15 Khasiat dan manfaat bawang merah untuk kesehatan

Manfaat bawang merah untuk pengobatan sudah lama diketahui pada zaman sebelum ditemukannya obat kimia. 
Bawang merah merupakan suatu tanaman yang banyak manfaat dan pemakaiannya. Kuantitas keperluan umbi bawang merah sangat besar  sehingga tanaman bawang merah banyak dijadikan usaha bisnis di masyarakat Indonesia. Bawang merah adalah suatu tanaman yang digunakan untuk bumbu masakan oleh masyarakat di dunia. Kebutuhan bawang merah di Indonesia sangat besar. Bawang merah banyak dibudidayakan di pertanian Indonesia.

manfaat bawang merah
image by pixabay.com

Tanaman bawang merah termasuk tanaman musimam. Bawang merah sangat memerlukan iklim yang sangat kering, tanah sangat subur dan gembur. Tanaman bawang merah cocok pada dataran rendah dengan ketinggian 700-900 meter dan suhunya 25-30 ÂșC. Bawang merah berasal dari family liliaceae. Kandungan yang terbanyak didalam bawang merah adalah kalori, fosfor, dan kalsium. Bawang merah suatu tanaman yang pendek dan banyak yang digunakan adalah umbi bawang merah dibandingkan dengan daun bawang merah. Tinggi bawang merah mencapai 10-20 cm. Akar yang dimiliki bawang merah adalah akar serabut yang pendek-pendek. Bentuk daun bawang merah memanjang kecil dan meruncing, berwarna hijau dan ukuran tangkai sangat pendek.

Apakah anda sering mengkonsumsi bawang merah ?. Bawang merah mempunyai rasa yang unik dan memiliki bau yang khas. Ketika suatu masakan menggunakan bumbu bawang merah maka aroma masakan akan sedap dan rasanya akan enak. Selain umbinya yang digunakan sebagai bahan masakan tetapi daun bawang merah juga digunakan untuk bumbu masakan. Apakah anda mengetahui manfaat bawang merah bagi kesehatan manusia ? jika anda mengetahuinya, bawang merah berfungsi untuk apa sebagai kesehatan?. Ternyata bawang merah sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Pencegahan Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia bahkan menimbulkan kematian bagi manusia. Banyak orang yang menderita penyakit kanker dan sangat sulit untuk disembuhkan. Ketika anda ingin terhindar dari penyakit kanker maka anda harus mengkonsumsi bawang merah. Bawang merah banyak mengandung senyawa aktif yang akan menghambat sel kanker yang mau hidup. Bawang merah juga banyak mengandung senyawa organosulfur. Senyawa organosulfur sangat berperan dalam penghambatan sel kanker bagi manusia. Selain senyawa organosulfur, bawang merah juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Pencegahan Penyakit Kanker Prostat

Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Senyawa kimia aktif yang terkandung didalam bawang merah akan mencegah terjadinya kanker prostat. Penyakit kanker prostat merupakan penyakit yang sangat berbahaya juga bagi manusia apabila tidak segara melakukan mencegahan dan pengobatan. Banyak mengkonsumsi  sayuran bawang merah akan terhindar dari penyakit kanker prostat.

3. Mengobati Sakit Perut

Apakah anda sering mengalami penyakit sakit perut ? jika demikan, anda akan merasakan ketidaknyamanan saat menderitanya. Bawang merah mengandung senyawa kimia aktif yang mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Bakteri didalam tubuh yang menyebabkan perut terasa sakit. Senyawa kimia didalam bawang merah akan menyebabkan bakteri di dalam tubuh anda pada mati. Konsumsi bawang merah dengan sayuran lainnya agar dapat meredekan sakit perut.

4. Baik Untuk Organ Jantung

Bawang merah mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan jantung anda lebih baik. Kandungan kimia pada bawang merah dapat mengontrol pada darah yang bertekanan tinggi.  Bawang merah mengandung senyawa kimia yaitu sulfur asam amino. Kandungan kimia tersebut berfungsi memperlebar aliran arteri, sehingga saluran arteri tidak sempit. Agar organ jantung anda terjaga dengan baik maka anda harus mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan untuk memakannya.

