untuk bayi dan balita Anda. Anda pun dapat memperlancar ASI dengan cara menyediakan 5 lembar daun pepaya, kemudian daun tersebut dibuat layu dengan cara sedikit dipanaskan di atas api, kemudian setelah daun tersebut menjadi hangat tempelkan pada bagian atas payudara ibu, niscaya ASI akan semakin lancar.

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal pula dengan hipertensi dapat mengakibatkan beberapa penyakit lain yang semakin tidak baik bagi tubuh, semisal mengakibatkan jantung koroner maupun terjadinya stroke. Untu mengatasinya, Anda dapat mengendalikan tekanan darah Anda tersebut menggunakan rebusan daun pepaya. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun pepaya, kemudian rebuslah daun tersebut dengan sekitar setengah liter air. Ambillah rebusan daun pepaya tadi dan campurkan dengan pemanis minuman seperti madu maupun gula merah untu mengurangi rasa pahit yang terasa.

3. Mengatasi Demam Bedarah

Daun yang satu ini ternyata dapat pula dimanfaatkan sebagai salah satu cara menyembuhkan penyakit demam berdarah. Caranya yaitu dengan membuat rebusan daun pepaya yang dicampur dengan bahan - bahan lain seperti temulawak, meniran, serta gula merah. Minumlah rebusan ini selama Anda mengalami demam berdarah, dan usahakan untuk meminumnya secara rutin hingga Anda merasa kondisi Anda benar - benar telah sehat kembali.

4. Mengurangi Jerawat

Manfaat daun pepaya lainnya yaitu dapat difungsikan untuk mencegah dari timbulnya jerawat yang mungkin timbul di wajah Anda. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun pepaya dengan alat seperti penumbuk. Tumbuklah hingga halus kemudian tuangkan sedikit air pula pada tumbukan tadi. Oleskan sedikit demi sedikit hasil tumbukan tadi pada bagian atau area wajah yang berpotensi timbulnya jerawat maupun pada bagian yang terlihat mulai akan terdapat jerawat. Tunggulah hingga kandungan yang ada meresap pada bagian kulit, yaitu sekitar setengah jam, kemudian bersihkan wajah dan bilaslah menggunakan air yang bersih.

5. Melancarkan Proses Pencernaan

Jika Anda sedang mangalami masalah pencernaan yang kurang lancar sehingga menyebakan sistem pencernaan Anda menjadi kurang nyaman maka Anda bisa membuat tumis sayur daun pepaya yang selain lezat juga berkhasiat memperlancar kondisi dalam usus Anda. Selain diolah menjadi tumis, Anda bisa pula membuat rebusan daun papaya secara cepat dan mudah untuk menghindarkan diri Anda dari gangguan - gangguan pencernaan yang ada.

6. Penambah Nafsu Makan

Terkadang ada saat - saat tertentu dimana kita mengalami rasa malas untuk mengkonsumsi makan - makanan yang biasa kita makan. Hal ini harus segera diatasi karena bagaimanapun juga mengkonsumsi makanan adalah cara paling utama untu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa helai daun pepaya dengan garam serta air yang hangat secukupnya, kemudian tumbuklah hingga bahan – bahan tersebut menjadi halus. Saringlah air dari hasil tumbukan tadi kemudian minumlah air hasil saringan tersebut. Pada jaman dahulu cara ini sering diguanakan oleh para ibu agar anak – anak mereka dapat makan dengan lebih lahap dan biasanya jamu dari daun pepaya ini akan diberikan selama 2 hingga 3 hari sekali pada anak – anak, dengan ukuran takaran sekitar seperempat gelas.

7. Penurun Berat Badan

Jika Anda mencoba untuk melakukan diet namun sudah cukup bosan dengan menu sayur yang seringkali itu - itu saja, maka sudah saatnya Anda mencoba olahan sayur berbahan daun pepaya ini. Ternyata daun pepaya memiliki kandungan gizi berupa proteiin, lemak, vitamin, serta kandungan kalori lain yang dapat mengenyangkan periut lebih lama sehinga cocok sebagai pendamping sajian Anda yang sedang giat - giatnya melakukan diet. Selain itu daun pepaya ini kaya akan serat serta memiliki kandungan air yang cukup untuk dikonsumsi.

8. Mengurangi Ketombe

Ketombe dapat menjadi salah satu penyebab dari kurangnya rasa percaya diri pada aktivitas keseharian Anda karena ketombe ini dapat membuat baju yang Anda kenakan menjadi kurang bersih akibat terkotori si ketombe. Shampo yang tidak dipilih secara tepat pun dapat mengakibatkan terjadinya ketombe yang semakin parah akibat kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya, untuk itu haruslah segera ditangani dengan benar. Daun pepaya memiliki kandungan karpain yang berfungsi dalam membersihkan dan menghilangkan senyawa kimia yang mungkin saja masih menempel pada kulit rambut yang bisa menyebabkan terjadinya ketombe.

9. Mengatasi Nyeri Haid

Untuk Anda yang sering merasa nyeri saat tengah mengalami fase haid, ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengkonsumsi olahan dari daun pepaya ini. caranya yaitu dengan mencampur satu lembar daun pepaya dengan asam jawa dan garam, kemudian rebuslah dengan air hingga dirasa cukup matang.Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat agar rasa nyeri yang sedang Anda derita ketika haid dapat segera berkurang.

10. Sebagai Obat Cacing

Daun pepaya ini mengandung senyawa carposide yang berfungsi dalam mengatasi adanya cacaingan dalam perut. Yaitu dengan membuatnya menjadi rebusan daun pepaya dan konsumsilah selagi hangat untuk membantu membunuh cacing yang mungkin ada di dalam perut.

11. Mengatasi Gejala Batu Ginjal


 
Sediakanlah sekitar 3 hingga 5 lembar daun pepaya untuk direbus dengan sekitar 2 gelas air, hingga tersisa sekitar satu gelas saja. Kemudian saringlah air rebusan tadi dan diambil airnya saja. Minumlah selagi masih hangat. Konsumsilah dengan rutin agar hasil yang Anda inginkan dapat lebih optimal dan dapat menjaga kesehatan ginjal Anda menjadi semakin sehat.

Semoga setelah membaca ulasan di atas tentang manfaat daun pepaya akan memberikan manfaat pada Anda semua.

Share this