11 Manfaat daun salam yang mengagumkan

Advertisement
Manfaat daun salam sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, daun ini dikenal karena mempunyai bau yang harum untuk bumbu masakan dan sebagai tanaman obat. Daun dengan nama ilmiah Syzgium polayanthum. Pohon daun salam bisa mencapai tinggi 30 m dan gemang atau lingkat batangnya 60 cm dengan buah buni membulat atau agak tertekan berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak, pepangan atau kulit batangnya berwarna cokelat abu-abu bersisik atau pecah-pecah, posisi daunnya terletak berhadapan dengan tangkai hingga 12 mm dengan helai daun berbentuk lonjong-lonjong, tanaman salam tumbuh pada ketinggian 225-450 meter di atas permukaan laut dan daunnya dapat dipanen setelah berwarna hijau tua.

manfaat daun salam
image by wikimedia.org

Pohon salam pada mulanya ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan kawasan Asia Tenggara mulai dari Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Daun salam memiliki nama lain seperti ubar serai (Melayu), kastolama (Kangean), manting (Jawa) dan meselengan (Sumatra).

Zat kimia yang terkandung pada daun salam adalah minyak atsiri, tannin, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, sitral, lakton, dan saponin (BPOM, 2004). Terdapat kandungan vitamin berupa vitamin A, Thiamin, Riboflavin, Niacin, vitamin B 6, vitamin B 12, vitamin C, dan folat. Selain itu daun salam juga mengandung kalori, mineral seperti selenium, serat, dan karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi. Pada tanaman salam yang digunakan sebagai obat daun, kulit, batang, akar dan buah.

Manfaat daun salam untuk kesehatan, dahulu daun salam digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit perut dengan  memanfaatkan minyak atsiri. minyak atsiri diperoleh dengan cara melayukan daun pada suhu kurang lebih 27oC dengan pembalikan yang intensif selama kurang lebih tiga hari. Setelah itu,  ekstrak salam ini disuling dengan menggunakan alat penyulingan air serta uap selama lebih kurang 10 jam. Terdapat sekitar 0,17% minyak atsiri atau esensial pada daun salam, komponen penting eugenol dan methyl chavicol yang terdapat di dalamnya berguna sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh banyak peneliti terdapat banyak senyawa berkhasiat yang dikandung dalam daun salam yang bermanfaat untuk:

1. Mengurangi kolesterol

Saponin yang ada dalam daun salam bisa menurunkan tingkat absorpsi kolesterol dan meningkatkan ekskresi karena saponin dapat membentuk ikatan kompleks dengan kolesterol sehingga meningkatkan jumlah kolesterol oleh serat dan dapat diserap usus. Cara menggunakan daun salam untuk menurunkan kolesterol, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya kemudian air rebusannya diminum secara teratur setiap hari.

2. Menurunkan kadar gula darah

jenis flavonoid yang terkandung dalam daun salam berkhasiat sebagai analgesic, antibiotic, antihistamin, antiarthritis dan anti inflamasi. Sifat anti oksidan yang terdapat pada daun salam ini membantu menurunkan kadar gula darah dengan menstabilkan pembentukan hormon insulin. Untuk menurunkan kadar gula darah dapat dilakukan dengan merebus 10 lembar daun salam dengan air 4 gelas rebus hingga tersisa 2 gelas kemudian disaring dan minum selagi hangat.

3. Menyembuhkan darah tinggi.


Kandungan flavonoid dan zat tannin sangat efektif untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya, siapkan 10 lembar daun salam rebus dengan 3 gelas air sisakan 1 gelas, rebusan diminum sekali dalam seharin secara teratur.

4. Mengobati asam urat.

Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C pada daun salam dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus dengan 700 cc air rebus hingga air hanya tersisa satu gelas, air rebusan disaring dan minum selagi hangat.

5. Mencegah penyakit kanker serviks. 

Daun salam kaya akan vitamin C dan vitamin A juga eugenol, asam caffeice, quercetin dan parthenolide. Parthenollide dipercaya dapat menghambat poliferasi sel-sel kanker serviks dengan meginduksi  apoptosis, meminimalkan aktivitas pemicu tumor, dan menghambat tumor yang berhubungan dengan angionesis. Cara pengunaannya cukup mudah dengan memasukan 2 lembar daun salam dalam setiap masakan.

6. Mencegah penyakit jantung

Seseorang yang sering mengonsumsi daun salam atau mencampurkan daun salam pada masakannya memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih kecil karena senyawa asam caffeice, fitonutrien, dan salisilat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung, senyawa ini juga terdapat di dalam daun salam.

7. Membantu program diet sehat

kandungan enzim dan serat terbukti dapat mengurangi nafsu makan dan melancarkan proses pencernaan. Program diet ini dapat dilakukan dengan meminum air hasil rebusan. Tiga puluh lembar daun salam yang telah direbus dengan empat gelas air didihkan sampai air tersisa setengahnya atau dua gelas, tunggu sampai dingin dan minum ramuan dua gelas per hari secara rutin sebelum tidur.

8. Untuk kesehatan rambut

tumbuhnya uban di usia dini dapat dicegah dengan menggunakan campuran daun salam dan minyak rambut yang direbus beberapa menit. Ramuan tersebut digunakan sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

9. Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi daun salam juga baik bagi kesehatan mata jika tidak bisa memakannya mentah, maka makanlah bersama masakan kari atau masakan yang lain.

10. Memutihkan dan membersihkan gigi

Siapkan daun salam dan kulit jeruk yang sudah dikeringkan, kedua bahan ditumbuk halus dan ditambah air hingga membentuk pasta. Pasta yang dihasilkan bisa digunakan sebagai pasta gigi alami yang memutihkan dan membersihkan gigi.

11. Manfaat daun salam yang terakhir adalah mengobati penyakit kulit.

kudis, gatal penyakit yang disebabkan oleh kuman sering kali merusak kulit. Cara mengobati penyakit kulit dengan daun salam adalah ambil daun salam, akar atau batang, dicuci bersih lalu digiling sampai menjadi adonan yang menyerupai bubur. Balurkan ke tempat yang sakit lakukan cara ini secara rutin sampai rasa sakit itu hilang.

Selain manfaat yang disebutkan di atas masih banyak manfaat daun salam di antaranya: obat sakit maag, mengobati kencing manis, mengatasi radang, dan obat batuk. Manfaat lain dari  tumbuhan salam adalah buahnya yang bisa mengobati mabuk akibat minum alkohol dengan cara ambil satu genggam buah salam yang sudah kering ditumbuk sampai halus. Peras dan saring airnya lalu diminum.

Untuk yang menginginkan cara instan dalam penggunaan daun salam kini tidak perlu khawatir karena sejumlah Produk jadi yang telah ada di pasaran di antaranya: Daun salam herbal indo utama 60 kapsul dengan khasiat penurun darah tinggi, mengobati diabetes, kencing manis, maag dan penyakit lambung. Kapsul daun salam sebagai kecantikan untuk program diet dan pelangsingan bada.

Penggunaan daun salam telah dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit berbagai penelitian telah dilakukan dan benar bahwa kandungan pada daun salam terbukti manjur. Seperti manfaat daun-daun yang lain manfaat daun salam tidak bisa langsung dirasakan saat itu juga karena digunakan secara tradisional untuk obat herbal. Manfaat daun salam dapat dirasakan bila mengonsumsinya secara benar dan teratur.

Share this