5. Mengobati Gangguan Urin

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah Mengatasi Gangguan Urin. Ketika anda mengalami gangguan pada urin, anda harus mengkonsumsi bawang merah. Ketika anda merasa kepanasan saat buang air kecil, maka bawang merah dapat membantu menyembuhkan gangguan tersebut. Bawang merah direbus terlebih dahulu dan diminum air bawang merah tersebut.

6. Mengobati Wasir dan Penyakit Cacing

Banyak orang yang menderita penyakit cacing. Penyakit tesebut sangat mengganggu pada kenyamanan perut anda. Bawang merah mengandung senyawa kimia aktif yang berfungsi dapat membunuh cacing yang ada didalam perut anda. Konsumsi bawang merah dengan sayuran dan bahan lainnya agar anda terhindar dari penyakit cacingan. Tetapi jangan berlebihan untuk mengkonsumsinya karena bukan manfaat bawang merah yang anda dapat melainkan efek samping.

7. Mengobati Jerawat Pada Wajah

Apakah anda mempunyai jerawat diwajah? jika demikian, anda harus segera mengobatinya dengan bawang merah. Kandungan senyawa asam pada bawang merah membantu menyembuhkan jerawat pada wajah anda. Jerawat yang terdapat pada wajah anda akan sangat mengganggu apabila tidak secepatnya segera dicegah dan diobati.

8. Mengobati Luka Akibat Serangga

Bawang merah banyak manfaatnya bagi manusia. Salah satunya adalah mengobati luka akibat tergigit serangga, seperti tergigit nyamuk, lebah, kumbang, kalajengking, dan yang lainnya. Bawang merah ternyata bisa dibuat sebagai jus. Jus bawang tersebut akan membantu meredakan rasa sakit luka anda ketika anda tersengat serangga.

9. Mengobati Batuk

Penyakit batuk merupakan penyakit yang sudah biasa yang diderita oleh manusia. Penyakit batuk ini terjadinya gangguan pada tenggorokan. Bawang merah bermanfaat untuk meredakan penyakit batuk. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah dan oleskan pada tenggorokan. Anda akan merasa kehangatan dan merasa nyaman dengan dibalurkan oleh bawang merah.

10. Mengatur Tidur

Bawang merah mengandung senyawa kimia seperti folat. Senyawa folat tersebut dapat membantu mengatur tidur anda dan menenangkan suasana hati anda. Ketika anda ingin mengatur tidur dengan baik, maka anda harus mengkonsumsi bawang merah.

11. Mengobati Diabets Melitus

Bawang merah mengandung senyawa tolbutomid yang dapat membantu dalam mengontrol gula pada darah yang terdapat didalam hati. Konsumsi bawang merah dengan sayuran maupun bahan masakan lainnya agar terhindar dari penyakit diabets melitus.

12. Membantu Gejala Saat Buang Air Kecil Susah

Ketika anda mengalami gejala buang air kecil yang susah, maka anda harus mengkonsumsi bawang merah. Kandungan senyawa yang terdapat pada bawang merah akan menyembuhkan gejala buang air kecil yang sangat susah.

13. Menyembuhkan Radang Paru-Paru

Salah satu manfaat bawang merah yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit radang paru-paru. Apakah anda mengalami gejala radang paru-paru ? jika demikian, obat herbalnya adalah bawang merah. Bawang merah dapat menyembuhkan gejala radang paru-paru. Konsumsi bawang merah yang teratur agar anda terhindar dari penyakit radang paru-paru.

14. Menyembuhkan Mata Ikan Pada Kaki

Penyakit mata ikan sering terjadi pada manusia. Penyakit yang sangat sederhana tapi gejala yang cukup sakit apabila tertekan. Senyawa yang ada pada bawang merah akan menyembuhkan penyakit mata ikan yang sedang diderita seseorang.

15. Mencegah Penyakit TBC

Obat herbal bawang merah adalah solusi untuk mencegah penyakit TBC. Makan bawang merah yang sudah dimasak agar anda terhindar dari penyakit TBC. Mengkonsumsi Bawang merah yang teratur dan selang-seling memakannya.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan seputar manfaat bawang merah untuk kesehatan dan penyembuhan, semoga bisa menambah wawasan anda.

Share this